5 Atlet Pengumpul Medali Terbanyak Dalam Sejarah Olimpiade (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Olimpiade London 2012, baru saja usai. Banyak perolehan medali yang dimenangkan banyak atlet dari berbagai cabang olah raga. Tidak sedikit juga catatan rekor dunia tercipta dari keringat mereka. Sepanjang digelarnya event Olimpiade, International Olimpiade Commite (IOC) mencatat nama beberapa atlet yang mengumpulkan medali terbanyak. Berikut 5 atlet yang memperoleh medali terbanyak:

 

1. Bjorn Daehlie (Ski Lintas Alam), 12 medali (8 emas, 4 perak) 

Bjorn Erlend Daehlie adalah mantan atlet Norwegia pada cabang ski. Dengan 8 medali emas olimpiade, Daehlie adalah atlet musim dingin paling sukses yang menjuarai olimpiade sepanjang masa, dengan sembilan medali emas. Dæhlie memenangkan total 29 medali di Olimpiade dan Kejuaraan Dunia pada periode antara 1991 dan 1999, membuat Dæhlie pemain ski cross-country paling sukses dalam sejarah.

 

[spoiler]

Bjorn Daehlie (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Birgit Fischer (Dayung), 12 medali (8 emas, 4 perak) 

Birgit Fischer adalah atlet dayung Jerman, yang telah memenangkan delapan medali emas di enam Olimpiade berbeda. Fischer lahir di Brandenburg di Jerman Timur. Dia menikah 1984-1993 dengan atlet dayung Jorg Schmidt, peraih medali perak di acara di tahun 1988 Olimpiade di Seoul.

 [spoiler]

(sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Sawao Kato (Senam Artistik), 12 medali (8 emas, 3 perak, 1 perunggu)

 

Sawao Kato adalah pesenam Jepang dan mantan salah satu atlet paling sukses sepanjang masa di Olimpiade. Dalam tiga Olimpiade, dia mengumpulkan total dua belas medali, termasuk delapan medali emas.

Kato, lahir di Prefektur Niigata dan seorang mahasiswa dari Tokyo Kyoiku University pertama kali berlaga di Olimpiade pada tahun 1968 Olimpiade di Mexico City sebagai anggota tim Jepang yang mendominasi senam internasional pada saat itu. Tim Jepang memenangkan kompetisi tim dengan mudah, dengan Kato sebagai top performer, memenangkan semua kelas individu semua.

 

[spoiler]

Sawao Kato (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Jenny Thompson (Renang), 12 medali (8 emas, 3 perak, 1 perunggu) 

Jennifer Beth Thompson adalah mantan perenang Amerika yang banyak mendulang medali. Jennifer memenangkan dua belas medali, termasuk delapan medali emas, di tahun 1992, 1996, 2000, dan Olimpiade 2004.dan salah satu Olimpiade yang paling dihiasi dalam sejarah,

Dia pertama kali muncul di kancah internasional pada usia 14-tahun di 1987, ketika dia memenangkan 50 meter gaya bebas dan ditempatkan ketiga dalam 100 m gaya bebas di Pan American Games.

 

[spoiler]

( Jenny Thompson sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Matt Biondi (Renang), 11 medali (8 emas, 2 perak, 1 perunggu) 

Matius Nicholas (“Matt”) Biondi adalah mantan atlet renang internasional dari Amerika Serikat yang berkompetisi di Olimpiade Musim Panas tahun 1984, 1988 dan 1992. Matt memenangkan total 11 medali (8 emas, 2 perak dan 1 perunggu). Selama karirnya, ia menetapkan 7 rekor dunia perseorangan (3 di 50 meter gaya bebas dan 4 di 100 meter gaya bebas). Pada Olimpiade 1988 di Seoul, Biondi memenangkan 5 medali emas, membuat rekor dunia dalam 50 meter gaya bebas dan 3 peristiwa relay.(**)

 

[spoiler]

Matt Biondi (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Agustus 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com