5 Rumah TebingTerindah di Dunia (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Di berbagai daerah, negara di dunia ini banyak rumah gua ataupun tebing yang dibangun oleh manusia sebagai tempat tinggal ataupun sebagai tempat beribadah, ataupun pemakaman. Bahkan di China bagian utara, rumah gua ini menjadi tempat berlindung bagi lebih dari 40 juta jiwa. Namun demikian, teknologi dan hasil karya manusia-manusia tersebut sangat artistik dan dapat bertahan cukup lama. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 rumah gua terindah di dunia:

 

1. Uçhisar, Turki

Salah satu rumah gua terindah di dunia ini terdapat di Uchisar, sebuah wilayah di Turki. Letaknya berada di permukaan tertinggi di Turki, yakni 7 Km dari Kota Nevsehir. Dahulu tempat ini masih menjadi pilihan bagi para warganya untuk bernaung dan tinggal, namun karena kondisinya yang sudah tua, dan pergerakan bumi yang semakin tidak menentu rumah gua Uchisar oleh pemerintah Turki dilarang dijadikan sebagai tempat tinggal.

 

[spoiler]

Uçhisar, Turki (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Ortahisar, Turki

Rumah gua yang saru ini masih terletak di Turki, tepatnya di Ortahisar. Rumah gua ini merupakan sebuah benteng pertahanan kota yang letaknya 6 Km dari Kota Ürgüp, sebuah jalan menuju Nevsehir. Kita dapat melihat banyak sisa-sisa peradaban manusia zaman dahulu, bahkan apel, kentang, jeruk dan lemon yang dibawa dari wilayah Mediterania pernah disimpan di sebuah gudan di gua Ortahisar.

 

[spoiler]

Ortahisar, Turki (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Kandovan, Iran

Rumah gua di Kandovan Iran ini merupakan salah satu yang paling misterius di Abad – 13, letaknya di sebelah timur Iran dan berdekatan dengan salah satu provinsi di Azerbaijan. Salah satu yang membuat rumah gua di Kandovan menjadi unik, adalah bentuknya yang mengerucut terbentuk akibat aktivitas debu vulkanik yang memadat menyerupai sarang rayap. Metode bangunan rumah gua ini banyak dijadikan sebagai rumah hunian, dan orang-orangnya biasanya disebut sebagai troglodit (manusia gua). Biasanya bangunan rumah gua ini memiliki dua sampai empat lantai, kandang binatang peliharaan, dan lantai atas digunakan sebagai ruang keluarga dan bagian paling atas sebagai gudang penyimpanan makanan. Untuk menjaga suhu ruangan menjadi hangat di musim dingin, mereka (manusia gua) membangun sebuah tungku perapian di dalam gua.

 

[spoiler]

Kandovan, Iran (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Vardzia, Georgia

Kota Gua Vardzia ini terletak di Georgia, merupakan sebuah tempat peribadahan/kuil yang letaknya masuk ke wilayah Pegunungan Erusheli di Georgia Selatan. Lokasinya pun berdekatan pinggiran Aspindza, wilayah di Sungai Mtkvari. Kuil Gua Vardzia dibangun di masa pemerintahan Ratu Tamar pada 1185. Kuil ini dibangun sebagai salah satu cara untuk bertahan dari gempuran pasukan Mongolia. Merupakan banguan ketigabelas yang memiliki lebih dari enam ribu apartemen. Selain memiliki ruang untuk beribadah, Vardzia memiliki ruang khusus bagi keluarga kerajaan dan semua ruangan serta apartemennya dilengkapi dengan saluran irigasi yang baik. Satu-satunya jalan untuk memasuki kompleks Vardzia adalah melalui sebuah jalan yang berada di dekat Sungai Mtkvari.

 

[spoiler]

Vardzia, Georgia(sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Tebing Bandiagara, Mali

Rumah gua yang di Tebing Bandiagara, terletak di wilayah Dogon, Mali. Sebuah tebing pasir yang memiliki luas 500m dan ketinggian 500m dari permukaan terendah di bagian selatan Mali. Wilayah tebing yang curam rumah gua Bandiagara saat ini banyak dihuni oleh orang-orang dari Dogon. Namun sebelum ditinggali oleh orang-orang Dogon, sebelumnya dihuni oleh orang-orang Tellem dan Tolloy. Orang-orang Tellemlah yang merawat bangunan rumah gua ini terpelihara. Pada 1989, Rumah Gua Bandiagara ini masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO. Rumah Gua Bandiagara merupakan salah satu daya tarik yang sangat indah di kawasan Afrika Barat, selain memiliki nilai arkeologi, etnologi, juga memiliki lingkungan yang sangat khas.

 

[spoiler]

Tebing Bandiagara, Mali (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: choice.co.uk. old.uniknya.com, Agustus 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com