5 Sistem Operasi yang Tidak Diketahui Banyak Orang (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Bakalan tampil keren kalo komputer pribadi kita hanya bisa dioperasiin ama empunya sendiri. Gak ada yang bisa otak-atik selain kita sendiri. Gimana caranya? Ya, pake Sistem Operasi yang orang lain gak ngerti aja. Ah, semua orang dah tahu kok OS Windows, Mac, atau Linux. Eits, ntar dulu. Selain OS yang terkenal itu, ada lagi OS lain yang mungkin kamu belum pernah denger. Apa saja mereka? Cekidot, gan.

 

Oh ya, jangan lupa baca artikel bagian pertamanya biar tahu OS open source lainnya.

 

1. AmigaOS

Mungkin kamu pernah denger tentang komputer personal Amiga, nah sekarang ada AmigaOS yang juga produk dari Komputer Personal Amiga. AmigaOS ini punya konsol game dan masuk ke pasaran tahun 1985 bareng Amiga 1000. Lantaran sifatnya open source, jadi kodenya udah tersedia dan apa pun yang berhubungan ama OS ini udah dipasaran. Kayaknya perlu coba nih.

 

[spoiler]

AmigaOS (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. NEXTSTEP

Seperti yang disebutkan pada artikel bagian petama tentang OS NEXTSTEP yang digunakan di sistem operasi lainnya, nah, bagian terbaik dari OS Nextstep ini adalah berorientasi obyek dan bisa multitasking. Sistem operasi ini sangat mengagumkan karena yang buatnya mendiang Steve Jobs. Beliau bikin OS ini tahun 1986 ketika dia ninggalin Apple dan ngerjain Next.

 

[spoiler]

NEXTSTEP (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. ATheOS

Ada lagi nih AtheOS. Sistem operasi ini dikembangkan lewat open source juga. AtheOS sudah banyak digunakan dan dapat dijalankan di hampir semua mesin kayak Intel, AMD dan procesor lainnya. ATheOS punya kemampuan multitasking dan sangat jauh efisien.

 

[spoiler]

ATheOS (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. SkyOS

Nah, ini dia nih salah satu perjuangan dari Robert Szeleney. Pasalnya, ia sudah bikin salah satu OS yang sangat baik setelah 10 tahun berjuang dan menghasilkan SkyOS yang punya desktop interface sangat grafis dan komersil prototip. OS ini mirip banget sama Windows tapi tidak punya fitur banyak.

 

[spoiler]

SkyOS (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Slax

Slax juga berasal dari keluarga OS Linux dan ciptaan Tomas Matejicek. OS ini disebut juga sebagai “Pocket Operating System” karena punya banyak kemasan yang ada di macam-macam situs dimana kamu bisa bangun imej Slack ISO dan mengaturnya sesuai kebutuhan. (**)

[spoiler]

Slax (sumber:blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: berbagai sumber, old.uniknya.com, Mei 2012

AmigaOS

2 Responses to 5 Sistem Operasi yang Tidak Diketahui Banyak Orang (Bagian II – Habis)

  1. Info menarik gan.. salam kenal

  2. setiap masuk sini selalu dapet info yang menarik.
    good job :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com