5 Gadget Canggih untuk Olahraga

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Ingin mengukur suasana hati, kalori yang terbakar, meningkatkan kualitas tidur, mengukur seberapa sering Anda gelisah di waktu tidur, maka lima gadget berikut ini adalah jawabannya. Seperti yang Anda sering lihat di film-film atau video game bagaimana para karakter di masa depan memiliki alat-alat canggih yang bisa membantu kegiatan sehari-hari, kelima gadget berikut nyatanya telah hadir di tengah-tengah kita dan memang berfungsi sama halnya dengan gadget yang ada di film. Tampaknya harga setiap gadget yang ditawarkan sepadan dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut old.uniknya.com memberikan informasi bermanfaat tentang kelima gadget bagi Anda yang ingin sehat dan terkontrol.

 

1. Nike + Fuelband

 

[spoiler]

Fuelband (sumber : insider.nike.com)

[/spoiler]

 

Nike+ Fuelband yang berharga 149 dolar ini adalah sebuah gelang yang ketika dipakai di pergelangan tangan, akan memantau semua aktifitas Anda, termasuk jumlah langkah kaki, kalori yang terbakar, dan banyak lagi, lalu mengubah semuanya ke dalam skor dari semua aktifitas, yang disebut “Bahan Bakar atau Fuel.” Anda bisa menyimpan jejak aktifitas dan skor ke dalam komputer atau iPhone, memasang tujuan aktifitas harian, mengukur perkembangan, dan mendapatkan timbal balik aktif melalui aplikasi-aplikasi dan melalui alat itu sendiri tentang seberapa baikkah Anda melakukan aktifitas tersebut dan apakah Anda mencapai tujuan yang Anda pasang sebelumnya. Fuelband bahkan memiliki pengukuran mood pengguna, jadi Anda bisa mengawasi kinerja dan bagaimana hubungan kinerja dengan pola pikir Anda di hari tertentu. Anda juga memiliki pilihan untuk men-share (atau tidak) perkembangan Anda dengan teman-teman di Facebook atau Twitter.

 

2. Fitbit

 

[spoiler]

Fitbit (sumber : rtroncampus.com)

[/spoiler]

 

Jika Anda mencari sebuah alat yang tidak hanya melacak aktifitas, namun juga dapat membantu kualitas tidur di malam hari, maka FitBit (100 dolar) adalah gadget yang tepat untuk Anda. Gadget ini adalah sebuah klip kecil yang bisa ditempelkan ke dompet, lengan baju, atau di mana pun asalkan berhubungan dengan tubuh, dan bisa mengawasi aktifitas sepanjang hari—termasuk jumlah langkah yang diambil, tangga yang didaki, kalori yang terbakar, dan seterusnya—dan seberapa lama tidur Anda dan seberapa sering Anda gelisah disaat tidur. FitBit mengumpulkan semua informasi ini dan kemudian mengunggahnya ke applikasi internet FitBit sehingga Anda bisa mengukur perkembangan Anda sendiri. Jika Anda suka menggunakan ponsel pintar atau smartphone untuk memonitor kegiatan, maka FitBit bahkan lebih cocok dengan aplikasi-aplikasi pelacak kebugaran iOS dan Android yang popular seperti Endomondo dan RunKeeper. Kemudian, Anda bisa berbagi sebanyak atau sedetail Anda suka dengan teman-teman, yang bisa mendukung Anda. Bahkan Anda bisa menggunakan aplikasi internet dari FitBit untuk melacak menu makanan yang Anda habiskan, memberikan alat yang benar-benar lengkap untuk mengelola dan meningkatkan kesehatan Anda.

 

3. BodyMedia FIT

 

[spoiler]

BodyMedia FIT (sumber : characterblog.com)

[/spoiler]

 

BodyMedia FIT (100-200 dolar) adalah alat ban lengan yang membalut sekeliling lengan bagian atas, dan memonitor kalori yang terbakar, kegiatan harian, dan bahkan kualitas tidur serta pola tidur. Ketika Anda memakai ban lengan ini, alat ini mengirim data ke aplikasi internet BodyMedia (harus berlangganan untuk mengaksesnya) dan selaras dengan aplikas-aplikasi mobile untuk sistem operasi iOS dan Android, jadi Anda bisa mengawasi seberapa baikkah Anda mencapai tujuan kegiatan harian, dan seberapa baikkah Anda tidur di malam sebelumnya. Kombinasikan ban lengan ini dengan perencana menu makanan BodyMedia, dan paket kombinasi tersebut menawarkan Anda cara baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Plus, layanan ini memiliki bermacam-macam jenis ban lengan tergantung fitur mana yang Anda suka.

 

4. Striiv

 

[spoiler]

Striiv (sumber : characterblog.com)

[/spoiler]

 

Gadget ini merupakan alat pengukur langkah dengan layar sentuh dan memiliki sejumlah aplikasi mini built-in yang memotivasi Anda untuk berjalan lebih sering, memonitor perkembangan melalui layar alat ini atau melalui aplikasi jaringan Striiv, berbagi perkembangan dengan teman-teman (dan bahkan berkompetisi dengan mereka menghadapi tantangan-tantangan kegiatan harian), dan bahkan berpartisipasi di dalam “jalan-jalan amal” dimana donasinya dibuat berdasarkan seberapa banyak orang mencapai tingkat kegiatan tertentu. Ketika Anda bergerak menuju tujuan jalan, Anda bisa berbagi dengan teman-teman di Twitter dan Facebook, dan berinteraksi dengan orang lain yang juga menggunakan Striiv agar tetap memiliki tubuh ideal. Stiiv bahkan memiliki permainan built-in yang menantang Anda untuk melindungi binatang-binatang di sebuah pulau mempesona, namun untuk melindunginya Anda harus bergerak aktif. Game ini memberikan imbalan berdasarkan seberapa banyak langkah, lari, dan mengambil tangga daripada menggunakan lift.

 

5. Ponsel Cerdas Anda

 

[spoiler]

Ilustrasi (sumber : blogspot.com

[/spoiler]

 

Sebagian besar orang berpendapat bahwa kita tidak harus membutuhkan alat untuk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh. Dengan bantuan ponsel cerdas dan beberapa aplikasi yang ditempatkan dengan baik, Anda hanya perlu selipkan ponsel dalam saku sebelum berolahraga, dan biarkan aplikasinya melacak kecepatan, gerakan, dan kegiatan Anda. Aplikasi-aplikasi lainnya mengijinkan Anda untuk mencatat latihan dan membagikannya kepada teman-teman yang akan mendorong Anda untuk berlatih lebih keras mencapai tujuan, memberikan semangat, dan memberikan feedback langsung lewat alat tersebut atau di internet. (**)

 

Sumber: lifehacker.com, old.uniknya.com, Mei 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com