Kelahiran 4 Juli (Hadibowo Susanto)

[UNIKNYA.COM] Hadibowo Susanto lahir di Tegal, Jawa Tengah tanggal 4 Juli 1958 adalah seorang pemain bulu tangkis Indonesia di era tahun 1980 – 1985an. Ia merupakan salah satu atlet berprestasi binaan PB Djarum – Kudus. Dalam kariernya, Hadibowo yang bermain sebagai pemain ganda putra pernah berpasangan dengan Christian Hadinata, Hariamanto Kartono, dan Heryanto.

 

Hadibowo ikut memperkuat Indonesia dalam perebutan Piala Thomas 1984. Hadibowo menjadi pahlawan saat menjadi bagian dari tim Indoensia saat merebut Piala Thomas 1984 di Kuala Lumpur, Malaysia. Ketika itu berpasangan dengan Christian Hadinata, Hadibowo mengantar Indonesia merebut Piala Thomas dengan mengalahkan China 3-2.

Pasangan Christian/Hadibowo menjadi penyelemat tim Indonesia yang saat itu tertinggal 1-2. China memperoleh poin melalui Luan Jin dan Yang Yang yang mengalahkan Liem Swie King dan Icuk Sugiarto. Sementara Indonesia memperoleh satu poin melalui Hastomo Arbi. Pasangan Christian/Hadibowo kemudian berhasil merebut satu poin buat Indonesia dengan mengalahkan pasangan China He Shangquan/Jiang Guoliang 18-14 15-10.

 

Hadibowo Susanto (kiri) saat berduet dengan Bobby Ertanto (Sumber : kompas.com)

 

Selama kariernya, Hadibowo pernah berganti pasangan antara lain dengan Christian Hadinata, Liem Swie King, Kartono Hariatmanto, Bobby Ertanto, dan Heryanto Saputra. Bulan lalu, Hadibowo memperoleh penghargaan bersama Liem Swie King sebagai ganda putra legendaris Indonesia yang diberikan oleh Candra Wijaya.

Hingga akhir hayatnya, Hadibowo menjadi anggota staf di PB Djarum, klub yang dibelanya di masa jayanya sebagai pemain. Beliau meninggal dunia tanggal 7 Juni 2011 pada pukul 13.30 dalam usia 52 tahun, karena penyakit kanker hati yang dideritanya di Rumah Sakit Medistra.

 

Sumber : Wikipedia.org, blogspot.com, old.uniknya.com, Juli 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com