Cerkas Communication Akuisisi Jelajahunik.us, Lengkapi Tiga Produk Eksisting Miliknya

[UNIKNYA.COM]: BANDUNG, 16 JULI 2012 –Bagaimana caranya masuk kelompok 500 besar Alexa Indonesia dalam tempo satu tahun saja? Bagaimana pula strategi bisnis yang diterapkan, sehingga bisa mengakuisisi situs yang berada pada rangking 1.000 besar Alexa Indonesia?

Dua epilog pertanyaaan ini menjadi domain CV Cerkas Communication, sebuah perusahaan kecil menengah bidang jasa web, konten, dan event, yang baru saja menorehkan dua prestasi cukup membanggakan untuk ukuran perusahaan pemula.

Muhammad Sufyan, pendiri sekaligus managing director Cerkas Communication, mengungkapkan situs informasi kreatif miliknya, www.old.uniknya.com , telah menembus kelompok 500 besar Alexa Indonesia dalam tempo satu tahun (tepatnya urutan 528 per 16 Juli 2012).

Padahal, pertama kali diperkenalkan ke publik pada 1 April 2011, rangking situs yang menyajikan info serba 5 ini masih berada di luar zona 1 juta Alexa Indonesia. Satu bulan tayang langsung meroket di rangking 250.232.

 

old.uniknya.com & jelajahunik.us (sumber: old.uniknya.com)

 

“Alhamdulillah terus naik setelah itu, masuk kelompok rangking 10.000 di akhir Mei atau dua bulan setelah tayang. Lalu, saat kami 10 bulan atau awal Februari 2012 lalu, masuk rangking 900-an,” katanya dalam keterangan pers di Bandung, Senin (16/7).

Meski bukan sesuatu yang baru, tidak banyak situs yang bisa masuk kelompok elit tadi. Selain karena pertumbuhan situs baru kian banyak belakangan ini, persaingan sesame situs eksisting pun kini berjalan demikian kerasnya.

Uniknya.com sendiri didirikan Sufyan bersama empat sahabatnya saat kuliah dulu di Jurnalistik Unpad Kampus Bandung, yakni Erwin Kusumah, Denni Ashar, Ammy Adhisantika, dan Galih Pakuan. Istri Sufyan, Siti Samiatun, juga menjadi figur di balik layar.

Dengan mengusung konsep informasi serba 5 yang unik, langka, dan luput dari pandangan, situs ini kemudian berkembang menyajikan konten foto, video, data, kilas, hingga data kilasan sejarah, obituari, hingga kuotasi yang berbeda.

Guna menguatkan konten dan memperluas bisnis, sambung Sufyan, Cerkas Communication terhitung 15 Juli 2012 lalu mengakuisisi situs informasi kreatif berbasis saduran asal Jakarta, www.jelajahunik.us yang berada di rangking 1.031.

Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2009 lalu dengan didirikan oleh dua pemuda asal Yogyakarta yang mengembara di ibukota, Zaenal Abidin dan Rudi Riono. Kedua pemuda kelahiran tahun 1988 ini memiliki passion sejenis dengan induknya di Cerkas Communication.

“Harapan kami, ini makin memperkuat konten old.uniknya.com, ada penajaman materi dan merek di benak netizen (warga internet, red). Selain itu, di era kompetisi ketat dunia online sekarang, sinergi produk menjadi kewajiban tersendiri,” sambungnya.

Dengan nilai akuisisi konfidensial, pembelian www.jelajahunik.us ini juga menorehkan catatan bisnis tersendiri bagi perusahaan asal Sarijadi, Kota Bandung ini. Zaenal Abidin menambahkan akuisisi diharapkan olehnya sejak lama.

 

jelajahunik.us (sumber:old.uniknya.com)

 

“Sebab, kami ingin belajar manajemen bisnis online yang profesional. Cerkas Communication dan old.uniknya.com berusia lebih muda dari kami, namun memiliki kepercayaan lebih tinggi. Karena itu, kami ingin bergabung dan berjuang bersama,” katanya.

Saat ini, www.old.uniknya.com menjadi mitra dua media massa ternama yakni acara Spotlite di Trans7 dan rubrik teknologi informasi di Pikiran Rakyat.

www.old.uniknya.com sempat masuk member Nokia Ovistore pada Juni 2011 serta media partner sejumlah event prestisius seperti Indonesia Bermain 2011, Culinary La Piazza Kelapa Gading, Bandung Cellular Expo 2012, Bristish Music 2012, dst.

Selain dua situs tersebut di atas, Cerkas juga sebelumnya memiliki dua anak situs yang cukup populer. Yang pertama adalah www.sobatgaul.com yang berdiri sejak 1 April 2012 merupakan media sosial khusus blogger. Dan yang kedua adalah www.aingpisan.com sejak 1 Mei 2012 yang merupakan situs berbentuk forum terkait Persib serta kuliner dan musik indie Bandung.

Kedua situs baru ini cukup menarik atensi. Selain karena memiliki menu dan format situs yang tak kalah lengkapnya dengan media sosial global, keduanya juga menawarkan konten lokal yang khas dan kental nuansa Bandung. (**)

Sumber: wire.dailysocial.net, old.uniknya.com

6 Responses to Cerkas Communication Akuisisi Jelajahunik.us, Lengkapi Tiga Produk Eksisting Miliknya

  1. Pingback: Hadapi Persib, Persija Manfaatkan Dukungan Jakmania | ambangbatas

  2. Mantaaaap…. :)
    Semoga Tambah Sukses dan Tetap Semangat Yaaah kang,,, :)

  3. Selamat ea atas semua yang telah Uniknya dapet…
    Pantas ini di contoh Yang terbaik….

    Uniknya Best Of The Best…

  4. trnyata jelajahunik di beli to

  5. wah,, mantab,, betul-betul sebuah prestasi yang sangat luar biasa,,

    Semoga sukses selalu untuk uniknya dan juga jelajahunik

  6. Ahaa, its fastidious discussion regarding
    this article here at this blog, I have read all that, so now me
    also commenting at this place.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com