5 Aksi Pemboikotan Dalam Sejarah Olimpiade (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Australia, Britania Raya dan Swiss adalah negara-negara yang tidak pernah absen mengirimkan delegasinya pada ajang Olimpiade sejak 1896. Namun sebagian besar negara lainnya, malah melewatkan begitu saja Olimpiade karena kurangnya atlet yang berkualitas.  Lebih dari itu, ada pula beberapa negara memilih untuk memboikot perayaan Olimpiade karena alasan-alasan tertentu. Sebagian besar, karena permasalahan politik dan Hak Asasi Manusia.

Berikut 5 aksi pemboikotan sepanjang sejarah olimpiade musim panas digelar:

 

1. Olimpiade München 1972

Pada Olimpiade München 1972, sebagian besar negara Afrika mengancam untuk memboikot Olimpiade sebelum IOC melarang Afrika Selatan dan Rhodesia untuk berpartisipasi karena rezim Apartheid mereka. Selandia Baru juga salah satu alasan pemboikotan Afrika, sebab tim nasional rugbi mereka yang telah bertandang ke Afrika Selatan untuk bertanding juga diperbolehkan ikut Olimpiade. IOC mengakui kasus yang pertama, namun menolak melarang Selandia Baru dengan alasan bahwa rugbi bukanlah bagian dari olahraga Olimpiade.

 

[spoiler]

Olimpiade München 1972 (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Olimpiade Tokyo 1964

Pada Olimpiade Tokyo 1964, Indonesia dan Korea Utara mencabut diri dari Olimpiade, setelah beberapa atlet mereka di diskualifikasi karena mengikuti Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang (GANEFO) di Jakarta. Pada waktu itu, GANEFO dianggap sebagai pertandingan saingan Olimpiade.

 

[spoiler]

Olimpiade Tokyo 1964 (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Olimpiade Melbourne 1956

Ada tiga peristiwa pemboikotan dalam Olimpiade Melbourne 1956; Belanda dan Spanyol menolak berpartisipasi karena keterlibatan Uni Soviet dalam Revolusi Hongaria, Kamboja, Mesir, Irak dan Lebanon memboikot Olimpiade Melbourne karena Krisis Suez, sedangkan Cina (Republik Rakyat Cina) juga ikut-ikutan memboikot karena keikutsertaan Taiwan (Republik Cina) dalam Olimpiade.

 

[spoiler]

Olimpiade Melbourne 1956 (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Olimpiade Berlin 1936

Irlandia juga memboikot Olimpiade Berlin 1936 karena IOC membatasi tim yang boleh berpartisipasi hanya dari Negara Bebas Irlandia, bukannya dari Kepulauan Irlandia

 

[spoiler]

Olimpiade Berlin 1936 (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Olimpiade London 1908

Irlandia memboikot negaranya sendiri, Britania Raya, setelah Britania Raya menolak memberikan kemerdekaan pada Irlandia. Irlandia juga memboikot Olimpiade Berlin 1936 karena IOC membatasi tim yang boleh berpartisipasi hanya dari Negara Bebas Irlandia, bukannya dari Kepulauan Irlandia.(**)

[spoiler]

Olimpiade London 1908 (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Agustus 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com