5 Nama Tempat Terpendek di Dunia

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Pernahkah kamu dengar nama sungai “D” atau nama desa “Å”? Ada beberapa istilah geografis di dunia, yang namanya hanya terdiri dari satu kata. Tiap namanya memiliki makna istimewa tersendiri. Berikut old.uniknya.com merangkum beberapa tempat dengan nama terpendek di dunia.

 

 1.      Desa Å, Norwegia

 

[spoiler]

Desa Å, Norwegia (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Å adalah sebuah desa di kotamadya Moskenes, Lofoten, Norwegia. Desa ini asalnya adalah desa pemancingan, yang khusus menyediakan ikan asin, namun sekarang telah menjadi tujuan wisata. Desa ini memiliki Museum Ikan Asin di Lofoten dan Musem Desa Perikanan di Norwegia.

Tempat ini kadang-kadang disebut Å i Lofoten (“i” berarti “dalam”) untuk membedakannya dengan tempat lain yang bernama Å (tujuh desa di Norwegia memiliki nama Å). Dalam bahasa Skandinavia, “Å” berarti “sungai”.

 

2.      Sungai D, Amerika Serikat

 

[spoiler]

Sungai D, Amerika Serikat (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sungai D terletak di Kota Lincoln, Oregon, Amerika Serikat. Sungai yang dulunya tak bernama ini, yang dikenal sebagai sungai terpendek di dunia” terdaftar dalam Guinness World Records sebagai sungai terpendek dunia dengan panjang 440 kaki (130 meter). Gelar ini hilang pada tahun 1989 ketika Guinness menamai Sungai Roe River di Montana sebagai sungai terpendek dunia.

Sungai ini mengalir dari Danau Devils, di bawah U.S. Route 101, dan berasal dari Samudera Pasifik. Sungai ini telah memiliki banyak sebutan, termasuk hanya “outlet (aliran)” dan mendapatkan nama pendek pada sebuah kontes.

 

3.      Bukit Ø, Denmark

 

[spoiler]

Bukit Ø, Denmark (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Ø adalah bagian daratan lembah Nørreå di bagian timur Jutland, Denmark. Namanya berarti pulau (ø dalam bahasa Denmark) dan kemungkinan karena mirip dengan pulau, meskipun daerah ini semuanya tertutup oleh daratan dan dikelilingi oleh padang rumput Ø terkenal di antara para ahli kamus atas keringkasan namanya yang ekstrim: huruf tunggal Ø.

 

4.      Sungai E, Inggris

 

[spoiler]

Sungai E, Inggris (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sungai E adalah sebuah sungai di Dataran Tinggi Skotlandia. Sungai ini dimulai dari barat laut Monadh Liath, sampai ke tenggara Loch Ness. Sungai ini mengalir ke arah barat laut dengan panjang kira-kira 10 km (6 mil), sebelum mengalir menuju Loch Mhòr. Sungai E merupakan nama sungai terpendek di Skotlandia dan sekitarnya.

 

5.      Desa Å, Swedia

 

[spoiler]

Desa Å, Swedia (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Å (ucap: “Aw”) adalah sebuah desa kecil dan sebuah paroki di Kotamadya Norrköping, Propinsi Östergötland, Swedia. Desa ini memiliki sekitar 200 penduduk. Ada juga setidaknya 12 tempat lain di Swedia yang disebut Å, hampir semuanya hanya memiliki satu perkebunan atau beberapa rumah. Å, yang berarti arus atau sungai kecil, adalah penyaing gelar nama tempat terpendek di dunia – meskipun tempat lain yang bernama Å begitu juga Ö dan Y bisa membuat klaim yang sama. Akibatnya, banyak turis telah berkunjung ke desa ini untuk satu tujuan yaitu mengambil foto pelang nama tempat ini.

 

Tambahan:

Sungai Y, Perancis

 

[spoiler]

Sungai Y, Perancis (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Y (ucap: “i”) adalah sebuah desa di bagian Somme, Picardie, Perancis Utara. Desa ini memiliki nama tempat terpendek di Perancis, dan salah satu nama tempat terpendek di dunia. Penduduk di sana menyebut dirinya Ypsilonien(ne). Y terletak 32 mil (50 km) sebelah timur dari Amiens, di persimpangan jalan D15 dan D615, di sebelah sisi timur Somme. (**)

Sumber: berbagai sumber, old.uniknya.com, April 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com