5 Senjata Kuno yang Luar Biasa

Oleh: Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: Perbedaan dan peperangan memang tidak bisa dijauhkan dari kehidupan manusia, untuk berperang, manusia membutuhkan senjata. Manusia menggunakan apa pun sumber daya yang mereka miliki untuk membuat pasukan dan senjata yang akan memangkas, menghancurkan, menusuk dan merobek musuh mereka. Berikut ini macam-macam senjata yang memiliki desain, latar belakang atau penggunaan yang luar biasa:

1. Mere Club

 

[spoiler]

Mere Club (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Senjata ini digunakan oleh suku-suku Maori di Selandia Baru, benda ini tampak sederhana, namun padat, Mere Club dibuat dari batu giok nephrite. Anehnya, Maori yang berukuran antara 12-20 inci, cara penggunaannya dengan menusuk dan menyodorkan bukan mengayunkan pukulan ke bawah seperti senjata lain yang sejenis.

 

2. Chinese Hook Swords

 

[spoiler]

Chinese Hook Swords (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

Mungkin yang paling terkenal dalam daftar ini adalah Chinese Hook Swords yang banyak digunakan oleh para biarawan Shaolin biasanya pasif di Cina utara. Rancangannya indah dan artistik, pisau yang melengkung menjadi bentuk kait pada ujungnya, handle berbentuk bulan sabit sangat bagus untuk menangkis pukulan serta serangan musuh dalam jarak dekat. Ujung-ujung gagang dipertajam menjadi pisau untuk menusuk dari jarak dekat.

 

3. Kpinga

 

[spoiler]

Kpinga (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

Kpinga adalah pisau lempar yang digunakan oleh prajurit yang berpengalaman dari suku Azande. Orang-orang Zande adalah warga Nubia, sebuah daerah di Afrika di perbatasan Sudan utara dan selatan Mesir. Kpinga (juga dikenal dengan julukan nya, Munga Hunga) mempunyai panjang 22 inci dan memiliki tiga pisau yang diperpanjang dari pisau utama. Pisau yang paling dekat dengan pegangan berbentuk alat kelamin pria, yang mewakili kekuatan maskulin dari pemiliknya. Ketika pemilik senjata itu menikah, kpinga sang pria menjadi hadiah untuk keluarga istrinya.

 

4. Macuahuitl

 

[spoiler]

Macuahuitl (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

Macuahuitl adalah pedang berbentuk sepotong kayu yang mempunyai potongan obsidian di setiap sisinya. Apabila macuahuitl  tidak memiliki titik yang tajam lagi, maka tidak dapat digunakan sebagai senjata tikam, namun gerigi obsidian di sisi pedang tersebut memberikan kekuatan tersendiri untuk merobek kulit lawan. Kayu itu sendiri lumayan berat dan cukup kuat untuk mengalahkan lawan, sehingga memungkinkan kaum Aztec untuk menangkap musuh hidup-hidup yang akan digunakan dalam ritual pengorbanan mereka. Bahkan pedang ini dapat memenggal kepala seekor kuda, umumnya memiliki kekuatan tulang yang lebih kuat daripada orang dewasa.

 

5. Zhua

 

[spoiler]

Zhua (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Senjata ini menjadi senjata dengan bentuk paling aneh dari daftar senjata kuno diatas. Senjata ini berasal dari China, terbuat dari seutas tali yang kuat memiliki cakar tajam seperti paku yang akan menusuk daging, dan kemudian merobek daging musuh. Pada zaman dahulu, senjata ini sering digunakan untuk menjatuhkan lawan dari atas kuda. Tetapi penggunaan utama dari zhua adalah untuk menarik perisai musuh, dan meninggalkan mayat mereka terkena cakar besi. (**)

 

Sumber : dari berbagai Sumber, old.uniknya.com, Agustus 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com