Kelahiran 19 Mei (Malcolm X)

[UNIKNYA.COM Malcolm X (9 Mei, 1925 – 21 Februari 1965), lahir dengan nama Malcolm Little dan juga dikenal sebagai El-Hajj Malik El-Shabazz, adalah seorang duta besar Muslim Amerika-Afrika dan aktifis hak asasi manusia.  Bagi para pengagumnya, ia adalah seorang pendukung yang berani menyuarakan hak-hak orang Amerika Afrika, seorang pria yang menuntut orang kulit putih Amerika yang telah berbuat tindak kriminal terhadap orang kulit hitam Amerika. Para pemfitnah menuduhnya berpidato tentang rasisme, supremasi kaum kulit hitam, antisemitisme, dan kekerasan. Ia disebut sebagai salah satu orang Amerika Afrika yang paling berpengaruh dan terbesar selama sejarah.

 

Ayah Malcolm X tewas—isunya, dibunuh oleh orang-orang penganut supremasi kulit putih,—ketika Malcolm X masih muda, dan salah satu pamannya dihukum mati tanpa diadili terlebih dahulu.

Semasa kecilnya Malcolm dan keluarganya sering menjadi sasaran penembakan, pembakaran rumah pelecehan dan ancaman lantaran ayahnya adalah anggota UNIA yang militan, hingga semuanya memuncak saat ayahnya dibunuh kelompok rasis kulit putih ketika Malcolm berusia enam tahun.

 

Malcolm X kecil (sumber : wordpress.com, old.uniknya.com)

 

Kehilangan ayahnya mengubah kehidupannya sehingga menjadi anak yang liar. Sekolahnya terputus tatkala usianya mencapai 15 tahun. Selanjutnya jalanan dan germerlap dunia hitam yang membuatnya terjerumus dalam berbagai kehidupan antargank pencurian mariyuana narkotika minuman keras perjudian dan pelacuran baik selagi di kampungnya maupun setelah pindah ke Harlem (wilayah terkenal bagi orang Negro) di New York

Pada usia 20 tahun dia diajukan ke pengadilan atas kasus pencurian dan ditahan hingga berusian 27 tahun. Seperti layaknya narapidana lainnya, banyak keonaran yang dia lakukan di penjara namun dia suka menyendiri di balik kamar tahanannya.

 

Malcolm X (sumber : wordpress.com)

 

Dia menemukan apa yang dinamakan pencerahan diri mulai dari membaca menulis di dalam penjara Chalestown State. Kemudian terjadi surat-menyurat antara Malcolm dan saudaranya Philbert serta diskusi dengan saudara kandungnya Hilda yang sering mengunjunginya selama dipenjara khususnya mengenai ajaran agama Islam tempat kedua saudaranya adalah pengikut Nation of Islam (NoI). Berawal dari sinilah dia mengenal NoI, masuk Islam dan mengadakan kontak melalui surat-menyurat dengan Mr Elijah Muhammad, pimpinan sekaligus tokoh yang dianggap sebagaiutusan Allah oleh pengikut NoI. Berkat Elijah-lah ia memahami ketertindasan dan ketidakadilan yang menimpa ras hitam sepanjang sejarah. Sejak itulah Malcolm X menjadi seorang napi yang kutu buku mulai dari menekuni sastra, agama, bahasa, dan filsafat. (**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Mei 2012

2 Responses to Kelahiran 19 Mei (Malcolm X)

  1. terima kasih!! bagus infonya ^_^

  2. Pingback: Hari Ini 7 Agustus : Malcolm X Dibebaskan dan Dilepaskan Dari Penjara | www.uniknya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com