5 Reservoir Terbesar di Dunia (Bagian II – Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Ada banyak reservoir (waduk) dan danau buatan yang terdapat di dunia ini yang digunakan untuk berbagai macam tujuan, misalnya hidroligi yang banyak digunakan untuk tujuan industrial. Waduk serta danau buatan yang akan old.uniknya.com bahas berikut ini merupakan yang memiliki area terluas, berikut ulasan 5 reservoir ataupun danau buatan terluas di dunia:

 

1. Bratskoye

 

[spoiler]

Bratskoye (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Negara : Rusia

Luas Area: 5.470 Km2

Danau buatan yang satu ini terletak berdekatan dengan Sungai Angara, Rusia. Berdasarkan keterangan reservoir tersebut dibangun antara 1961 dan 1967,bersamaan dengan proses pengalihan air Sungai Angara dimulai. Nama Bratskoye diambil dari nama sebuah kota, Bratsk, sebuah kota besar yang letaknya tidak jauh dari lokasi Dam berdiri. Danau Bratskoye ini memliki luas area 5.470 Km2 dengan volume air maksimal 169.27 × 1012 liter (37.2 × 1012 gallon).

 

2. Nasser/Nubia

 

[spoiler]

Nasser/Nubia (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Negara: Mesir dan Sudan

Luas Area: 5.248 Km2

Meskipun lokasi danau buatan ini berada di dua wilayah, Mesir dan Sudan, namun namanya diperoleh dari Mesir –wilayah terbesar Danau Nasser/Nubia. Meski demikian, warga Sudan menamai danau ini dengan Nubia. Nama Nasser sendiri berasal dari nama seorang pemimpin Mesir yang saat itu sedang berkuasa, Gamal Abdul Nasser. Proses pembangunan Dam Nasser/Nubia ini berlangsung lama dari 1958 hingga 1971.

 

3. Rybinsk

 

[spoiler]

Rybinsk (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Negara: Rusia

Luas Area: 4.580 Km2

Rusia, sebuah negara Monarki kemudian berubah haluan menjadi komunis hingga sosialis, memiliki banyak danau buatan dengan luas wilayah yang cukup besar, salah satunya Danau Rybinks. Danau buatan ini dibuat pada 1953 dan diairi pada 1947. Danau Rybinks berada di peringkat kedelapan, dan terletak di sebelah utara Sungai Volga.

 

4. Caniapiscau

 

[spoiler]

Caniapiscau (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Negara: Kanada

Luas Area: 4.318 Km2

Tidak hanya menjadi danau buatan terbesar di Kota Quebec, namun kedua terbesar di negaranya, Kanada. Sumber air danau buatan yang satu ini berasal dari Sungai yang menjadi namanya, Caniaspicau, mengairi dua dam dan 43 saluran air/bendungan lainnya. Pembangunan proyek danau Caniaspicau ini dikerjakan oleh James Bay Project. Pembangunan dam ini bertujuan untuk dijadikan sumber pembangkit listrik bagi komplek pemukiman yang terdapat di kawasan La Grande dan wilayah sekitarnya, bahkan di musim dingin Danau Caniapiscau ini mampun menunjang 35 % kebutuhan para warganya.

 

5. Raul Leoni

 

[spoiler]

Raul Leoni (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Negara: Venezuela

Luas Area: 4.250 Km2

Danau ini terbentuk oleh Dam Guri yang dialiri oleh sungai Caroni di Venezuela. Dalam pembangunannya Danau Raul Leoni ini banyak menimbulkan kontroversi, mulai dari pembebasan tanahnya hingga pada penamaan danaunya. Pembangunan danau buatan yang satu ini telah membabat hutan yang cukup luas sekaligus memusnahkan ekosistem liar yang ada di dalamnya. Sebelumnya menjadi Central Hidroelectrica Simon Bolivar, pada 1978 hingga 2000 danau ini bernama Central Hidroelectrica Raul Leoni. (**)

 

Sumber: top-10-list.org, old.uniknya.com, Agustus 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com