5 Kerusuhan di Lapas Terburuk di Dunia (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan wadah untuk para pelanggar hukum yang telah mendapatkan proses sidang dan dijatuhi vonis. Lapas berfungsi sebagai tempat untuk membina mereka yang dianggap melanggar hukum yang berlaku untuk menjadi pribadi yang baik dan tidak mengulangi kejahatannya, sehingga dapat diterima kembali di lingkungan masyarakat. Namun apa jadinya jika kondisi dan situasi di lapas tidak berjalan semestinya? Aksi-aksi brutal, baik kekerasan ataupun pelecehan seksual, dan bahkan narkoba dapat berkeliaran di dalam lapas. Tidak itu saja kurangnya fasilitas dan tidak becusnya pihak lapas dalam membina para nara pidana dapat memicu terjadinya kerusuhan, seperti yang terjadi di 5 lapas berikut ini:

 

1. Lapas Carandiru

 

[spoiler]

Lapas Carandiru (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Carandiru, Brasil, pada 2 Oktober 1992. Bahkan kekerasan massal tersebut tercatat yang paling banyak memakan korban dalam sejarah Brasil. Diduga pemicu kerusuhan ini disebabkan oleh pemberontakan yang dilakukan oleh para nara pidana, namun tidak adanya negoisasi kedua pihak yang bertikai menyebabkan 111 orang tewas akibat terjangan timah panas dan hantaman para Polisi Militer Brasil.

 

2. Lapas Canon City

 

[spoiler]

Lapas Canon City (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pada 3 Oktober 1929, terjadilah sebuah kerusuhan berdarah di Lapas Canon City dan menggoreskan tinta tinta hitam dalam sejarah Amerika Serikat. Para nara pidana menyandera para penjaga lapas, guna membebaskan diri. Bangunan lapas pun tidak luput dari kemarahan para nara pidana, sehingga beberapa bagian gedung hancur tak karuan , dan delapan orang penjaga harus meregang nyawa, sembilan orang terluka. Sementara dari pihak narapidana dikabarkan lima orang tewas ditembak dan melakukan bunuh diri.

 

3. Lapas Apodaca

 

[spoiler]

Lapas Apodaca (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kerusuhan terjadi di lapas Apodaca, Meksiko pada 20 February 2012. Akibat tindak kekerasan tersebut 44 nara pidana terbunuh dan beberapa lainya mengalami cedera. Apodaca merupakan sebuah penjara negara yang terdapat di negara bagian Nuevo Leon, Meksiko. Semua korban yang dinyatakan tewas berasal dari sel blok D. Penyebab kerusuhan adalah adanya persaingan dan permusuhan antara Kartel Gulf dan Los Zetos. Keduanya merupakan organisasi kejahatan, yang menguasa perdagangan obat bius di dalam penjara.

 Akibat kekerasan antar geng obat bius di Meksiko sebanyak 47.000 orang tewas, sehingga di tahun 2006 lalu Presiden Calderon mengumunkan perang terhadap geng narkoba.

 

4. Penjara Negara New Mexico

 

[spoiler]

Penjara Negara New Mexico (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Peristiwa berdarah ini terjadi pada 2-3 Februari 1980. Penjara New Mexico, merupakan lapas yang memiliki fasilitas keamanan terlengkap di Santa Fe, Meksiko. Akibat kekerasan yang terjadi saat itu, sebanyak 33 orang tewas dan 200 lainnya terluka.

Banyak pejabat dan petugas penjara yang dijadikan sandera oleh para nara pidana, namun tidak ada yang terbunuh. Penyebab kerusuhan dipicu oleh kondisi dan fasilitas penjara yang tidak lagi memenuhi kebutuhan para narapidana . Walaupun sudah diperkirakan oleh pemerintah Meksiko, namun mereka tidak melakukan pencegahan akan kerusuhan ini.

 

5. Lapas Strangeways

 

[spoiler]

Lapas Strangeways (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sementara itu di Inggris, tepatnya di Kota Manchester telah terjadi pula kerusuhan di dalam penjara. Sebuah kerusuhan yang berlangsung lama, 25 hari, terjadi di Penjara Strangeways pada 1990. Kekerasan yang terjadi tersebut mencoreng catatan sejarah kemanusiaan di Inggris. Semula pemberontakan terjadi di sebuah chapel penjara, namun meluas hingga ke seluruh blok. Akibat kekerasan ini dua orang dinyatakan meninggal dunia dan 194 cedera.  Akibat kerusuhan ini pemerintah Inggris kemudian mememperbaiki sistem pengamanan dan fasilitas penjara, sehingga kerusuhan seperti ini tidak lagi terjadi. (**)

 

Catatan:

 

 

Kerusuhan yang terjadi di Penjara Carandiru, Brasil, menginspirasi band metal Sepultura menciptakan sebuah lagu berjudul ‘Manifest’ di Album Chaos A.D. tahun 1993 melalui Roadrunners Records.

 

Sumber: top10list.org, old.uniknya.com, Juni 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com