5 Pesona Cagar Alam dan Margasatwa di Thailand

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Thailand diidentikkan dengan gajah. Gajah putih merupakan suci dan simbol kekuasaan kerajaan di Thailand. Makin banyak gajah putih yang dimiliki raja, maka dipercaya akan semakin besarlah kekuasaannya dan semakin baik nasib kerajaannya. Karena tradisi-tradisi inilah Negeri Siam juga dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih di nusantara (Indonesia). Nah, maka jangan heran apabila Anda menemui banyak Gajah di Thailand. Atau, apabila Anda ingin menemui banyak gajah, yang sudah sulit ditemukan di Indonesia, pergilah ke Thailand. Tapi di sebelah mana? Jawabannya ada di bawah ini. Berikut old.uniknya.com mengantar Anda untuk menikmati keindahan alam di Thailand.

 

1.    Kamp Gajah Chiang Dao dan Kebun Anggrek di Mae Sa

 

[spoiler]

Kamp Gajah Chiang Dao dan Kebun Anggrek di Mae Sa (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Untuk petualangan sejati! Kira-kira 37 mil ke arah utara dari Chiang Mai, terletak di tepi sungai Ping, adalah Kamp Gajah Chiang Dao. Di sebuah latar yang masih alami, ada keajaiban binatang darat terbesar di dunia, memamerkan kekuatan dan keahlian, atas perintah dari para ‘sais gajah’ atau mahout.

Lalu Anda bisa melakukan perjalanan menyenangkan menggunakan gajah melewati hutan sekitar, pohon-pohon bambu dan hewan-hewan menjalar, menanjak ke sebuah desa suku Lisu yang jauh. Masyarakat suku Lisu berasal dari Tibet dan desa-desanya terletak di gunung-gunung yang berketinggian sekitar 3280 kaki. Setelah makan siang, Anda akan menikmati sebuah petualangan arung jeram yang menegangkan di sungai Ping tersebut.
Saat kembali ke Chiang Mai, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki ke Kebun Anggrek di Mae Sa. Tersedia waktu yang cukup untuk berjalan-jalan di sekeliling area permai dimana Anda bisa menemukan air terjun hutan yang mengasyikan.

 

2.    Tunggang Gajah dan Safari Pulau Koh Samui

 

[spoiler]

Tunggang Gajah dan Safari Pulau Koh Samui (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Temukan alam, kebudayaan dan gaya hidup pedesaan di Koh Samui dalam tur setengah hari. Tunggangi seekor gajah untuk melihat pemandangan hebat kecantikan pulau alam disana sebelum Anda melihat para gajah dan monyet memperagakan pekerjaan harian mereka ‘Lucu dan cerdas!’ Teruskan dengan gerobak sapi untuk berkeliling melewati desa pohon kelapa untuk benar-benar merasakan kehidupan pedesaan.

Ada juga sebuah peragaan memasak makanan Thailand, dan salah satu sumber daya terbesar pulau ini – penyadapan karet. Untuk pendinginan, Anda bisa mengakhiri tur dengan berjalan santai melewati hutan sampai air terjun.

 

3.    Marine Park dan Safari World di Bangkok

 

[spoiler]

Marine Park dan Safari World di Bangkok (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Ajak keluarga ke wisata terpandu seharian penuh di Safari World Bangkok, kebun binatang terbuka paling popular dan terbesar di Thailand. Dengan luas 200 hektar, Safari World terdiri dari dua atraksi utama – Safari Park dan Marine Park.

Jika Anda belum pernah ke Afrika maka, Safari Park adalah pengalaman safari paling pokok. Dengan menggunakan kendaraan Anda bisa melewati daratan-daratan yang dirancang seperti di Afrika, melihat ratusan binatang dari seluruh dunia.

Di Marine Park Anda bisa menjelajah hutan, melihat pameran macan putih, mengunjungi pulau petualangan atau menangkap salah satu pertunjukkan menarik termasuk pertunjukan ketangkasan, pertunjukan lumba-luma atau ski air oleh para profesional.

 

4. Phuket

 

[spoiler]

Phuket (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tunggangi satu ekor gajah untuk berpetualang melewati hutan Phuket selama satu jam. Ini adalah pengalaman seumur hidup yang tidak dapat terlupakan, jangan terlewatkan. Anda akan dijemput dari hotel Phuket dan mengalami petualangan istimewa yang menyenangkan untuk semua usia. Hanya kurang dari satu jam Anda dan empat ekor gajah gemuk akan menjelajahi hutan dan bebukitan di Phuket.

 

5. Pelatihan Gajah di Chiang Mai

 

[spoiler]

Pelatihan Gajah di Chiang Mai (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sebuah pagi yang menentramkan dihabiskan di tengah-tengah sekumpulan raksasa jantan yang mengagumkan dari Chiang Mai – Gajah. Sekarang, gajah-gajah Thailand hanya digunakan sebagai binatang yang kuat untuk memikul beban. Namun, dulu, mereka adalah bagian penting dari prajurit Raja dan memainkan peran sangat penting dalam sejarah Thailand.

Pada perjalanan ini Anda akan menyaksikan teknik-teknik tradisional yang masih digunakan selama proses pelatihan gajah. Bayangkan ketepatan dan situasi genting yang diantisipasi oleh makhluk-makhluk raksasa yang sedang beraksi.

Ketika pulang ke hotel, Anda akan terhenti di Air Terjung Mae Sa, begitu juga dengan kebun anggrek yang menampilkan bermacam-macam bunga mekar yang sangat Indah di Thailand. (**)

 

Sumber: lonelyplanet.com, old.uniknya.com, Mei 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com