5 Hobi yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Jantung merupakan organ vital yang ada dalam tubuh manusia. Meski hanya seonggok daging namun keberadaan dan fungsi  jantung sangat menentukan kelangsungan hidup manusia. Sedikit saja peran atau kerja jantung terganggu, dampaknya akan sangat terasa bagi tubuh manusia. Entah itu dalam melakukan aktifitas sehari-hari, ketahanan tubuh ataupun pengaruh pada usia hidup manusia.

Menurut survei  berbagai lembaga penelitian atau lembaga kesehatan, kematian akibat penyakit  jantung menduduki peringkat teratas di dunia. Banyak hal yang menyebabkan manusia terserang penyakit jantung, seperti pola hidup tidak sehat, makanan serta bawaan sejak lahir. Untuk pola hidup tak sehat di antaranya karena kebiasaan merokok, minuman beralkohol serta jarang berolahraga.

Hampir seluruh manusia menyadari jika jantung merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Namun, mereka juga kerap tak sadar jika apa yang dilakukan atau yang menjadi kebiasaanya menggangu kesehatan jantung.

 

1.  Olahraga Yoga

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, melakukan yoga secara rutin selama beberapa pekan terbukti memberikan manfaat bagi pasien pengidap penyakit jantung. Yoga juga telah terbukti dapat memangkas kolesterol serta menurunkan darah tinggi. Hal penting bagi penderita penyakit jantung , yoga dapat membuat irama detak jantung menjadi teratur, otot jantung menjadi kuat, serta rileksasi.

Para peneliti di Sekolah Tinggi Kedokteran Universitas Emory di Atlanta menilai, efektivitas dari latihan yoga selama enam pekan yang dilakukan oleh 19 penderita jantung adalah mengurangi tanda-tanda inflamasi yang berkaitan dengan gagal jantung. Selain itu, yoga juga bisa meningkatkan toleransi terhadap fisik dan kualitas hidup.

Dokter Nieca Goldberg seorang peneliti yang menganjurkan latihan yoga serta senam Tai Chi bagi para penderita jantung mengatakan, yoga adalah jenis aerobik sehingga  tidak mengejutkan jika memberikan dampak positif bagi para penderita jantung. Banyak orang yang memiliki keyakinan jika yoga memberikan manfaat bagi pemulihan jantung yanag tidak sehat.

 

[spoiler]

Olahraga Yoga (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

2. Menari Sehatkan Jantung

Seperti halnya olahraga aerobik atau senam yoga, menari jujga ternyata bisa menyehatkan jantung. Bagi penari bukan profesional, menggoyangkan tubuh membuat detak jantung jadi lebih baik dan meningkatkan kesehatan fisik juga bentuk otot. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penari profesional mampu membakar 260 kalori dalam satu jam atau jumlah yang sama didapat dengan jalan cepat. Hal penting lain yang bisa diperoleh dari menari adalah menghilangkan stress.

Ada dua tarian kardio yang sangat baik bagi detak jantung yaitu Salsa dan Capoeira. Kardio Salsa adalah latihan berdampak rendah namun memiliki intensitas tinggi dengan menggabungkan koreografi musik latin yang tepat, cepat seperti Merengue, Mambo, Cha Cha, samba dengan langkah-langkah tarian aerobik tradisional, gerakan menangkap berulang-ulang serta mengangkat kedua lengan. Sebagian besar gerakan pada tarian Salsa berpusat pada otot, bokong dan bagian tengah tubuh.

Sementara itu tarian Capoeira adalah salah satu seni bela diri dalam bentuk tarian yang digunakan para budak brasil jaman dulu untuk mengelabui para pengawas mereka. Kini olahraga berkeringat yang sangat mena ntang ini melibatkan pertarungan berat saling serang dan bertahan yang dapat dilakukan sendiri atau dengan teman.

 

[spoiler]

Menari Sehatkan Jantung (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

 

 

[/spoiler]

 

3. Bersepeda

Saat ini bersepepeda menjadi olahraga yang paling populer dan bahkan sudah menjadi gaya hidup. Berbagai perkumpulan bersepeda bermunculan di sejumlah daerah. Bukan hanya untuk kegiatan olahraga, bersepeda sebagai sarana transportasipun mulai marak digunakan di kota-kota besar yang punya masalah dengan kemacetan parah seperti di jakarta. Tengok saja perkumpulan Bike To Work  yang terbentuk dari kesamaan hobi dan visi dalam menggunakan sepeda sebagai sarana tgransportasi dalam mengatasi masalah kemacetan.

Banyak manfaat bagi tubuh dari kegiatan bersepeda. Utamanya untuk kesehatan jantung. Dengan bersepeda, irama pompa jantung jadi lebih teratur dan ototnya pun jadi lebih kuat. Menurut British Medical Assosiation, dengan bersepeda sejauh 35 kilometer dalam satu minggu dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga 50 persen.

Bukan hanya itu, berdasarkan survei yang diambil dari 10.000 pegawai negeri sipil, mereka yang menggunakan sepeda ke kantor lebih kecil menderita penyakit jantung dibanding mereka yang menggunakan kendaraan bermotor. Jadi, bagi mereka yang hidup di kota besar dengan tingkat kesibukan tinggi namun dihadapkan pada masalah kemacetan, bersepeda bisa menjadi pilihan utama kendaraan untuk pulang pergi kantor.

 

[spoiler]

Bersepeda (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

 

 

[/spoiler]

 

4. Melukis Atau Melakukan Hal Berbau Seni

Menyukai seni ternyata bagus untuk kesehatan seseorang. Berdasarkan penelitian tahun 2011, orang yang menyukai seni lebih menikmati hidup. Hasil penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan 12 tahunan, Cardiovascular Nursing memaparkan bahwa penderita jantung dan stroke yang menyukai seni seperti melukis, musik dan teater, memiliki kemungkinan untuk sembuh lebih cepat dibandingkan mereka yang tak suka seni.

Alasan melukis atau kegiatan seni lainnya bagus untuk kesehatan karena memang bisa menghilanghkan stress. Jika penderita penyakit jantung bisa mengatasi perasaan stressnya, tentu peluang untuk terserang penyakit jantung jadi  lebih kecil. Berbeda jika penderita jantung mengalami stress tinggi, tentu akan berpengaruh pada detak dan pompa jantungnya.

Hasil penelitian dari University Tor Vergata School di Roma menjelaskan pentingnya paparan seni untuk meningkatkan proses pemilihan penyakit. Orang yang sembuh dari penyakit menganggap seni tak terpisahkan dari hidupnya. Mereka memperlihatkan pemulihan yang lebih baik daripada orang yang tak tertarik pada seni.

 

[spoiler]

Melukis Atau Melakukan Hal Berbau Seni (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5. Travelling

Kegiatan travelling atau liburan, bukan hanya sekedar kegiatan untuk bersenang-senang. Sebuah liburan akan memberikan banyak manfaat bagi mereka yang melakukannya. Manfaat penting dari kegiatan liburan adalah tubuh dan pikiran terasa lebih fresh. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan National Heart Lung And Blood Institute di Bethesda Maryland menyatakan, mereka atau wanita yang bepergian ke luar kota dua kali dalam satu tahun, bisa terhindar dari penyakit jantung delapan kali dibanding yang tidak.

Studi lain yang diterbitkan oleh jurnal Psyuchosomatic, wanita yang sering berekreasi memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks massa tubuh yang rendah. Tidak hanya itu, orang yang sering bepergian memiliki kualitas tidur yang lebih baik dari yang tidak. Liburan juga bisa membuat performa kerja di kantor menjadi lebih baik lagi. Dengan tingkat stress yang rendah dan kegembiraan yang tinggi, maka seseorang akan terhindar dari penyakit dan lebih siap bekerja.

 

[spoiler]

Travelling (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Berbagai sumber, Uniknya.com, April 2012

 

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 9.45-10.45 WIB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com