5 Catatan Tidak Popular tentang Bulan

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Seberapa jauh kamu tahu tentang Bulan? Seperti halnya Bumi, Bulan adalah salah satu ciptaan Tuhan yang sering kita lihat namun jarang kita perhatikan secara seksama.

 

Bulan adalah satelit pertama kali yang dikunjungi dan diperhatikan oleh manusia sebelum planet lainnya. Banyak catatan di dunia untuk menyangkut Bulan. Mulai dari dongeng sampai penelitian ilmiah. Namun, di sini kami hanya akan membahas lima fakta tentang Bulan dilihat dari pandangan ilmiah. Berikut old.uniknya.com mengajak pembaca untuk mengenal Bulan lebih dekat.

 

1.    Kita akan Kembali ke Bulan

NASA telah diberi misi untuk mengembalikan manusia ke Bulan, dan memasang stasiun penelitian permanen di sana. Para astronot diharapkan dapat mendarat di permukaan Bulan pada tahun 2019.

 

[spoiler]

Kita akan Kembali ke Bulan (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2.    Hanya 12 orang yang pernah menginjakkan kaki di Bulan

Hanya sekelompok kecil astronot yang pernah menginjakkan kaki di permukaan Bulan. Mereka adalah para astronot yang bertugas menjalan misi Apollo dari tahun 1969 sampai tahun 1972. Orang pertama yang pernah berjalan di Bulan adalah Neil Armstrong. Dan orang kedua adalah Gene Cernan, yang mengikuti mitranya Jack Schmitt ke daratan bulan pada tanggal 14 Desember 1972.

 

[spoiler]

Hanya 12 orang yang pernah menginjakkan kaki di Bulan (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3.    Bulan Tampak Sama Besarnya dengan Matahari

 

[spoiler]

Bulan Tampak Sama Besarnya dengan Matahari (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Hal ini merupakan kebetulan yang mengagumkan. Dari mata kita di Bumi, namun Bulan dan Matahari kira-kira tampak memiliki ukuran yang sama di langit. Tentu saja, Matahari sangat-sangat lebih besar dari Bulan. Matahari 400 kali lebih besar dari Bulan, dan 400 kali lebih jauh dari Bumi. Milyaran tahun lalu, Bulan jauh lebih dekat dengan Bumi dibanding Matahari, dan tampak lebih besar di langit. Dan Bulan semakin menjauh dari kita, jadi pada masa yang akan datang, Bulan akan tampak jauh lebih kecil dari Matahari.

 

4.    Gravitasi Bulan hanya 17% dari Gravitasi Bumi

 

[spoiler]

Gravitasi Bulan hanya 17% dari Gravitasi Bumi (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Ingin cara mudah untuk mengurangi berat badan? Pergilah ke Bulan dan berdiri di sana. Karena daya tarik gravitasi di permukaan Bulan hanya 17% dari daya tarik gravitasi Bumi, kamu akan merasa lebih ringan. Bayangkan saja, jika berat kamu 100 kg di Bumi, kamu akan merasa hanya berat 17 kg di Bulan. Kamu mampu melompat 6 kali lebih jauh dan membawa barang 6 kali lebih ringan. Nyatanya, seolah-olah kamu punya sayap yang bisa membawa kamu terbang mengelilingi Bulan.

 

5.    Bulan Terbuat dari Bumi

 

[spoiler]

Bulan Terbuat dari Bumi (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Para ilmuwan kini berpikir bahwa Bulan dibentuk ketika obyek berukuran planet Mars menghantam planet kita sekitar 4,5 milyar tahun lalu. Tabrakan tersebut begitu hebat sehingga percikan materi raksasa tersembur ke ruang angkasa. Lingkaran hancuran tersebut menggabungkan dirinya menjadi sebuah bola. Bagaimana kita tahu bahwa ini adalah proses bagaimana Bulan kemungkinan terbentuk? Bulan tampak kurang padat dibanding Bumi dan kurang besi di dalam pusatnya. Para ilmuwan berpikir bahwa Bulan terbuat dari lapisan permukaan yang keras, yang kepadatannya lebih sedikit dibanding komposisi Bumi. (**)

 

Sumber: berbagai sumber, old.uniknya.com, Mei 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com