5 Film Animasi dengan Penghasilan Tertinggi (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Sedari dulu Hollywood dikenal sebagai pusat industri per-film-an dunia, yang menghasilkan film-film terbaik. Sebagai sebuah industri, Hollywood menjadi lahan mega bisnis yang menjanjikan, bagi siapapun yang terlibat didalamnya. Dari beberapa film animasi yang pernah dibuat oleh para cineas Hollywood, terdapat beberapa film dengan penghasilan kotor tertinggi di dunia. Penasaran dengan film-film animasi yang dimaksud? Simak artikelnya berikut:

 

1. Shrek 2

Shrek 2 merupakan sekuel dari film animasi CGI yang dirilis pada tahun 2004. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 19 Mei 2004, dan pada bulan April2004 film ini masuk dalam nominasi Festival Film Cannes. Film ini menjadi film pertama produksi DreamWorks yang tidak menggunakan logo yang normal (biasanya digunakan sebelum film dimulai) dan yang pertama kalinya menggunakan logo DreamWorks Animation SKG.

 

[spoiler]

Shrek 2 (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Dengan keuntungan $919,838,758 di seluruh dunia, Shrek 2 menjadi film animasi dengan keuntungan tertinggi diseluruh dunia untuk enam tahun sampai tahun 2010, dimana Toy Story 3 meruntuhkan rekornya dengan pendapatan $1,000,519,000.

 

2. Finding Nemo 

Finding Nemo adalah sebuah film animasi grafik komputer buatan Amerika Serikat yang meraih penghargaan Academy Award. Dirilis pada 30 Mei 2003 di Kanada dan Amerika Serikat. Pemain utamanya ialah Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould, Willem Dafoe, dan masih banyak lagi. Sutradaranya ialah Andrew Stanton. Finding Nemo  adalah Animasi tersukses kedua dari Pixar, dengan jumlah keuntungan dunia 866.592.978 dolar Amerika Serikat, dibelakang Toy Story 3 yang berhasil mendapatkan pendapatan $1,000,519,000 Dollar Amerika Serikat.

 

[spoiler]

Finding Nemo (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Ice Age: Dawn of the Dinosaurs 

Ice Age: Dawn of the Dinosaurs adalah sebuah film animasi CGI yag dibuat oleh Blue Sky Studios dan dirilis oleh 20th Century Fox pada tahun 2009. Film ini merupakan sekuel dari film Ice Age dan Ice Age: The Meltdown produksi tahun 2002 dan 2006. Film ini disutradarai oleh Carlos Saldanha. Ray Romano, Queen Latifah, Seann William Scott, Josh Peck, Simon Pegg, dan Chris Wedge berperan dalam pengisian suara di film ini.

 

[spoiler]

Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sampai saat ini film ini sudah mengantongi keuntungan sebanyak 875 Juta Dollar, menempatkannya pada posisi ke 16 daftar film dengan keuntungan terbesar sepanjang masa, peringkat kedua film terlaris tahun 2009 (setelah Harry Potter and the Half-Blood Prince, dan juga berhasil menjadi film animasi kedua yang keuntungannya paling besar (setelah Shrek 2 serta berhasil menggulingkan posisiFinding Nemo yang sebelumnya menduduki posisi kedua, dengan keuntungan 864 Juta Dollar AS.

 

4. Shrek the Third 

Shrek the Third merupakan sebuah film Amerika Serikat tahun 2007 yang merupakan sekuel dari Shrek 2 pada tahun 2004. Pemain utamanya di film ini ialah Eddie Murphy, Mike Myers, Cameron Diaz, Antonio Banderas, dan masih banyak lagi. Sutradaranya ialah Chris Miller.

 

[spoiler]

Shrek the Third (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. The Lion King

The Lion King adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney Feature Animation yang dirilis ke bioskop oleh Buena Vista Picturespada Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distributions pada 15 Juni 1994 dan dirilis untuk publik pada 24 Juni 1994. Film ini merupakan film ke-32 dari rangkaian film animasi klasik Walt Disney. Versi baru yang telah diperbagus secara digital dan dibuat dalam format IMAX dirilis pada 25 Desember 2002. Film ini juga merupakan film musikal dengan lagu garapan Elton John dan Tim Rice serta musik dari Hans Zimmer.

 

[spoiler]

The Lion King (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Film ini juga menjadi salah satu film animasi yang paling sukses. Di Amerika Serikat, film ini menambah pemasukan Disney sebesar USD 328.541.776 dan USD 783.841.776 di seluruh dunia padahal, para animator sebelumnya lebih berkonsentrasi pada Pocahontas karena mereka mengira bahwa film itulah yang akan lebih populer sampai saat mereka melepas teaser dan The Lion King mendapat sambutan yang lebih baik. The Lion King telah diadaptasikan menjadi sandiwara musikal Broadway yang sukses sejak tahun 1997.(**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, April 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com