5 Wisata Alam Unik dan Menakjubkan di Dunia

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Bagi yang suka dengan travelling atau kegiatan wisata murah, tayangan berikut ini mungkin menarik untuk diikuti. Planet biru atau bumi yang manusia diami ini memiliki ribuan tempat-tempat indah yang pantas untuk dijadikan tujuan wisata. Selain menyajikan pemandangan indah yang menakjubkan, ada sebagian dari tempat-tempat wisata alam tersebut yang masih menyimpan misteri.

Tak sedikit di antara wisatawan yang lebih tertarik dengan sisi misteri dari sebuah tempat wisata, selain hamparan pemandangannya yang eksotis. Mereka yang suka tantangan biasanya tertarik untuk mendalami sisi misteri dari sebuah tempat wisata. Apalagi, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, tempat wisata tersebut memiliki aura magis yang besar. Memang perlu keberanian untuk melakukan kegiatan wisata sambil menyibak misteri dari tempat yang akan didatangi.

Selain tempat-tempat wisata yang lazim dikunjungi masyarakat umum, di dunia ini masih banyak tempat-tempat unik yang menarik jika dijadikan tempat wisata alam. Berikut tayangan spotlite tentang sejumlah tempat wisata unik dan menakjubkan namun masih sedikit orang yang tertarik untuk mendatanginya.

 

1.   Uluru Australia

Uluru dikenal  juga sebagai  Ayers Rock yang artinya sebuah formasi batu berukuran besar di Taman Nasional Uluru Kata Tjuta, sekitar 350 kilometer dari barat daya kota Alice Springs, Notherhn Territory Australia. Uluru adalah benda keramat bagi masyarakat Aborigin. Tempat ini juga memiliki banyak mata air, gua serta lukisan primitif. Nama Uluru digunakan oleh orang Aborigin namun tidak memiliki makna khusus dalam bahasa setempat.

Pada oktober 1872, seorang penjelajah bernama Ernest Giles menjadi orang asing pertama yang melihat batuan ini. Namun ia tidak bisa mendekati karena dihalangi danau amadeus dan hanya menyebut the remarkable pebble. Pada juli 1873, surveyor bernama william gosse mengunjungi batu ini dan menamainya Ayers Rock untuk menghotmati Chief Secretary Australia Selatan, Sir Henry Ayers. Pada tahun 1993 diputuskan untuk mengadopsi dua nama sehingga pada 15 desember namanya menjadi Ayers Rock dan Uluru. Pada 6 november 2002 atas permintaan Asosiasi Tourisme Regionalk Alice Springs, namanya dibalik menjadi Uluru dan Ayers Rock.

Uluru merupakan salah satu dari ikon Australia yang paling terekenal. Uluru adalah Inselberg Literally pulau gunung yang terpencil sisa erosi dari pegunungan asli. Uluru sering disebut juga sebagai monolit meski istilah tersebut dimaknai beberapa arti. Fitur luar biasa dari Uluru adalah serbasamanya di permukaan yang mengarah ke pembangunan scree  lereng.

 

[spoiler]

Uluru Australia (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

2. Killer Lake, Danau Pembunuh Kamerun

Danau ini sebenarnya memiliki pemandangan yang sangat indah. Namun atas peristiwa yang terjadi pada tahun 1986, sebagian orang enggan datang ke tempat ini. Bahkan atas peristiwa tersebut orang menyebut tempat ini sebagai danau pembunuh atau Killer Lake. Saat itu atau pada tahun 1986, ledakan besar Co2 dari Danau Nyos di Kamerun Barat menewaskan 1700 orang serta ribuan ternak. Radius dari jangkauan racun dari ledakan Co2 ini mencapai 25 kilometer.

Co2 larut merembes dari mata air di bawah danau dan terjebak di perairan dalam dengan tekanan hidrostatik tinggi. Jika tingkat kejenuhan Co2 tercapai, gelembung muncul dan menarik campuran kaya gas serta air. Sebuah proses longsor  secara keseluruhan diklaim sebagai pemicu peristiwa yang terjadi pada tahun 1986 tersebut. Sejak tahun 1990, tim Perancis telah melakukan serangkaian tes dalam upaya untuk melepaskan gas perlahan melalui pipa vertikal.

Danau Nyos atau danau pembunuh adalah sebuah kawah di daerah barat laut dari Kamerun yang terletak 322 kilometer barat Laut Yaounde. Nyos adalah danau tinggi di sisi aktif dari sebuah gunung berapi di Daratan Vulkanik Oku, sepanjang garis Kamerun dari aktivitas gunung berapi. Sebuah bendungan vulkanik berisi air danau.

 

[spoiler]

Killer Lake, Danau Pembunuh Kamerun (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

3.   Farafra White Desert Mesir

Farafra adalah gurun kedua terbesar yang terletak di barat Mesir. Pada tahun 2002, Farafra memiliki penduduk sekitar 5.000 jiwa dan sebagian besar merupakan dari Suku Baduy lokal. Bagian  dari daerah ini memiliki arsitektur tradisional, sederhana, halus, tanpa hiasan dan semua dalam  warna lumpur. Itu semua menjadi kebanggaan masyarakat lokal dan dijamin dalam upaya mengamankan budaya lokal. Daerah ini juga memiliki sumber air panas di Bir Sitta dan Danau El Mufid.

Sebuah atraksi alam yang menganggumkan di daerah ini adalah gurun putih atau yang dikenal dengan sebutan Sahara El Beyda. Gurun putih ini terletak 45 kilometer utara kota Farafra. Gurun ini memiliki warna krim, putih dan memiliki hiasan batu kapur besar. Formasi ini dibuat sebagai hasil dari badai pasir di daerah tersebut. Gurun Farafra adalah tempat khas yang dkunjungi oleh beberapa sekolah di Mesir sebagi lokasi untuk berkem ah.

Melihat pemandangan di Gurun Farafra memang sangat menakjubkan. Gurun kapur ini dulunya berada di bawah laut. Angka-angka yang terletak dalam gurun hitam dan crystal mountanin itu sangat populer di kalangan wisatawan. Namun kedatangan para pengunjung justru menjadi ancaman kerusakan di tempat tersebut. Pemerintah setempat akhirnya menjadikan kawasan yang dilindungi dan cadangan bagi aset nasional.

 

[spoiler]

Farafra White Desert Mesir (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4.   Stonehenge Inggris

Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibuat pada zaman perunggu dan neolitikum. Tempat menakjubkan ini berdekatan dengan Amesbury  di Wiltshire Inggris, sekitar 13 kilometer barat Laut Salisbury. Sotehenge mencakup bangunan tambak tanah yang mengelilingi batu besar berdiri tegak dalam bulatan yang dikenal sebagai megalitikum. Ada perbedaan pendapat soal usia sebenarnya lingkaran batu ini, namun kebanyakan arkeologi memperkirakan sebagian bangunan ini dibuat antara 2500 sebelum masehi dan 2000 sebelum masehi. Pada tahun 1986, bangunan ini masuk sebagai warisan dunia UNESCO.

Pada awal abad-20, kebanyakan dari batu ini tidak lagi tegak berdiri. Hal ini kemungkinan disebabkan banyaknya wisatawan yang naik ke atas Stonehenge. Nama Stonehenge diberikan kepada tugu peringatan yang dikenal sebagai henge yang terdiri dari kurungan atau lingkaran tambak dengan parit di dalam. Meski usianya mencapai jaman neolithikum namun Stonehenge ini mungkin memiliki keterkaitan dengan batuan lain yang terdapat di British Isle seperti cincin  Brodgar.

Stongehenge, selain menjadi obyek wisata yang spektakuler juga termasuk ke dalam salah satu tempat wisata yang misterius. Utamanya, cara atau teknik yang dipakai dalam membuat kompleks bangunan bebatuan ini. Hingga saat ini belum ada yang bisa menyibak tabir bagaimana manusia saat ini membuat bangunan spektakuler ini.

 

[spoiler]

Stonehenge Inggris (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5.   Eye of Africa

Eye of Africa atau yang dikenal dengan sebutan Richat Structure adalah fitur lingkaran menonjol di gurun sahara barat atau pusat mauritania dekat Ouadane. Struktur ini sangat terkikis, sedikit elips dengan diameter kubah 40 kilometer. Batuan sedimen terkena dalam rentang kubah usia akhir Dam Proterozoikum dalam pusat kubah untuk ordovisium batu pasir sekitar ujungnya.

Fitur hidrotermal spektakuler adalah bagian dari struktur richat.  Megabreccia mengandung silika setidaknya 40 meter di pusat. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat spektakuler namun hanya bisa dilihat melalui Google Earth. Dari hasil tampilan pencarian di Google Earth, tempat ini mirip dengan bentuk mata manusia. Tak heran jika tempat ini disebut mata dari Afrika atau mata dunia.

 

[spoiler]

Eye of Africa (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Sumber: Berbagai sumber, old.uniknya.com, April 2012

 

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 9.45-10.45 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com