5 Stasiun Dengan Arsitektur Teraneh di Dunia

Oleh: Rudi Riono

[UNIKNYA.COM]: kereta adalah salah satu sarana transportasi yang sangat penting, semenjak ditemukan pertama kalinya oleh George Stephenson, kereta sudah mulai menjadi gaya hidup transportasi dunia. Bahkan semakin lama, makin banyak model-model kereta api yang dikembangkan oleh para penemu, mulai dari kereta listrik, kereta uap, bahkan penemuan teranyar yaitu kereta Sinkanzen dari jepang sudah menggunakan teknologi magnet.Namun kini kita  tidak ada salahnya menengok stasiun-stasiun yang selama ini digunakan oleh kereta kereta yang biasa mereka naiki,tapi jangan salah stasiun stasiun ini sangat  berbeda dengan stasiun kebanyakan,stasun-stasiun  ini terlihat unik dan aneh sehingga menjadi magnet tersendiri untuk menarik para penumpang .Berikut ini Uniknya.com akan merangkum  5 stasiun dengan Arsitektur Teraneh  di Dunia:

 

1.Kanazawa station

Arsitektur pertama yang akan dilihat oleh pengunjung di stasiun ini adalah sebuah gerbang besar dengan tinggi 14 meter layaknya gerbang tradisional ala Jepang, sedangkan di dalam stasiun, arsitektur yang paling mengesankan adalah Kubah yang mencakup bagian yang menghubungkan bagian timur dan barat terdiri dari 3.000 panel kaca. Stasiun ini juga dikenal sebagai stasiun yang memadukan gaya tradisional berbasis kayu dengan arsitektur modern berbasis logam.

[spoiler]

Kanazawa station (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

2. Kuala Lumpur railway Station

Stasiun kereta di Malaysia sebenarnya adalah stasiun kereta yang cukup tua, pambangunan stasiun ini pun baru selesai pada tahun 1920, jadi jangan heran jika bentuk konstruksi bangunan ini sangat bergaya kekuno-kuno-an. Tapi jangan salah, walaupun gayanya kuno, stasiun kereta ini tetap nampak elegan. Hal ini karena memang konstruksi bangunan ini memadukan gaya barat dan melayu, sehingga kesan kuno yang tampak justru makin menambah nilai historis dan budayanya, Bahkan beberapa orang justru menilai bahwa stasiun ini lebih cocok bila disebut dengan kastil.

[spoiler]

Kuala Lumpur railway Station (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

3. La Gare de Strasbourg station

Stasiun kereta La Gare de Strasbourg pertama kalinya dirancang pada tahun 1883 oleh seorang arsitek asal Berlin bernama Johann Jacobsthal, kemudian direnovasi lagi pada tahun 2007. Dalam renovasi ini, ditambahkan rangka kaca serta 120 meter konstruksi kaca di bagian luar, sehingga stasiun ini nampak bagaikan permata yang bersinar bila diterpa oleh sinar matahari.

[spoiler]

La Gare de Strasbourg station (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

4. Berlin Hauptbahnhof station

Berlin Hauptbahnhof adalah stasiun kereta terbesar di Eropa, Berlin Hauptbahnhof mempunyai konstruksi bangunan yang sangat modern, serta mempunyai arsitektur bangunan yang futuristik. Keseluruhan konstruksi stasiun kereta ini rampung pada tahun 2006. Stasiun ini mempunyai 2 tingkat, 14 bagian serta 80 stand toko yang kesemuanya dibuat senyaman mungkin bagi para pengunjung mengingat stasiun ini adalah stasiun kereta yang sangat vital di jerman. Bangunan ini terdiri dari logam dan panel kaca yang memungkinkan cahaya matahari bersinar ke dalam gedung.

[spoiler]

Berlin Hauptbahnhof station (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5. North Park cable way station

North Park cable way adalah salah satu stasiun terbesar di Austria yang terletak di Kota Innsbruck. Konstruksi arsitektur bangunan North Park Cable Way ini dirancang oleh studio arsitek Zaha Hadid. Walaupun Atap bangunan stasiun ini dibuat seperti bentuk gelombang yang abstrak, namun justru atap inilah yang menambah kesan futuristik tasiun kereta ini.(**)

[spoiler]

North Park cable way station (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

sumber: berbagai sumber,old.uniknya.com,september 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com