5 Lagu The Doors Berdurasi Paling Pendek

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Karya-karya Jim Morrison dkk. sangat berpengaruh kental pada industri musik setelahnya. Tidak hanya pengaruh musik rock n roll dan psychedelicnya saja, namun lagu-lagu pop seperti Blue Sunday dan waltznya pun (Wintertime Love) sangat berpengaruh dan renyah didengar meski durasinya singkat. Penggemar the Doors, penggemar musik retro umumnya, pasti sepakat dengan kami. Bagaimana dengan Anda yang belum pernah mendengarkannya? Silahkan simak dan dengar video-videonya sembari baca pembahasan berikut ini.

 

1. Wintertime Love (1:54)

 

[spoiler]

Wintertime Love (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

“Wintertime Love” adalah lagu kelima di album Waiting for the Sun. Album ini dirilis Juli 1968 berlabel Elektra. Lagu yang ditulis oleh semua personil The Doors ini tidak biasa, karena genrenya waltz dengan gaya yang lebih ringan. Lagu ini pun ada dalam album The Best of the Doors keluaran Australia.

 

 

2. Horse Latitude (1:37)

 

[spoiler]

Horse Latitude (sumber:wordpress.com)

 

[/spoiler]

“Horse Latitudes” adalah lagu kelima dari album kedua The Doors, Strange Days yang dirilis tanggal 7 Oktober 1967. Lagu ini berbentuk ucapan oleh Jim Morrison dengan latar musik suara-suara bising. Morrison meneriakkan liriknya, menceritakan sebuah perahu di lautan yang terpaksa membuang kuda-kuda di atasnya untuk meringankan muatan kapal tersebut. Kata-kata tersebut diambil dari salah satu puisi pertama Jim Morrison, yang terinspirasi oleh sampul buku yang ia lihat di toko buku lokal semasa kecilnya.

Keyboardis Ray Manzarek menyebut dalam buku Light My Fire bahwa ia tak pernah percaya Jim Morrison menulis “Horse Latitudes” untuk orang seusia belia saat itu, dengan mengklaim bahwa kata-katanya “terlalu dewasa.”

Lagu ini sering dimasukkan ke dalam lagu Moonlight Drive, atau sebaliknya.

 

3. Unhappy Girl (2:02)

 

[spoiler]

Unhappy Girl (sumber:wordpress.com)

 

 

[/spoiler]

 

Lagu ini merupakan lagu keempat dari album Strange Days. Lagu ini pun diciptakan oleh semua personil The Doors. Album Strange Days menduduki posisi ketiga di Amerika pada bulan November 1967 dan posisi pertamanya masih diduduki oleh album mereka juga, yaitu The Doors.

 

4. Blue Sunday (2:13)

 

[spoiler]

Blue Sunday(sumber:wordpress.com)

 

 

[/spoiler]

 

“Blue Sunday” adalah lagu kelima dari album kelima, Morrison Hotel yang dirilis 1 Februari 1970. Lagu ini ditulis oleh sang vokalis sendiri, Jim Morrison. Lagu bertema romantis acapkali di”medley” dengan lagu Peace Frog.

 

5. Hello, I Love You (2:14)  

 

[spoiler]

Hello, I Love You (sumber:wordpress.com)

 

 

[/spoiler]

 

“Hello, I Love You” adalah lagu The Doors dari album Waiting for The Sun yang dirilis tahun 1968. Lagu ini pun dirilis pada tahun yang sama, menduduki posisi nomor satu di Amerika Serikat dan terjual satu juta kopi di negara tersebut. Di Kanada, lagu ini menjadi nomor satu juga. Singel ini juga menjadi hit pertamanya di Inggris, puncaknya posisi lima belas di chart Inggris.

Lagu ini adalah salah satu dari enam lagu yang ditampilkan pada demo untuk Aura Records tahun 1965.

Kadang, judul lagu ini ditulis “Hello, I Love You (Won’t You Tell Me Your Name?)” atau “Hello, I Love You, Won’t You Tell Me Your Name?” Judul lagu dicetak tergantung awal cetakan album tersebut. (**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Juli 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com