5 Catatan Di Balik Liarnya Janis Joplin

Oleh:Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Seandainya Janis joplin masih hidup, 69 tahun usianya sekarang. Bagi para pecinta musik blues, rock dan soul, Janis Joplin bukanlah nama yang asing ditelinga mereka. Bahkan beberapa kritikus mengatakan bahwa ia adalah “Queen of Rock and Roll,” seorang perempuan hebat dalam balutan bakat bernyanyi yang diimbangi dengan penampilannya yang berontak. Berikut adalah 5 hal dibalik keliaran seorang ratu rock and roll:

 

1. Seorang Ratu yang Menghormati Kaisarnya

 

[spoiler]

Tucker Ranson, Getty Images (sumber:blogspot.com)

 [/spoiler]

 

Salah satu penyanyi yang paling memengaruhinya adalah Bessie Smith, seorang penyanyi blues legendaris yang dinobatkan sebagai “Kaisar Perempuan Musik Blues.” Bessie Smith meninggal pada 1937 akibat kecelakaan lalu lintas, dan sangat disayangkan ia dimakamkan tanpa sebuah nisan, hingga pada Agustus 1970 barulah mendapat pemakaman yang layak sebagai seorang legenda. Dan itu adalah sebuah penghormatan yang dilakukan oleh Janis Joplin bersama Juanita Green (pembantu rumah tangga Bessie Smith), merekalah yang membuatkan nisan untuk sang kaisar.

 

2. Rekaman Terakhirnya, Lagu Ulang Tahun untuk John Lennon

 

[spoiler]

legacyrecordings.com(sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Lagu terakhir yang direkam oleh Janis adalah, ‘Mercedez Benz’dan sebuah nyanyian ulang tahun untuk John Lennon. Pada 1 Oktober 1970, Janis Joplin merekam lagu country milik Dale Evan, ‘Happy Trails,’ dan dipersembahkan kepada salah seorang mantan personal the Beatles, John Lennon. Dan yang membuat lagu ini menggetarkan adalah sebaris lirik, “Happy trails to you, ’till we meet again.” Lagu tersebut kemudian diberi judul ‘Happy Birthday, John (Happy Trails),’ dan dikemas ke dalam album Janis Joplin box set pada 1993. Dalam sebuah kesempatan, di acara talk show yang dipandu oleh Dick Cavett, John mengatakan bahwa lagu tersebut dikirim kepadanya setelah Janis meninggal.

 

[spoiler]

 [/spoiler]

 

3. Abu Jenazahnya Ditaburkan di Lautan Lepas

 

[spoiler]

Legacy Recordings (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Jenazah Janis dikremasikan di Pierce Brothers Westwood Village Mortuary di Los Angeles, Calif. Abu jenazahnya kemudian ditaburkan dari sebuah pesawat di atas Lautan Pasifik dan sepanjang Stinson Beach. Dalam upacara pemakaman yang tertutup itu dihadiri oleh orang tua dan kerabatnya.

 

4. Ia Memiliki Tattoo

 

[spoiler]

Legacy Recordings (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pada April 1970, Janis Joplin menghiasi kulit tubuhnya tattoo, dan pertama yang merajahnya adalah seorang seniman legendaris Lyle Tuttle. Ia menggambarkan tattoo yang popular di pergelangan tangan Janis, dan dilakukan di studio tattoonya di 7th San Fransisco. Sebuah simbol perjuangan dan kebebasan kaum perempuan. Janis pun memiliki tattoo berbentuk hati di bagian kiri dadanya.

 

5. Perempuan yang Tidak Bahagia

 

[spoiler]

Legacy Recordings (sumber:blogspot.com)

 [/spoiler]

 

Janis Joplin adalah seorang perempuan muda yang kesepian di antara puluhan teman yang berada di dekatnya. Ia senantiasa mencintai seorang pria, dan memiliki beberapa pacar yang ia sebut dengan teman dekat, namun ia tetap merasakan kesepian. Pada sebuah kesempatan ia mengatakan.

Onstage, I make love to 25,000 people – then I go home alone.”

 

Tambahan:

Mencampakkan Jim Morrison

 

[spoiler]

Mencampakkan Jim Morrison (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Jim Morrison, seorang vokalis band legendaris Amerika, The Doors, pernah merasakan sebuah ketertarikan terhadap sosok Janis Joplin. Saat itu Jim berada dalam keadaan mabuk, Morrison yang memang selalu tertarik terhadap sosok perempuan cerdas dan pemberontak, meminta Paul Rothchild untuk memberinya nomer telefon Janis Joplin. Dan dikabarkan bahwa Janis tidak memiliki keinginan untuk berhubungan apapun dengan Jim. (**)

 

Sumber: ultimateclassicrock.com, old.uniknya.com, April 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com