5 Petenis Terbesar Sepanjang Masa (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM}: Anugrah tertinggi yang disematkan kepada para pemain tenis profesional duia dibawah ini, sungguh membanggakan. Betapa tidak, sebuah panel "ahli tenis" internasional menyaring 62 pria dan 38 wanita, dan memasukannya ke dalam daftar 100 Greatest of All Time pemain tenis dunia. Nah buat Anda yang menyukai olahraga yang satu ini, pastinya penasarankan, siapa-siapa saja yang dimaksud? Berikut petikannya:

 

1. Roger Federer

Roger Federer adalah seorang petenis asal Swiss. Ia adalah salah satu petenis terbaik di dunia saat ini, dan menempati peringkat pertama dunia dari 2 Februari 2004 hingga 18 Agustus 2008 dan kemudian dari 6 Juli 2009 hingga kini. Ia adalah pemegang rekor gelar Grand Slam tunggal putra terbanyak sepanjang sejarah dengan 16 gelar. Banyak dari kalangan komentator, analis, petenis aktif, dan mantan petenis menganggapnya sebagai petenis terbaik sepanjang masa.

 

[spoiler]

Roger Federer (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Rod Laver

Rodney George “Rod” adalah mantan pemain tenis Australia yang memegang rekor menang untuk gelar tunggal dalam sejarah tenis, dengan 200 titel kejuaraan. Rod menempati urutan No. 1 Dunia selama tujuh tahun berturut-turut, 1964-1970 (1964-1967 di sirkuit profesional). Dia jua merupakan pemain tenis telah dua kali memenangkan Grand Slam. Dia adalah satu-satunya pemain laki-laki dan adalah pemain pertama, pria atau wanita, yang telah memenangkan Grand Slam pada era terbuka (pada tahun 1988 Steffi Graf juga mencapai prestasi ini). Laver memenangkan total dua puluh turnamen besar, termasuk sebelas gelar turnamen Grand Slam dan sembilan Slam Pro. Pada tahun 1967, Laver juga memenangkan Grand Slam Profesional. Selain itu ia memenangkan sembilan gelar Seri Championship (1970-1975) prekursor kepada 1000 Master saat ini. 

 

[spoiler]

Rod Laver (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Steffi Graf

Steffi Graf adalah seorang petenis ternama asal Jerman. Graf mulai menjadi momok yg menakutkan didunia tenis ketika ia mulai bisa mengalahkan ratu tenis dunia kala itu Martina Navratilova disejumlah turnamen WTA, salah satunya di final Jerman Terbuka 1986 dengan skor meyakinkan 6-2 6-3. Namun ia baru bisa menjadi juara Grand slam pada tahun 1987 di Perancis Terbuka juga dengan mengalahkan Martina Navratilova di final dgn skor 6-4, 4-6, 8-6,namun ia belum bisa menjuarai Grand slam Wimbledon ditahun itu karena kalah dari Martina Navratilova difinal. Tapi ia menutup tahun 1987 dengan menjuarai turnamen WTA Championship.

 

[spoiler]

Steffi Graf (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pada tahun 1988 Graf benar-benar menjadi ratu baru diarena tenis dengan menjadi juara di empat seri Grand slam ditahun itu yaitu Australia, Perancis, Wimbledon dan Amerika, bahkan difinal Grand slam Perancis ia mencukur petenis Uni Soviet, Natalia Zvereva dengan skor sangat telak 6-0, 6-0, bahkan ia melengkapi tahun tesebut dengan menjuarai Olimpiade Seoul dengan mengalahkan Gabriela Sabatini di final. Sehingga ditahun tersebut ia dianugerahi gelar The Golden slam.

Ia mundur dari dunia tenis tahun 1999. Graf juara 107 turnamen tunggal sepanjang karier. Ia meraih gelar WTA Tour pertamanya pada turnamen Family Circle Magazine Cup 1986 dengan mengalahkan ratu tenis dunia lainnya Chris Evert ( Lloyd ) dengan skor 6-4 7-5.

 

4. Martina Navrátilová

Martina Navratilova adalah mantan pemain tenis Ceko, Amerika nomor satu dunia. Navratilova memenangkan 18 gelar Grand Slam, 31 gelar Grand Slam ganda putri dan 10 gelar Grand Slam ganda campuran. Dia mencapai final Wimbledon tunggal 12 kali, termasuk 9 tahun berturut-turut dari 1982 sampai 1990, dan memenangi gelar tunggal putri di Wimbledon dengan 9 kali berturut-turut.

 

[spoiler]

Martina Navrátilová (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Pete Sampras

Pete Sampras adalah mantan petenis nomor satu dunia asal Amerika Serikat. Ia dianggap sebagai salah seorang petenis putra terbaik dunia sepanjang sejarah. Sepanjang kariernya, ia mencetak sejarah dengan menjuarai 14 gelar Grand Slam dan mengakhiri tahun di peringkat pertama dunia selama enam tahun berturut-turut (1993-1998) (jumlah minggu di mana ia berperingkat pertama dunia adalah 286 minggu, yang juga merupakan rekor baru). Ia tujuh kali juara di Wimbledon, sebuah hasil yang juga merupakan rekor. Selain Wimbledon, Sampras juga juara AS Terbuka lima kali dan Australia Terbuka selama dua kali (1994, 1997). Satu-satunya gelar kejuaraan besar yang tak pernah diraihnya adalah Perancis Terbuka.(**)

 

[spoiler]

Pete Sampras (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Mei 2012

[/spoiler]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com