5 Rekor Dunia Seputar Peralatan Rumah Tangga

Oleh: Afina Fatharani (kontributor old.uniknya.com) & Tim old.uniknya.com

[UNIKNYA.COM]: Guinness World Records adalah buku rujukan yang diterbitkan setiap tahun, berisi kumpulan rekor dunia yang berkaitan dengan prestasi manusia, serta mendapat pengakuan secara internasional. Buku ini diterbitkan di Amerika Serikat oleh perusahaan minuman beralkohol terkenal di dunia. Buku ini  juga memegang rekor dunia sebagai seri buku berhak cipta yang paling laku di dunia.

Pada tahun 1951, Sir Hugh Beaver menugaskan karyawan Guinnes yang bernama Christoper Chataway untuk mengajak rekan satu almamater Norris dan Ross Mcwhirter yang kebetulan membuka sebuah kantor pencari fakta di London, si kembar Mcwhirter diminta untuk menyusun buku rekor yang diberi judul The Guinness Book of Records. Pada bulan agustus 1945, buku tersebut dicetak 1000 eksemplar dan dibagikan secara gratis.

 

Setelah penerbit Guinness Book of Records membuka kantor sendiri di 107 fleet street, edisi pertama setebal 198 halaman diterbitkan pada 27 Agustus 1955. Buku tersebut ternyata laris dan menduduki urutan nomor satu buku terlaris di Britania Raya menjelang natal 1955. Tahun selanjutnya, buku tersebut diterbitkan di Amerika Serikat dan terjual hingga 70.000 eksemplar. Banyak prestasi manusia yang dicatat di buku rekor dunia Guinness tersebut. Mulai dari prestasi olahraga hingga kegiatan yang tak lazim berbau ekstrem.

Berikut ini, Berikut old.uniknya.com akan menayangkan sejumlah rekor dunia Guinness unik yang berkaitan dengan peralatan rumah tangga.

 

1.   Wajah Dipenuhi Penjepit Pakaian

Peralatan rumah tangga yang satu ini sangat akrab dikalangan ibu rumah tangga. Meski bentuknya kecil dan kerap disepelekan, namun alat penjepit pakaian pada saat dijemur ini sangat memberikan andil dan membantu pekerjaan para ibu rumah tangga. Apa jadinya jika alat ini tidak ada atau tidak diciptakan, mungkin sepanjang hari para ibu rumah tangga akan berkutat dengan pakaian kotor. Bayangkan saja, pakaian yang sudah dicuci bersih dan dijemur, beterbangan hingga jatuh ke lantai atau permukaan yang kotor dan becek. Kalau sudah seperti itu, mencuci akan menjadi pekerjaan yang dilakukan tanpa henti.

Namun lain halnya dengan pria asal Alsager, Stoke On Trent, Inggris yang bernama Kevin Thackwell. Ia tidak menggunakan penjepit tersebut sebagaimana mestinya. Ia menggunakan penjepit pakaian tersebut justru untuk sebuah prestasi unik yang berbuah rekor dunia. Ya, penjepit pakaian tersebut dipasang di wajahnya, mencoba satu penjepit saja sudah terasa sakit. Apalagi dengan jumlah yang banyak.

Pada tahun 2004, dalam sebuah acara World Record yang di pandu mantan pemain sepakbola, Ian Wright, Kevin Thackwell  bertarung dengan pria lain yang menantangnya. Pada saat  itu, Kevin memecahkan rekor baru yaitu dengan 153 penjepit di wajahnya. Pada tahun 2000, Kevin mencetak rekor pertamanya dengan memasangkan 104 penjepit di wajahnya. Satu tahun berselang, ia kembali memecahkan rekor dengan 120 penjepit pakaian.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

2.   Stacking Cepat Menggunakan Cangkir Plastik

Gelas atau cangkir, ada yang terbuat dari kaca, plastik atau melamin. Kendati dibuat dari bahan yang beragam, namun fungsi dari peralatan rumah tangga ini sama yaitu alat untuk minum. Di sejumlah Negara, ada permainan yang mengguankan gelas plastik atau melamin yaitu stacking atau permainan menyusun gelas menjadi sejumlah formasi piramid dan membereskannya kembali dalam waktu cepat. Permainan ini butuh konsentrasi dan kecepatan tangan yang tinggi. Dalam sebuah kompetisi, siapa yang bisa membuat paling banyak formasi dalam waktu singkat, dialah pemenangnya.

Beberapa waktu lalu, Guinness World Records membuat sebuah acara pemecahan rekor unik untuk stacking atau tangan tercepat di bunia. Dalam acara tersebut, panitia menyediakan 12 gelas plastik yang akan digunakan peserta untuk membuat sebanyak mungkin formasi piramid dalam waktu yang sangat singkat. Dalam acara tersebut seorang anak laki-laki bernama Steven Purugganan dinyatakan sebagai pemenang.

Dalam sebuah acara pemecahan rekor dunia, Steven berhasil mencatat rekor terbaik 6,21 detik. Dalam acara tersebut, Steven melakukan empat kali percobaan pemecahan rekor dengan catatan waktu terbaik 6,5 detik, 6,53 detik dan 6,33 detik. Steven berhasil memecahkan rekor dunia pada saat usaha keempatnya. Di kejuaraan stacking Cleveland pada 29 Januari 2011, Steven kembali berhasil memecahkan rekornya sendiri dengan catatan waktu terbaik 5,93 detik.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

3.   Menggulung Wajan Penggorengan

Peralatan rumah tangga yang paling akrab dengan ibu rumah tangga saat di dapur adalah wajan penggorengan. Tanpa alat yang satu ini, para ibu rumah tangga mungkin akan kesulitan memasak dan menyajikan makanan untuk keluarga tercinta. Melalui alat ini pula, para ibu rumah tangga dapat menciptakan berbagai makanan enak yang tentu semuanya disajikan untuk keluarga. Karena fungsinya sebagai penggorengan dan menjadi pengantar panas api dari kompor, maka wajan dibuat dari alumunium yang sangat keras dan memiliki ketebalan khusus.

Tapi, jangan perlihatkan wajan kepada pria bernama Scott Murphy. Pria yang sehari-harinya beraktivitas di pusat pelatihan tim NXB di Myrtle Beach, San Fransisco ini, sangat gemar menggulung wajan. Ya, menggulungnya. Terdengar aneh memang. Tapi dengan otot kuatnya Scott Murphy mampu menggulung lempengan alumunium wajan dengan kedua tangannya. Bahkan, dengan kemampuannya itu, pada tahun 2007 Scott tercatat dalam Guinness World Records sebagai orang terkuat yang mampu menggulung wajan dengan tangan. Semua kontestan yang ada tidak mampu menandingi kekuatannya.

Sulit memang membayangkan, bagaimana lempengan alumunium wajan, digulung dengan tangan kosong dalam waktu 30 detik. Namun, dalam sebuah tayangan pemecahan rekor, hal tersebut benar-benar dilakukan oleh Scott Murphy. Dengan kemampuan yang dimiliki, sosok Scott Murphy sepertinya akan menjadi musuh para ibu rumah tangga. Karena jika Scott Murphy berkeliaran dan terus memperlihatkan kemampuannya, maka banyak ibu rumah tangga yang kehilangan wajan.

 

[spoiler]

Menggulung Wajan Penggorengan (Sumber: cloudfront.ne)

[/spoiler]

 

4.   Menyetrika di Bawah Air

Inggris kembali merebut rekor dunia untuk menyetrika di dalam air. Sebanyak 128 penyelam Inggris menerjang suhu dingin di pusat kegiatan diving nasional, dekat Chepstow Gloucestershire. Suhu air di daerah tersebut 5 derajat celcius hingga minus dua derajat celcius. Saat turun ke dalam air, para penyelam membawa papan atau meja serta setrikaan. Meski hanya 86 penyelam yang bertahan hingga 10 menit di kedalaman 15 sampai 20 meter, namun itu merupakan rekor dunia yang tak biasa. Selain mencatat rekor dunia, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk menggalang dana yang akan disumbangkan untuk RNLI.

Rekor dunia menyetrika di dalam air, sebelumnya di pegang 72 penyelam scuba Australia. Para penyelam melakukan kegiatan unik tersebut di sebuah dermaga dekat kota Melbourne bagian selatan. Apa yang dilakukan para penyelam tersebut menggabungkan sensasi dari kegiatan outdoor ekstrem dengan menyetrika. Meski ada yang mengatakan unik dan lucu, namun sebagian orang mengatakan jika apa yang dilakukan para penyelam tersebut sangat ekstrem.

Seorang anggota dewan setempat yang bersama polisi menjadi saksi atau mengontentikasi rekor baru Guinness World Record, Tom O’connor mengatakan jika apa yang dilakukan para penyelam tersebut adalah hal gila. Air laut yang dingin serta peralatan yang rumit tentu bisa membahayakan keselamatan para penyelam. Pihak even organizer, Debbie Azzopardi mengatakan,sebelumnya pada tahun 2005 rekor menyetrika di dalam air tercipta di Selandia Baru. Hanya saja, menyetrika di dalam air dilakukan di sebuah kolam renang.

 

[spoiler]

Menyetrika di Bawah Air (Sumber: whereilive.com.au)

 

[/spoiler]

 

5.   Membawa Banyak Gelas Berisi Bir

Pria bernama John Evans mencatat rekor baru membawa banyak gelas berisi bir di atas kepalanya pada 28 Juni 2010 lalu. Dalam sebuah festival di Mainz, Jerman, John Evans berhasil membawa 237  gelas berisi bir. Jika dihitung berat isi atau birnya saja, beban yang ditanggung kepala John Evans sudah mencapai 237 liter. Beban tersebut belum ditambah berat gelasnya. Waktu yang dicatat John Evans saat memanggul lebih dari dua ratus gelas berisi bir di atas kepalanya adalah 12 detik. Aksi tanpa bantuan tangan taersebut, tentu saja mengundang kekaguman sekitar ratusan pengunjung.

Aksi John Evans juga disiarkan sebuah stasiun televisi. John Evan memang dikenal memiliki kekuatan pada lehernya serta menjaga keseimbangan dengan kepalanya. Rekor dunia yang dicetak John Evans tidak hanya memanggul dengan 237 gelas bir yang merupakan peralatan rumah tangga, tapi juga benda-benda berat lainnya. Pernah suatu saat, John Evans memanggul sebauh mobil mini cooper dengan kepalanya. Atas prestasi yang dicatatnya, secara keseluruhan John Evans juga dinobatkan sebagi pemegang rekor dunia Guinness World Record untuk leher terkuat di dunia.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

Demikian sejumlah tayangan tentang Guinness World Record atau rekor dunia yang berkaitan dengan peralatan rumah tangga . ternyata, untuk memiliki sebuah prestasi itu tidak harus melalui sebuah bidang yang daikui secara resmi. Banyak cara yang bisa dilakukan. Asal ada kemauan, apa yang dilakukan bisa menjadi bagian dari sejarah.

Sumber: Berbagai sumber, Uniknya.com, Juni 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

One Response to 5 Rekor Dunia Seputar Peralatan Rumah Tangga

  1. Pingback: Serena Tersingkir dari Prancis Terbuka | ambangbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com