5 Evolusi Merk Logo Terkenal (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, lembaga/ Organisasi dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Dari sekian banyak logo yang dipakai beberapa produk/perusahaan terkenal, beberapa diantaranya menarik dicermati dalam fase kebijakan perubahan logo yang mereka gunakan. Berikut 5 Evolusi merk logo terkenal:

 

1. Apple, Inc.

Apple, Inc. adalah sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknyaApple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac,Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone. Beberapa perangkat lunak ciptaanya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro, penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online.

 

[spoiler]

Apple, Inc. (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Royal Dutch Shell plc 

Royal Dutch Shell plc adalah sebuah perusahaan energi utama, salah satu peringkat 4 atas perusahaan swasta minyak dan gas di dunia. Markas besar perusahaan ini berada di Den Haag, Belanda dengan markas besar legal di London, Britania Raya.

 

[spoiler]

Royal Dutch Shell plc (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Shell adalah kelompok global energi dan perusahaan petrokimia dengan pendekataninovatif mereka mereka memastikan konsumen mereka bahwa mereka selalu siap untuk membantu mengatasi tantangan energi baru masa depan .
Misi dari Shell dapat langsung dilihat dalam cara mereka  memposisikan brand mereka, mereka percaya telah beradaptasi dengan zaman. Warna dan garis yang disesuaikan dengan perubahan waktu untuk menjaga gambar yang mencerminkan setiap jamannya.

 

3. Xerox 

Xerox adalah perusahaan fotokopi pertama yang didirikan di dunia. Kantor pusat perusahaan ini berada di Amerika Serikat. Slogan perusahaan ini adalahThe Document Company. Perusahaan Xerox dulu dikenal sebagai Perusahaan haloid hampir 100 tahun yang lalu. Xerox mengubah logo pada tahun 2008 untuk mencitrakan image perusahaan yang lebih baik.

 

[spoiler]

Xerox (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. IBM

International Business Machines Corporation (IBM) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada 15 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat.

 

[spoiler]

IBM (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Ketika datang ke IBM merek ikon mereka telah melalui tahap evolusi dalam beberapa tahap. Dari penggunaan font yang rumit hingga mengubah logo mereka ke font sederhana untuk mencerminkan gerakan mereka. Sekarang dengan huruf yang solid dengan garis-garis horizontal yang menunjukkan ”kecepatan dan dinamisme.”

 

5. Nokia

Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam untuk seluruh pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, and W-CDMA (UMTS).(**)

 

[spoiler]

Nokia (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: dari berbagai sumber, old.uniknya.com, April 2012

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com