5 Film India Tersukses dalam Sejarah Bollywood

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bollywood adalah produsen film terbesar di India sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia. Film-film Bollywood secara resmi disebut sinema Hindi. Tak berbeda jauh dengan Hollywood, tradisi perfilm-an di Boolywood sudah sangat lama dikenal. Jauh sebelum perang dunia ke-2 dimulai. Dari beberapa film yang pernah dibuat oleh para cineas Bollywood, terdapat beberapa film yang menorehkan rekor tersukses sepanjang sejarah hingga kini.  Penasaran dengan film-film Bollywood yang dimaksud? Simak artikelnya berikut:

 

1. Kismet, Rekor 6 tahun

Kismet adalah sebuah film India 1943, yang ditulis dan disutradarai oleh Gyan Mukherjee dan diproduksi oleh Talkies Bombay selama periode perang dunia ke-2. Film ini salah satu film terbesar dalam sejarah bioskop di India. Bahkan di Kalkuta, sebuah teater memutar film ini selama tiga tahun, yang melambungkan nama  Ashok Kumar sebagai superstar. Pada dekade 1940-an, film ini menghasilkan banyak pundi uang, dengan penghasilan kotornya Rs.10 juta pada tahun 1943, setara dengan Rs.632 juta jika dikonversikan sekarang. Rekor ini dikalahkan pada tahun 1949 oleh Barsaat.

 

[spoiler]

Kismet (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Barsaat, Rekor 2 tahun

Barsaat adalah sebuah film drama asal Bollywood, India buatan tahun 1949 dan disutradarai oleh Raj Kapoor dengan naskah tulisan Ramanand Sagar. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang India: Nargis, Raj Kapoor, Prem Nath, K.N. Singh, Cuckoo, dan Nimmi.

 

[spoiler]

Barsaat (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Awaara, Rekor 1 tahun

Awaara adalah sebuah film drama asal Bollywood, India buatan tahun 1951 dan disutradarai oleh Raj Kapoordengan naskah tulisan Khwaja Ahmad Abbas dan V.P. Sathe. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang India:Prithviraj Kapoor, Nargis, Raj Kapoor, Leela Chitnis, K.N. Singh, dan Shashi Kapoor. Pada April 1953, film ini dinominasikan untuk Penghargaan “Palem Emas” pada Festival Film Cannes 1953, dan mendapatkan kritik yang beragam.

 

[spoiler]

Awaara (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Aan, Rekor 3 tahun

Aan juga dikenal sebagai The Princess Savage di Amerika Serikat, adalah film musikal India produksi 1952 yang menggunakan teknikolor diproduksi dan diarahkan oleh Khan Mehboob, yang juga merupakan film berwarna pertama di India. Film ini dibintangi Dilip Kumar, Premnath, Nimmi dan Nadira yang menggantikan aktris Nargis. Aan menjadi film tersukses tahun 1952 dengan penghasilan kotor mencapai lebih Rs.15 juta. Rekor ini diambil alih 3 tahun kemudian oleh film Shree 420 pada tahun 1955.

 

[spoiler]

Aan (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Shree 420, Rekor 2 tahun

Shree 420 atau Shri 420 adalah sebuah film drama dan musikal asal Bollywood, India buatan tahun 1955dan disutradarai oleh Raj Kapoor dengan naskah tulisan Khwaja Ahmad Abbas dan V.P. Sathe. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang India: Raj Kapoor, Nargis, dan Nadira.

 

[spoiler]

Shree 420 (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Film ini adalah sebuah kolaborasi antara sutradara/produser Kapoor dan penulis Khwaja Ahmad Abbas, dengan musik terdiri oleh tim Shankar Jaikishan. Lagu “Mera Joota Hai Japani” (‘Sepatu saya adalah dibuat di Jepang’), menjadi sangat populer dan simbol patriotik dari India yang baru merdeka.(**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, April 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com