5 Potret Kehidupan Anak Dari Ruang Tidur di Berbagai Dunia (Bagian II – Habis)

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM]: Bertanggung jawab terhadap pemenuhan segala kebutuhan anak, merupakan tugas sebagai orang tua. Tetapi nyatanya, tak semua itu sejalan dengan keinginan. Jika  sebagian anak memiliki kehidupan yang  layak, tetapi tak sedikit dari mereka yang harus hidup dalam keterbatasan.  Nasib memang berkata lain. Begitu banyak anak di dunia ini yang memiliki jalur hidup yang teramat berbeda. Mulai dari tempat tinggal, atau kehidupan sehari-harinya.

Hal ini lah yang membuat seorang fotografer bernama James Mollison tergerak untuk menyelusuri kehidupan anak di beberapa negara.   Bahkan ia telah berkeliling dunia untuk bertemu budaya yang berbeda dan mengobservasi kehidupan anak dari setiap negara. James membuat sebuah dokumentasi kehidupan anak dari ruang tidur mereka, baik itu ruang kamar, hingga kasur yang mereka pakai. Bahkan foto wajah mereka  sekarang sudah menjadi bagian dari bukunya yang berjudul “Where Children Sleep”.  Bagian dari foto tersebut telah kami himpun dalam potret kehidupan anak yang dilihat dari tempat tidurnya.

 

1. Lamine (12), Senegal

Berbagi ruang bersama anak laki-laki lainnya, Lamine musti tidur dengan kasur yang beralas batu bata.  Ia bekerja setiap hari  selama enam jam, di mana ia belajar bagaimana cara berpanen, menggali dan membajak. Selain itu, pada sore hari kegiatannya ialah mempelajari Al-Quran.

 

[spoiler]

(sumber : awesomenator.com)

[/spoiler]
2. Thais (11), Brazil

Berbagi kamar tidur dengan kakaknya, seorang anggota geng ghetto. Ketika ia tumbuh dewasa, ia ingin menjadi model seperti banyak gadis Brazillian.

[spoiler]

(sumber : awesomenator.com)

[/spoiler]
3. Roathy (8), Kamboja

Rumah dan kasurnya  ditempatkan pada tempat sampah, bahkan tempat tidurnya pun terbuat dari ban bekas. Sarapan pagi adalah jatah makan yang hampir ia dapatkan setiap hari.  Ia mandi dengan anak lainnya di sebuah pusat amal lokal  setiap jam enam pagi,  lalu keluar  untuk  mencari kaleng dan botol plastik yang akan ia jual ke perusahaan daur ulang.

[spoiler]

(sumber : awesomenator.com)

[/spoiler]
4. Jamie (9), New York

Tinggal di sebuah penthouse di 5th Avenue. Mimpi sang anak adalah menjadi seorang pengacara seperti ayahnya, sebab itu ia pergi ke sebuah sekolah bergengsi di mana ia mempelajari keuangan. Ia juga mengambil kelas kursus judo dan renang.

[spoiler]

(sumber : awesomenator.com)

[/spoiler]
5. Douha (10), Tepi Barat, Palestina

Tinggal di sebuah kamp pengungsi dengan 11 saudara kandungnya, dan berbagi ruang tidur dengan lima saudara perempuan. Kakaknya bunuh diri dalam serangan bunuh diri di Israel.

[spoiler]

(sumber : awesomenator.com)

[/spoiler]
Tambahan:

Nantio (15) , Kenya

Nantio merupakan seorang anggota suku Rendille. Ia tinggal di sebuah tenda yang terbuat dari kulit caddle dan plastik. Tugasnya setiap hari adalah  memelihara kambing dan memotong kayu.

[spoiler]

(sumber : awesomenator.com)

[/spoiler]
Seorang Anak Gelandangan, Roma, Italia

Anak ini tidak memiliki rumah tinggal.  Mereka hanya hidup diluar dengan bermodalkan kasur dan selimut yang lusuh. Ia dan keluarga sama sekali tidak memiliki surat-surat identitas, sehingga pekerjaan nyata pun sulit mereka dapatkan.  Orang tuanya hanya seorang pembersih kaca jendela mobil dan anak ini tidak memiliki pendidikan. (**)

[spoiler]

(sumber : awesomenator.com)

[/spoiler]
Sumber : awesomenator.com, old.uniknya.com, Juni 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com