5 Tebing Pantai Terindah di Dunia (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Banyak orang yang menganggap ujung dunia adalah sebuah hamparan air, lautan ataupun samudera, sungguh dramatis bukan? Terlebih ujung dunia itu berupa tebing yang menjulang di kawasan pesisir pantai, dan kita berdiri di atasnya. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 tebing pantai terindah di dunia:

 

1. Tebing Moher

 

[spoiler]

Tebing Moher (sumber : wordpress.com)

[/spoiler]

 

Tebing Moher merupakan tebing yang paling mengagumkan dan indah yang pernah berdiri di hadapan pesisir pantai di dunia. Tebing Moher menjadi daya tarik wisata nomor satu Irlandia, dan berhasil menarik lebih dari satu juta pengunjung tiap tahunnya. Tebing ini berdiri menjulang 120m (394kaki) di atas permukaan Samudera Atlantik di kawasan Hag’s Head. Sementara puncak tertingginya 214 m (702kaki) terletak di kawasan utara O’Brien Tower, yang jaraknya 8km. Tebing Moher pun menjadi tempat tinggal bagi banyak binatang laut, kebanyakan dari mereka adalah burung. Diperkirakan terdapat 20 spesies dengan jumlah 30.000 burung yang hidup di sana.

 

2. Tebing Kalaupapa

 

[spoiler]

Tebing Kalaupapa (sumber : blogspot.com)

[/spoiler]

 

Tebing yang satu ini terletak di Kepulauan Hawaii, Molokai, Kalaupapa merupakan sebuah pedesaan yang terletak di atas tebing laut tertinggi di dunia. Namanya tercatat di dalam Rekor Dunia Guinness Book, dengan tinggi mencapai 1.010m (3.315 kaki) dari permukaan Samudera Pasifik. Pemandangan tebing seperti ini mungkin pernah Anda saksikan dalam sebuah film, Jurassic Parck III. Karena letaknya yang dikelilingi oleh perairan, maka untuk mencapai Kalaupapa tidak dapat ditempuh dengan menggunakan mobil. Namun jangan khawatir untuk mencapainya kita dapat mengunakan sebuat kereta gantung yang terbentang ke Tebing Kalaupapa.

 

3. Tebing Santorini

 

[spoiler]

Tebing Santorini (sumber : blogspot.com)

[/spoiler]

 

Pulau Santorini,Yunani, merupakan sebuah tempat dengan pemandangan yang paling dramatis di dunia, matahari terbenam selalu terlihat indah di kawasan tebing ini, dan terdapat sebuah gunung vulkanis yang masih aktif. Fira,ibukota dari Pulau Santorini, memiliki arsitektur yang merupakan percampuran antara gaya Venesia dan Cyladis, dengan dominasi jalanan batu kobal putih, kedai hotel dan cafe yang berdiri di tepi tebing dengan ketinggian 400m (1.300kaki) di atas permukaan laut.

 

4. Tebing Acantilados de Los Gigantes

 

[spoiler]

Tebing Acantilados de Los Gigantes (sumber : wordpress.com)

[/spoiler]

 

Acantilados de Los Gigantes (Tebing Raksasa) terletak di sepanjang kawasan barat pesisir Pulau Kenari di Tenerife. Sebuah tebing yang menyerupai tembok menjulang setinggi 500m (1640kaki) terletak di beberapa bagian wilayah yang menjadi puncak tertingginya. Dengan menyeberangi pelabuhan dan sebuah resort di Los Gigantes, kita akan disuguhi sebuah pemandangan pasir hitam dan pelabuhan yang indah.

 

5. Tebing Cabo Girao

 

[spoiler]

Tebing Cabo Girao (sumber : blogspot.com)

[/spoiler]

 

Tebing Cabo Girao terletak di bagian selatan Pulau Madeira, dengan ketinggian 570m (1.870kaki), tebing ini seringkali dianggap sebagai tebing tertinggi di benua Eropa. Pemandangannya sangat mengagumkan sekaligus menggetarkan. Sebuah tempat yang letaknya di bagian bawah tebing, hanya bisa diakses hanya dengan menggunakan perahu. Pada 2003, mobil kabel kemudian dipasangkan sebagai alat transportasi sehingga para petani bisa mencapai bagian terbawah Cabo Girao. (**)

 

Sumber: touropia.com, old.uniknya.com, Agustus 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com