Kelahiran 21 Mei (Once Mekel)

[UNIKNYA.COM] Once atau Elfonda Mekel adalah penyanyi solo Indonesia dan personil salah satu supergrup bernama AYLI (As You Like It) Project. Grup ini beranggotakan mantan-mantan personil Dewa dan beberapa personal dari band papan atas Indonesia. Mereka adalah Once, Ari Lasso, Yuke (mantan personil Dewa), Maggi (/Rif), Badai (Kerispatih), dan Irfan (The Samsons).

Sebelumnya, Once merupakan vokalis Dewa 19 dari tahun 1999 sampai 2011. Namanya menjadi popular karena menjadi personil Dewa. Pria kelahiran Makasar, 21 Mei 1970 ini adalah salah satu vokalis pria terbaik Indonesia dari sisi karakter dan kekuatan vokal. Majalah Rolling Stone memasukkan Once ke dalam daftar 50 penyanyi Indonesia terbaik sepanjang masa.

Suami dari Immaculata Tauchid ini memulai karirnya sebagai penyanyi pada tahun 1991. Sewaktu masa kuliah, sekitar akhir 80an dan awal 90an, Once menjadi salah satu personil band Fargat 27 yang pernah merilis satu album “Seribu Angan”. Band ini terdiri dari para cikal bakal musisi besar Indonesia, seperti almarhum Andy Liany (mantan vokalis Slank dan Elpamas), Ronald, dan Pay (mantan gitaris Slank dan sekarang gitaris BIP).

 

Once Mekel (sumber : blogspot.com)

 

Ketika istirahat dari bernyanyi akibat gangguan pita suara selama lima tahun, Once memutuskan untuk fokus pada kuliah dan bandnya. Dan setelah lulus kuliah sebagai Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia, ia kemudian bekerja sebagai legal coordinator di sebuah perusahaan konstruksi. Dua tahun kemudian ia bekerja untuk sebuah proyek penelitian kerjasama antara LIPI dan CSIRO.

Setelah pita suaranya sembuh, tahun 1997, ia mulai bernyanyi di kafe-kafe. Setahun kemudian, ia keluar dari pekerjaannya dan kembali lagi serius ke dunia musik. (**)

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Mei 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com