5 PEMEGANG REKOR DUNIA LOMPATAN SKI TERJAUH

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Jumping ski adalah olahraga musim dingin di mana peserta bersaing satu dengan yang lainnya pada panjang dan gaya lompatan yang dilakukan di bukit melompat ski. Pada 2011 lompatan ski terpanjang atau terjauh sepanjang 246,5 meter, yang dipegang oleh Johan Remen Evensen. Kejuaraan dan rekor ini dicatat oleh Federation International Ski (FIS) sebagai badan yang menaungi olahraga ini. Berikut ini, old.uniknya.com munculkan 5 pemegang rekor dunia lompatan ski terjauh dari tahun ke tahun:

 

1. Johan Remen Evensen, 246.5m

Johan Remen Evensen adalah mantan pelompat ski Norwegia. Dia saat ini memegang rekor dunia untuk lompatan ski terpanjang (246,5 meter). Rekor tersebut dilakukannya pada tanggal 11 Februari 2011, pada babak kualifikasi ski terbang di Vikersund, Norwegia. Hari berikutnya ia memenangkan kejuaraan dunia pertamanya. Evensen mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga sesaat sebelum digelarnya FIS Kejuaraan Dunia Ski Terbang 2012.

 

[spoiler]

Johan Remen Evensen (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Bjørn Einar Romøren, 239m

 

[spoiler]

Bjørn Einar Romøren(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Bjørn Einar Romøren adalah pelompat ski asal norwegia. Dia memenangkan kejuaran dunia pertamanya di Bischofshofen, Austria pada kejuaraan Four Hills Tournament di bulan january 2003. Romøren juga memiliki tiga medali dalam hal tim di Kejuaraan Dunia Ski Terbang FIS dengan dua medali emas (2004, 2006) dan perunggu (2008). Dia memegang rekor dunia dari 2005-2011, dengan melompat 239 meter pada 20 Maret 2005 di Planica.

 

3. Matti Hautamäki, 235.5m

 

[spoiler]

Matti Hautamäki (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Matti Antero Hautamäki adalah pelompat ski asal Finlandia. Matti memulai debut pertamanya sebagai pelompat ski pada usia usia tujuh tahun dekat rumahnya kota Oulu. Matti memperoleh keberhasilan pertamanya dan memenangkan medali pada 1997 dan 1999 di ajang Piala Dunia Junior. Pada 2005 Matti menorehkan rekor dunia lompatan terjauh skinya 235,5m di Planica, Slovenia di bukit Letalnica Bratov Gorišek.

 

4. Tommy Ingebrigsten, 228.5m

 

[spoiler]

Tommy Ingebrigsten (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tommy “Tiger’n” Ingebrigsten adalah mantan pelompat ski asal Norwegia. Ia memenangkan kompetisi pertamanya di Dunia pada ajang FIS Nordic Ski Championships 1995 di Thunder Bay, Ontario pada usia 17 tahun. Ingebrigsten juga berkompetisi di dua Olimpiade Musim Dingin, mendapatkan perunggu di Turin pada 2006. Pada 2005 Tommy menorehkan rekor dunia lompatan terjauh skinya 228,5m di Planica, Slovenia di bukit Letalnica Bratov Gorišek.

 

 

5. Adam Maysz, 225m

 

[spoiler]

Adam Maysz (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Adam Maysz adalah peloncat-ski Polandia. Dia lahir dan tinggal di kota Wisła, sebelah selatan Polandia. Małysz telah memenangi 38 Kejuaraan Piala Dunia Loncat Ski(KPDLS). Małysz merupakan peloncat-ski pertama yang memenangi KPDLS secara berturut-turut. Dia juga peloncat-ski yang memiliki gelar individu terbanyak dalam sejarah KPDLS.(**)

 

Sumber: dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Mei 2012

 

One Response to 5 PEMEGANG REKOR DUNIA LOMPATAN SKI TERJAUH

  1. waahhh…. jauh banget ya…
    berarti terbang donk… :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com