5 Pesawat Militer Termahal (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bayangkan harga-harga pesawat tempur berikut ini, dan semuanya bisa dipastikan memperkuat armada udara dari negara super power seperti Amerika Serikat. AS memang dikenal dunia sebagai kutub kekuatan utama dalam persenjataan dan teknologi pesawat terbangnya. Tak heran jika AS, memiliki dan mampu memproduksi pesawat militer seperti di bawah ini. Yuk, kita telaah langsung pesawat termahal versi militer berikut:

 

1. B-2 Spirit, $ 2.4 Miliar

Northrop Grumman B-2 adalah pesawat perang berteknologi stealth yang digunakan untuk mengembom. Dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. B-2 Spirit juga dikenal sebagai Stealth Bomber yang bersenjata konvensional dan nuklir. Pengembangan awalnya dimulai di bawah “Advanced Technology Bomber” (ATB).

 

[spoiler]

B-2 Spirit (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. F-22 Raptor, $ 350 Juta

F-22 Raptor adalah pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya direncanakan untuk dijadikan pesawat tempur superioritas udara untuk digunakan menghadapi pesawat tempur Uni Soviet, tetapi pesawat ini juga dilengkapi peralatan untuk serangan darat, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen. Pesawat ini melalui masa pengembangan yang panjang, versi prototipnya diberi namaYF-22, tiga tahun sebelum secara resmi dipakai diberi nama F/A-22, dan akhirnya diberi nama F-22A ketika resmi mulai dipakai padaDesember 2005. Lockheed Martin Aeronautics adalah kontraktor utama yang bertanggungjawab memproduksi sebagian besar badan pesawat, persenjataan, dan perakitan F-22. Kemudian mitranya, Boeing Integrated Defense Systems memproduksi sayap, peralatan avionik, dan pelatihan pilot dan perawatan.

 

[spoiler]

F-22 Raptor (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. C-17 Globemaster III, $ 328 Juta

Boeing C-17 Globemaster III adalah sebuah pesawat angkut militer Amerika Serikat yang diproduksi oleh Boeing Integrated Defense Systems dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Udara Britania Raya dan Angkatan Udara Australia. NATO juga berencana untuk memesan pesawat angkut jenis ini. C-17 mengambil bentuk nama yang sama dari dua pesawat angkut berat pendahulunya yaitu C-74 Globemaster dan C-124 Globemaster II.

 

[spoiler]

C-17 Globemaster III (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. P-8 Poseidon, $ 290 Juta

Boeing P-8 Poseidon adalah pesawat militer yang sedang dikembangkan untuk Angkatan Laut Amerika Serikat (USN). P-8 dikembangkan oleh Boeing Defense, Space & Security dan dikembangkan berdasarkan dari Boeing 737-800. Pesawat ini dibuat untuk melakukan perang anti kapal selam   atau anti-submarine warfare  (ASW) dan oprasi intelijen elektronik. Pesawat ini mampu membawa torpedo, rudal SLAM-ER anti kapal, dan senjata lainnya.

 

[spoiler]

P-8 Poseidon (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. VH-71 Kestrel, $ 241 Juta

Lockheed Martin VH-71 Kestrel adalah varian dari AW101 AgustaWestland (sebelumnya EH101), yang sedang dikembangkan untuk menggantikan United States Marine Corps’ armada transportasi ke-Presiden-an. Pesawat ini sedang diproduksi oleh Lockheed Martin, AgustaWestland dan Bell Helicopter.Pada bulan Februari 2009, Presiden Obama meminta Menteri Pertahanan Robert Gates menunda atau membatalkan proyek ini mengingat dana yang tinggi; lebih dari $ 13 miliar untuk 28 helikopter yang direncanakan. (**)

 

[spoiler]

VH-71 Kestrel (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: therichest.org, old.uniknya.com, Juni 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com