5 Entepreneur Selebritas Dunia (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Apa yang harus dilakukan setelah kesuksesan di satu bidang tak memenuhi kebutuhan yang semakin bertambah? Bakat yang banyak ternyata tak cukup dimiliki, namun juga diterapkan. Puluhan kesempatan yang menghampiri tiap datang harus dicermati dan dipilih. Persaingan tak pernah menemukan titik akhirnya – dalam bidang apa pun. Selebritas berikut sudah cukup sukses di dunia industri hiburan. Namun, sukses di dunia hiburan hanya dinikmati sesaat. Selanjutnya, kebutuhan kepuasan raga dan bathin semakin tumbuh dan menuntut untuk dipenuhi. Tantangan menjadi enterpreneur sukses memang menjadi satu tantangan paling besar di dunia bisnis saat ini. Berikut old.uniknya.com membahas lima selebritas dengan dunia usahanya yang bukan sekedar dunia usaha ecek-ecek, namun menghasilkan ribuan sampai jutaan dolar.

 

1. Sammy Hagar: Cabo Wabo

Sammy Hagar, yang karir musiknya menanjak tahun 60an sebagai vokalis dari band Montrose dan Van Halen, lebih sukses dengan solo “karir”-nya di “Red Rocker”. Penyanyi/gitaris/komposer ini telah menjadi seorang enterpreneur sejak tahun 80an sebagai pendiri Cabo Wabo Enterprises, yang portofolio bernilai multi-jutaannya terdiri dari restoran-restoran Cabo Wabo Cantina dan klab malam di Amerika dan Meksiko. Perusahaan ini juga dikenal dengan produk premiumnya, yaitu tequila Cabo Wabo, yang diciptakan Hagar dan akhirnya terjual senilai 91 juta USD.

[spoiler]

Sammy Hagar (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Satu kata untuk menggambarkan Hagar berusia 65 tahun ini: philanthropis. Semuanya berawal dari sejumlah restoran yang ia milii, restoran-restoran Beach Bar & Grill, sampai ke kebutuhan keluarga. “Menjadi misi saya untuk mencoba membantu kedua keluarga di tiap kota dimana Beach Bar & Grill berada. Saya sumbangkan setiap sen dolar ke masyarakat,” ujar Hagar ke sebuah situs kultur popular tahun 2009.

2. Bill Rancic: Motivator

Meski secara teknis ia seorang enterpreneur perusahaan rokok online sebelum menjadi seorang selebritas, namun karir bisnis Bill Rancic sebenarnya dimulai pasca 2004 setelah ia memenangkan musim pertama dari acara realitas “The Apprentice”-nya Donald Trump. “Saya belajar banyak dari  Trump. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang ia berikan,” kata Rancic di sebuah wawancara.

[spoiler]

Bill Rancic (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Lahir dan dibesarkan di Chicago, semangat enterpreneur Rancic pertama terlihat ketika ia berusia 10 tahun dan menciptakan “restoran sementara” di rumah neneknya. 30 tahun kemudian, setelah kemenangan “Apprentice” dan tiga tahun bekerja untuk Donald, meski belum sempat istirahat setelah kemenangan tersebut: kini ia adalah seorang penulis, motivator,  pembaca acara di TV (termasuk acara A&E yang ditujukkan untuk para enterpreneur dan usaha-usaha kecil), pengembang real-estate, dan pembantu pendiri perusahaan produksi televisi. “Namun, saya masih enterpreneur pemula,” katanya kepada CBS 8 Las Vegas tahun 2009.

3. Lyle Waggoner: Star Waggons

Lyle Waggoner, aktor gagah dan tampan yang jejak acaranya “The Carol Burnett Show” dan “Wonder Woman”, sempat menorehkan namanya di Hollywood tahun 1979. Ketika itu model pertama Playgirl mendirikan Star Waggons, yang menyewa karavan-karavan yang dibuat sesuai pesanan untuk film dan acara-acara TV. Kini, perusahaan milik pribadi tersebut memiliki 500 kendaraan dan pegawai lebih dari 65 orang, menurut situs milik Star Waggon. “Saya melihat pembukaan, kekosongan, dan mengisinya,” ujar Waggoner kepada Los Angeles Times, yang menyebut Universal Studios, Paramount Pictures, Columbia Pictures, dan Warner Brothers sebagai langganannya. Dalam artikel yang sama, Waggoner berkata bahwa ia tidak memiliki pengalaman bisnis sebelumnya, dan menghubungkan kesuksesan awalnya dengan semangat enterpreneur yang kuat.

[spoiler]

Lyle Waggoner (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

4. Kathy Ireland: Kathy Ireland Worldwide

Dengan perusahaan pemasar produk yang bermerk nama sendiri, Kathy Ireland telah menunjukkan kepada dunia bisnis bahwa ia lebih dari sekedar gadis bikini.

Dengan keluarga – dan para ibu, khususnya – dalam benaknya, tahun 1993 Ireland mendirikan Kathy Ireland Worldwide, dimana ia adalah CEO dan kepala desainernya. Perusahaan ini menjual lebih dari 15 ribu produk di seluruh dunia, termasuk peralatan rumah tangga dan dekor, pakaian, pakaian pernikahan, dan perhiasan. “Melakukan hal-hal publisitas – wawancara, syuting foto – mungkin bagian pekerjaan yang sedikit kecil favorit saya. Namun saya adalah wajah perusahaan, jadi saya paham mengapa perusahaan ini penting,” kata  Ireland, yang bagian pekerjaan adalah rancangan produk.

Pendapatan tahunan Kathy Ireland Worldwide kira-kira 1,5 miliar USD. Tahun 2009, License Global Magazine memberikan ranking 28 pada perusahaan ini di antara ke-125 lisensor seluruh dunia.

[spoiler]

Kathy Ireland (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Paul Newman: Newman’s Own

Kumpulan selebritas yang beralih menjadi enterpreneur tidak pernah lengkap tanpa memasukkan Paul Newman. Bintang film ikonik, yang berakting di lebih dari 65 film selama 50 tahun plus karir pemenang Academy Award, mendirikan Newman’s Own tahun 1982 dengan sobatnya A.E. Hotchner setelah bumbu kuah saladnya disukai oleh teman-temannya. Tawaran-tawaran dari perusahaan semakin bertambah dan meminta untuk menambahkan saus spageti, salsa, popcorn, acar, dan lebih – selalu dengan tujuan menyumbangkan semua hasilnya untuk kegiatan amal. Sampai saat ini, jumlah yang disumbangkan lebih dari 300 juta USD.

[spoiler]

Paul Newman (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Salah satu program yang dikontribusi oleh Newman’s Own adalah The Hole in the Wall Gang Camp, sebuah organisasi nonprofit. Newman mendirikan Newman’s Own tahun 1988 untuk anak-anak yang didiagnosa memiliki penyakit serius. “Seperti sebutir mutiara di dalam tiram, tumbuh, dan untuk kita, penampungan-penampungan ini memang merupakan mutiara,”  tulis Newman dan Hotchner di buku Shameless Exploitation in Pursuit of the Common Good tahun 2003. Tahun 2006, Newman juga membuka sebuah restoran di kampungnya, Westport, Conn., dengan chef Michel Nischan. Newman meninggal empat tahun lalu. Anak perempuannya, Nell, kini menjalankan perusahaan tersebut, termasuk sebuah divisi organik. (**)

Sumber: allbusiness.com, old.uniknya.com, Juli 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com