5 Binatang Hybrid di Dunia (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Hybrid, atau hibrida merupakan merupakan generasi hasil persilangan antara dua atau lebih populasi yang berbeda, baik fenotipe maupun genotipenya. Pengertian ini dapat mencakup generasi langsung (dekat) hasil persilangan, ataupun generasi lanjut hasil segregasi dari persilangan tersebut. Di satu tempat di tahun 1800’an, dikabarkan manusia sudah memulai intervensi perkembang biakan hewan secara silang. Mereka menyilang satu jenis hewan dengan jenis hewan lainnya. Persilangan itu berlanjut hingga sekarang, berikut old.uniknya.com merangkum 5 binatang hasil persilangan antar jenis atau lebih dikenal dengan istilah hibrida:

 

1. Zebroid (zebra dan kuda)

 

[spoiler]

Zebroid (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Zebroid, merupakan nama umum yang diberikan kepada semua jenis zebra hasil perkawinan silang. Salah satu contohnya adalah Zeedonk (persilangan antara zebra dan keledai/donkey), Zorse (antara zebra dengan kuda/horse), Zebrule ( antara zebra dengan bagal/mule) dan Zony (antara zebra dengan kuda pony). Berdasarkan bentuk tubuh dan karakternya, Zebroid menyerupai kuda, namun apabila persilangan bagal dan pony, tubuhnya menyerupai zebra. Dan terkadang kuda hibrida ini sulit untuk dikendalikan ataupun dikendarai.

 

2. Wolphins (paus dan lumba-lumba)

 

[spoiler]

Wolphins (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Hewan hasil persilangan yang satu ini sangat langka dilakukan, melibatkan Dna paus pembunuh dengan lumba-lumba hidung botol. Wolphins merupakan contoh sempurna sebuah proses hibrida, bentuk tubuh, warna dan ukuran tubuhnya merupakan percampuran induk keduanya. Saat ini wolphins sangat sulit untuk ditemukan, diduga di dunia hanya terdapat dua ekor sajan wolphins yakni di Sea Life Park, Hawaii.

 

3. Cama (Unta/camel dan lama)

 

[spoiler]

Cama (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pada 14 Januari 1998, binatang hibrida (unta dan lama) untuk kali pertamanya dilahirkan di Kota Dubai. Seekor hewan yang mengagumkan, berkaki panjang dan memiliki kekuatan dan stamina fisik yang tangguh namun tidak memiliki tonjolan dipunggungnya (layaknya unta) dan bulu (layaknya lama). Cama ini hanya mengonsumsi semak dan atupun tanaman lainnya. Cama bahkan dapat bertahan tanpa air dalam waktu yang sangat lama.

 

4. Zubron (wisent/bison Eropa dan lembu lokal)

 

[spoiler]

Zubron (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kali pertama dilakukan persilangan antara bison Eropa dengan lembu lokal yaitu pada 1847, dan menghasilkan jenis baru yang sekarang dikenal dengan nama Zubron. Hewan hibrida yang satu ini dikenal dengan daya tahannya yang luar biasa terhadap tantangan alam selain itu memiliki kekuatan yang luar biasa –bayangkan saja ia mewarisi Dna seekor bison Eropa yang besar. Zubron saat ini banyak disukai para peternak di Eropa karena peranannya dapat menggantikan hewan ternak lainnya.

 

5. Mangalitsa (babi hutan dan babi ternak)

 

[spoiler]

Mangalitsa (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Binatang hibrida yang satu ini sebenarnya memiliki kedekatan Dna, sebuah hasil persilangan antara babi hutan yang agresif dengan babi ternak, Mangalitsa ini banyak ditemukan di daratan Hungaria. kali pertama dilakukan perkawinan silang yakni pada 1883, menghasilkan babi jenis baru yang berbulu lebih tebal dan bertubuh lebih besar. (**)

 

Sumber: environmentalgraffiti.com, old.uniknya.com, Agustus 2012.

One Response to 5 Binatang Hybrid di Dunia (Bagian I)

  1. kalo zebroid itu zebra+keledai, kalo zera+kuda itu zorse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com