5 Danau Kawah Terindah di Dunia (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Kawah bisa terbentuk oleh beberapa jenis peristiwa alam seperti, benturan dari benda luar angkasa seperti meteroid, asteroid ataupun komet. Karena dalam perjalanan sejarahnya bumi yang kita tinggali ini beberapa kali mendapatkan hantaman dari benda-benda luar angkasa yang masuk ke dalam atmosfer bumi dan membuat lubang yang cukup dalam di atas permukaan tanah. Namun danau kawah ini dapat pula terjadi akibat adanya gempa tektonik, ataupun letusan vulkanik. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 danau kawah terindah di dunia:

 

1. Danau Kawah Barringer

 

[spoiler]

Danau Kawah Barringer (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Danau Barringer merupakan salah satu yang popular dan terbaik di dunia, yang menyisakan betapa dashyatnya sebuah benturan meteroit menabrak permukaan bumi. Beberapa wilayah danau ini termasuk ke dalam lahan milik pribadi, danau ini memiliki nama lain Danau Meteor ataupun Danau Kawah Arizona. Dengan diameter 1.200 M (4.000 kaki) dan kedalaman 170 m (570kaki), lingkaran pinggir danau 45 meter. Danau kawah Barringer ini terletak di wilayah Flagstaff,Arizona. Berdasarkan keterangan, Danau Barringer ini terbentuk pada 40.000 tahun lalu, akibat benturan meteorit besi. Beberapa menyebutkan ukuran meteorit tersebut seberat ribuan ton, dengan kecepatan kira-kira 12.8 km/jam.

 

2. Danau Kawah Wolfe Creek

 

[spoiler]

Danau Kawah Wolfe Creek (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

Danau Wolfe Creek yang letaknya di Australia ini terbentuk akibat benturan sebuah meteroit yang terjadi pada 300.000 tahun lalu. Sebuah benda yang berbobot sekira 50.000 ton itu meninggalkan sebuah lubang dengan diameter 875 meter (2.870 kaki),dengan kedalaman 120 meter. Lebih dari 300.000 tahun lalu danau kawah ini tertutupi oleh pasir yang terbawa oleh angin, akibatnya hingga saat ini kedalamannya semakin berkurang dan menyisakan 60 meter saja di bawah lingkar pinggir. Wolfe Creek ini ditemukan pada 1947 ketika dilakukan sebuah survey, meskipun suku pribumi Australia, Aborigin telah mengetahuinya sejak lama.

 

3. Danau Kawah Amguid

 

[spoiler]

Danau Kawah Amguid (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sebenarnya danau kawah yang satu ini terbilang berusia muda, Amguid sebuah danau yang terbentuk akibat benturan meteor yang terjadi pada 100.000 tahun lalu. Danau ini terletak di kawasan barat-daya Algeria. Danau yang memiliki bentuk lingkaran cukup seperna ini memiliki kedalaman 450 m (1.476 kaki) dengan diameter 30 m (100kaki), sementara lingkaran pinggir teratas ditutupi oleh bebatuan kerikil. Pusat lingkaran dari danau ini cukup datar, dan dipenuhi oleh endapan eolian.

 

4. Danau Kawah Pingualuit

 

[spoiler]

Danau Kawah Pingualuit (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

Danau Kawah Pinguluit terbentuk sekitar 1.4 juta tahun yang lalu, akibat benturan meteorit yang kekuatannya 8.500 kali bom atom yang menghantam Kota Hiroshima. Dengan diameter 3.44 km (2.14mil) dan meninggi hingga 160m (520kaki) di atas permukan tanah yang merupakan hamparan tundra, dengan kedalaman 400m (1.300). sementara dasar danau memiliki kedalaman 270m (890kaki) dan merupakan air paling murni di dunia. Danau Pingualuit tidak memiliki teluk,ataupun semacam aliran sungai sehingga air yang dimilikinya murni dari proses air hujan yang terkumpul. Danau ini ditemukan pada 1943, oleh Angkatan Udara Amerika Serikat yang sedang menelitik jejak meteor di kawasan Amerika.

 

5. Danau Kawah Tswaing

 

[spoiler]

Danau Kawah Tswaing (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Danau kawah Tswaing terbentuk akibat batuan meteorit berdiameter 30 hingga 50 meter yang menghantam bumi sekitar 220.000 tahun yang lalu. Satu yang membuatnya terlihat lebih indah, di tengah kawah terdapat danau kecil yang diisi oleh air hujan dan sungai. Jejak peralatan batu yang terdapat di sekitar kawasan membuktikan bahwa kawasan ini beberapa kali dikunjungi untuk berburu dan mengumpulkan garam. Para pendatang dari Eropa menamakan danau ini dengan Zoutpan  (panci garam). (**)

Sumber: touropia.com, old.uniknya.com, Agustus 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com