5 Tempat Paling Bersalju

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Bagi para pecinta olahraga musim dingin, baik berski ataupun berkendaraan mobil-motor salju, pegunungan dengan salju tebal merupakan salah satu tempat yang paling dicari. Selain keindahan pegunungan habitat hutannya pun bisa dinikmati sebagai sarana liburan keluarga, seperti mengamati hewan-hewan liar yang aktif di musim dingin. Tidak semua wilayah di dunia ini memiliki ketebalan salju yang sama, dan tidak semua negara mengalami pergantian musim ke musim dingin yang bersalju. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 tempat yang paling bersaljudi dunia:

 

1. Gunung Washington, New Hampshire

Ketebalan Salju 21.75  kaki (6.6 meter)

Gunung Washinton, sebuah gunung yang selain dikenal dengan angin kencangnya, juga dengan ketebalan saljunya yang luar biasa.

Walaupun bagian puncaknya sangat bersalju, namun tidak dalam jangka waktu yang lama karena salju tersebut akan tertiup oleh angin. Berdasarkan pengawasan yang dilakukan oleh oganisasi meteorologi non-profit, salju tersebut tertiup oleh angin hingga jatuh ke jurang-jurang di sekitar pegunungan. Pernah di beberapa tahun sebelumnya terjadi penumpukan salju di Jurang Tuckerman setebal 80 kaki (24 meter). Namun kondisi gunung dengan salju yang sedemikian tebal, tidak membuat takut para penikmat oleh raga ski.

 

[spoiler]

Gunung Washington (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Pegunungan Chamonix, Perancis

Ketebalan salju 31.4 kaki (9.6 meter)

Di Eropa, Pegunungan Alpine Perancis, merupakan salah satu tempat favorit para penggila olahraga ski, bahkan menjadi tempat diadakannya Olimpiade Musim Dingin Dunia pada 1924.
Di pegunungan ini  tim penyelamat, dari unit khusus Skuadron Penyelamat, Angkatan Udara AS, yang bermarkas di Lakenheath, Inggris, senantiasa melakukan latihan teknik penyelamatan di sekitar Mont Blanc, di bagian atas wilayah Chamonix.

 

[spoiler]

Pegunungan Chamonix (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Pegunungan Nagano, Jepang

Ketebalan salju 36 kaki (11 meter)

Lokasi pegunungan bersalju ini hanya berjarak sekitar 10 mil dari garis pantai di utara Jepang, dan merupakan salah satu resort ski yang paling sering dikunjungi.
Selain sebagai tempat para peski memanjakan diri, Nagano pun merupakan rumah bagi kera-kera cantik. Para kera tersebut –kera macaques, senantiasa terlihat sedang mandi di dalam sebuah kolam air hangat yang terdapat di sekitar pegunungan Nagano.

 

[spoiler]

Pegunungan Nagano (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

4. Gunung Kirkwood, California

Ketebalan salju 39.4 feet (12 meter)

California, sebuah wilayah di Amerika Serikat yang dikenal dengan sinar mataharinya yang eksotis. Walaupun terkenal dengan sinar mataharinya, California memiliki sebuah kawasan yang juga diselimuti oleh salju tebal setiap tahunnya, seperti di Lake Tahoe. Sejajara dengan pegunungan Sierra, Gunung Kirkwood memiliki puncak gunung yang paling lembab di wiliayah Pasifik. Namun karena dikelilingi oleh banyak pegunungan dan lembah, sehingga badai salju yang berasal dari Gunung Kirkwood dapat ditahan dan berkurang ketika tiba di permukiman masyarakat.

 

[spoiler]

Gunung Kirkwood (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Gunung Alyeska, Alaska

Ketebalan salju 42.75 feet (13 meter)

Tidak jauh dari pelabuhan Alaska, Gunung Alyeska berdiri tegap menghadap samudera luas yang terbentan hingga garis pantai Alaska bagian selatan. Sementara itu kita dapat menemukan area resort di berbagai wilayah pegunungan ini, seperti misalnya saja di Chugach State Park yang mengelilingi wilayah pedesaan. Mungkin Pegunungan aleyska merupakan salah satu surga bagi para peski, saking luasnya salju yang dimiliki.

 

[spoiler]

Gunung Alyeska (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: ouramousingplanet.com, old.uniknya.com, Juni 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com