5 Mata Unik Di Dunia

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Mata merupakan salah satu organ manusia yang berfungsi untuk mendeteksi cahaya. Atau yang paling sederhana dari fungsi mata yakni untuk mengetahui terang dan gelap dalam lingkungan kita. Atau untuk yang lebih kompleks, mata digunakan untuk memberikan sinyal visual.

Mata manusia memiliki 40 unsur utama yang memiliki tugas berbeda. Seluruh unsur ini memiliki fungsi sama penting dan saling keterkaitan satu sama lain. Cara kerja mata berjalan secara otomatis dan sempurna, sehingga jika salah satu unsur penting tidak berfungsi dengan baik maka mata kita akan bermasalah, seperti tidak bisa melihat atau kebutaan, tidak bisa bisa menyeleksi warna dengan baik, atau gangguan mata lainnya.

Atau jika salah satu dari unsur mata sudah tidak sehat, maka penyakit seperti miopi, hipermetropi, presbiobi, katarak dan beberapa penyakit lainnya bisa menyerang mata kita. Atau untuk masalah paling ringan akibat cuaca seperti iritasi yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi selain berbagai penyakit mata yang sudah terdeksi secara medis, ternyata ada kelainan dari mata kita yang belum bisa diketahui penyebabnya, atau dengan kata lain mata tersebut memiliki kelainan atau penyakit yang unik. Seperti apa mata unik di dunia tersebut, berikut spotlite menyajikannya untuk anda.

1.   Mata Kucing

Karena fungsi dari mata kita salah satunya untuk menyeleksi kondisi di lingkungan kita terang atau gelap, maka dipastikan, mata yang normal tidak akan bisa melihat saat dalam situasi gelap. Namun ada beberapa mahkluk hidup yang fungsi matanya sebagai alat penglihatan di tempat gelap berjalan dengan baik. Seperti kucing dan hewan nocturnal lainnya.

Namun di Cina seorang anak bernama Nong Yongsui memiliki kelainan mata yang unik. Mata Yongsui tidak seperti mata manusia lainnya, tapi lebih mirip kucing atau hewan nocturnal, yakni bisa melihat ditempat yang gelap.

Awalnya pada saat Yongsui berusia dua bulan, ayahnya Nong Shihua merasa khawatir dan membawanya ke dokter spesialis. Tapi dokter tidak mendeksi adanya kelainan dari mata Yongsui yang berwarna biru, dan menyarankan orang tua Yongsui untuk tidak khawatir. Namun setelah beranjak besar, Yongsui diketahui memiliki kelebihan dari teman-temannya. Saat ruangan gelap, ternyata mata Yongsui terlihat bercahaya dan bisa melihat.

Ternyata lapisan tipis atau tapetrum lucidum yang biasa terdapat pada kucing juga dimiliki mata Yongsui. Retroreflektor yang berfungsi penguat cahaya masuk saat gelap yang dimiliki mata Yongsui berfungsi lebih dari mata biasa. Namun para dokter ahli belum begitu meyakini, kalau Yongsui memiliki kemampuan melihat dalam gelap. Kini beberapa ahli masih melakukan penelitian lebih lanjut.

 

[spoiler]

Mata Kucing (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

 [/spoiler]

 

 

2.   Mata Nangis Darah

Mata yang unik selanjutnya yakni mata yang selalu mengeluarkan darah. Dibeberapa negara terdapat penderita air mata darah atau yang disebut dengan Haemolacria, seperti Calvino Inman dari Tennessee, Amerika Serikat, Rashida Khatoon dari India Selatan, dan salah seorang bayi dari Indonesia, tepatnya di Tangerang, bernama Muhammad Rehan.

Tentu saja fenomena ini cukup menghebohkan. Terutama bagi Khatoon, karena dinegaranya penyakit tersebut dihubung-hubungkan dengan kejadian klenik. Walaupun bagi sebagian orang di India, dianggap suci, namun Khatoon sangat mengharapkan sembuh dari sakit anehnya tersebut dan bisa hidup normal.

Dokter Barret Haik, Direktur Universitas Hamilton Eye Institute di Tennessee, setelah melakukan pemeriksaan intensif terhadap Calvino, menjelaskan, beberapa alasan mengapa Haemolacria bisa diindap orang seperti Calvino, seperti mengalami trauma yang sangat ekstrim, ataupun seseorang yang mengalami luka serius di bagian kepala.

Untuk lebih memperjelas masalah kejadian misterius tersebut, haik bersama timnya melakukan studi ke berbegai belahan dunia. Hasilnya selama studi tersebut, kasus haemolacria hanya menimpa orang di dunia. Hingga kini mengenai penyebab dan pengobatan yang akan diberikan masih terus diteliti dan dikembangkan.

 

[spoiler]

Mata Nangis Darah (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

 [/spoiler]

 

3.   Mata Tidak Bisa Tidur

Keunikan dari mata lainnya yakni tidak bisa tidur. Padahal dengan tidur mata kita akan beristirahat dari aktivitas, dan akan berfungsi dengan baik saat digunakan kembali. Namun apa yang dialami Thai Ngoc dari Vietnam, Michael Corke, Chicago, Amerika Serikat dan Karl Sloan, Inggris, sangat tidak lazim, karena mata mereka sudah tidak lagi bisa beristirahat, atau tidur.

Penyakit tidak bisa tidur atau Fatal Familia Insomnia, menurut penelitian diakibatkan mutasi gen yang menyebabkan kemerosotan pusat tidur di otak atau talamus. Sebagian besar kasus, akibat penumpukan protein yang dapat mengganggu fungsi tubuh atau pikiran yang vital. Dan yang cukup mengerikan belum diketemukan obat yang orang yang mengidap fatal familia insomnia.

Walaupun memiliki penyakit yang sama, namuan Thai, Corke dan Karl, mengaku penyebab mereka terkena penyakit berbahaya ini berbeda-beda. Thai sudah terkena penyakit yang bisa mengakibatkan kematian ini sejak 1973, namun ia tidak tahu apa penyebab utamanya. Yang mengherankan walaupun tidak tidur dalam waktu yang sangat lama, Thai bisa hidup secara normal.

Sementara Corke yang berprofesi sebagai guru sudah tidak bisa tidur sejak tahun 1991. Dari pengakuannya, kebiasaan bekerja tak mengenal waktu yang membuatnya terkena fatal familia insomnia. Berbeda dengan Thai, Corke mengalami penurunan kondisi kesehatan.

Sedangkan Karl yang berprofesi sebagai asisten laboratorium di salah satu perusahaan mengaku, terkena penyakit ini karena sering terkena bahan-bahan kimia seperti hydrocholic acid, ammonia, dan bronopol kathon. Karl sudah tidak bisa tidur sejak tahun 2006.

Selain ketiga orang tersebut, sebenarnya masih ada beberapa orang lainnya yang mengidap fatal familia insomnia, atau tidak bisa tidur dalam waktu yang panjang.

 

[spoiler]

Mata Tidak Bisa Tidur (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4.   Mata Mengeluarkan Kristal

Mata unik yang terjadi di belahan dunia lainnya yakni terjadi di Lebanon. Mata unik tersebut dimiliki seorang gadis bernama Hasnah Mohamed Meselmani yang bisa mengeluarkan kristal. Setiap gadis berusia 12 tahun tersebut menangis, bukan hanya air mata yang keluar, tapi juga dibarengi butiran kristal.

Setiap harinya hasna bisa menghasilkan 7 kristal yang keluar dari matanya. Meskipun butiran kristal tersebut berbentuk tajam disetiap sudutnya, namun Hasnah tidak merasa kesakitan. Kejadian tersebut tidak langsung membuat orang-orang mempercayainya, dan sebagian menganggap itu hanya berita bohong demi popularitas.

Namun setelah salah satu stasiun televisi di Arab menampilkan Hasnah secara live,  dimana diperlihatkan secara close up saat retina mata gadis tersebut mengeluarkan kristal, banyak orang datang menyaksikan langsung.

Orang tua Hasnah sempat membawanya ke spesialis mata di Amerika dan Eropa untuk mengetahui penyebabnya. Namun ahli bedah mata, dokter Nasib El Lakkis mengatakan tidak menemukan penyebab pasti mata Hasnah bisa mengeluarkan kristal. Namun kejadian aneh tersebut menurut nasib akan dibahas pada konferensi dunia mengenai mata.

 

[spoiler]

Mata Mengeluarkan Kristal (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

 

5.   Mata Tembus Pandang

Mata unik yang terakhir dimiliki dua wanita asal Amerika Serikat, Heise dari California, dan Laura Castro dari Miami, Florida. Keunikan dari kedua mata ini  bisa tembus pandang, atau seperti sinar x. Para ahli medis sangat penasaran dengan kemampuan Heise yang dimilikinya sejak lahir. Setelah dilakukan penelitian, para medis tersebut tidak bisa menjelaskan keanehan dari mata Heise. Para peneliti menduga Heise memiliki quani sinestesia. Namun walaupun memiliki kelebihan, mata Heise terlihat normal seperti mata biasa.

Berbeda dengan Heise, walaupun memiliki kemampuan yang sama seperti sinar x, mata Laura Castro lebih unik lagi, karena bola matanya berwarna putih. Perubahan warna dari normal menjadi putih terjadi pada tahun 2005 ketika Laura berusia 10 tahun. Menurut Anabel Castro, ibu Laura, perubahan warna pupil mata Laura terjadi secara bertahap, dari hitam menjadi coklat keemasan dan terakhir menjadi putih.

Spesialis mata dan ahli bidang lainnya yang telah memeriksa Laura, tidak bisa menjelaskan apa yang terjadi pada Laura. Sayangnya sangat minim dokumen yang mengisahkan kejadian aneh dari kedua wanita ini.

 

[spoiler]

Mata Tembus Pandang (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Berbagai sumber, old.uniknya.com, April 2012

 

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat, pukul 9.45-10.45 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com