5 Statistik “Unik” di Ajang Euro Cup 2012

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Spanyol akhirnya sukses menjadi jawara Euro 2012 setelah mempermalukan Italia dengan skor telak 4-0 di Olympisky Stadium, Kiev. Dari kemenangan itu, sosok Fernando Torres juga melengkapi kegemilangan Spanyol sebagai Top Scorer  yang menorehkan prestasi luar biasa pada Euro 2012 ini.

Dibalik itu, beberapa catatan juga mewarnai helatan akbar ini. Berdasarkan statistik yang dirilis UEFA perihal Euro 2012 ini, old.uniknya.com merangkum statistik “unik”. Berikut ulasannya:

 

1. Gol tercepat 2 menit 14 detik, oleh Petr Jiracek

Republik Ceko (2) vs Yunani (1)

Bermain sebagai gelandang, Petr Jiracek yang memperkuat Republik Ceko diajang Euro Cup 2012, berhasil menorehkan rekor gol tercepat. Pada pertandingan 12 Juni 2012 lalu, di penyisihan pertama grup A – Jiracek mencetak gol tercepatnya ke gawang Yunani dengan catatan waktu 2 menit 14 detik sejak pluit pembuka dimulai.

 

[spoiler]

Gol tercepat 2 menit 14 detik, oleh Petr Jiracek (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Gol paling pamungkas 91 menit 35 detik, oleh Mesut Ozil

Jerman (1) vs Italy (2)

Kekalahan Jerman atas Italia di perempat final Euro Cup 2012, menyisakan cerita tersendiri bagi  El Búho (Si Burung Hantu) alias Mesut Ozil. Pemain Jerman keturunan Turki ini, setidaknya berhasil mengurangi selisih gol dengan menyarangkan 1 gol ke mistar gawang Italia yang dijaga ketat Buffon melalui tendangan penalti.  Sebelumnya, kemelut di depan gawang Buffon membuahkan penalti akibat handball yang dilakukan Federico Balzaretti. Mesut Ozil selaku eksekutor berhasil menggedor gawang Buffon di menit-menit akhir, namun belum mampu membalikkan keadaan.

 

[spoiler]

Mesut Ozil (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Spanyol, tim dengan perolehan gol terbanyak – 12 gol

Dibawah asuhan Vicente del Bosque, Spanyol akhirnya sukses menjadi jawara Euro 2012 setelah mempermalukan Italia dengan skor telak 4-0 di Olympisky Stadium, Kiev. Keberhasilan itu membuat Spanyol mencatatkan sejarah sebagai tim pertama yang mampu tampil sebagai juara di tiga turnamen besar secara berturut-turut. Sebelumnya, Spanyol menjadi kampiun di Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

Selain itu, Spanyol ternyata satu-satunya tim di ajang Euro Cup 2012 ini yang berhasil mengoleksi gol terbanyak dengan perolehan 12 gol.

 

[spoiler]

Spanyol, tim dengan perolehan gol terbanyak (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Total kartu kuning yang keluar 123

Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2012, atau lebih dikenal dengan Euro 2012, memang telah usai. Kejuaraan sepak bola antar tim nasional negara Eropa ke-14 ini, akhirnya mengantarkan skuad Spanyol sebagai juaranya di tahun ini.  Sepanjang digelarnya helatan akbar yang diselenggarakan oleh Polandia dan Ukraina dari tanggal 8 Juni hingga 1 Juli 2012 ini, 123 kartu kuning berhasil dikeluarkan wasit kepada beberapa pemain dari 16 tim/negara yang berlaga di Euro 2012.

 

[spoiler]

Total kartu kuning yang keluar 123 (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Italia, tim dengan kartu kuning terbanyak – 16 kartu

Tim Italia dijuluki Gli Azzurri atau “si biru langit” mengacu pada kostum utama mereka yang berwarna biru. Pada Euro 2012 yang diselenggarakan di Polandia dan Ukraina ini, Italia berhasil menempati posisi runner up setelah terhempas kalah 0-4 atas seterunya Spanyol.

Dibalik itu, berdasarkan statistik resmi yang dikeluarkan UEFA, Italia juga ternyata negara peserta yang paling banyak menuai kartu kuning (16 kartu) sepanjang gelaran ini berlangsung.(**)

 

[spoiler]

Italia, tim dengan kartu kuning terbanyak (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Juli 2012

3 Responses to 5 Statistik “Unik” di Ajang Euro Cup 2012

  1. Pingback: Inilah WAG`s Paling Hot Euro 2012 | gilabola.biz

  2. Pingback: Adele Kalahkan Michael Jackson | ambangbatas

  3. Pingback: BEREBUT PELUANG | ambangbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com