5 Pemain Keyboard Sekaligus Penulis Lagu Popular di Indonesia (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Apa yang ada di dalam benak kamu melihat ada seorang pemain keyboard sekaligus penulis lagu hits? Terlebih keyboard merupakan instrumen musik yang tidak bisa dikonsumsi oleh kebanyakan orang yang suka bermain musik, menulis lagu pun bukan hal yang mudah. Butuh bakat dan kegigihan untuk membuat lagu diterima dan dinikmati oleh banyak masyarakat. Maka dari itu, tidak banyak pemain keyboard sekaligus pencipta lagu di Indonesia dibanding gitaris dan vokalis. Berikut old.uniknya.com merangkum secara singkat kelimat musisi tersebut.

 

Jika kamu suka artikel ini, silahkan baca bagian pertama.

1. Badai Kerispatih

Pria bernama asli Doadibadai Hollo ini adalah pemain keyboard sekaligus pencipta lagu di band Kerispatih. Selain di bandnya, Badai menciptakan lagu untuk musisi lainnya, di antaranya Audi Item dan Nindy. Banyak hits yang telah diciptakannya. Terbukti lagu-lagu ciptaannya mampu menaikkan pamor Kerispatih di blantika musik Indonesia. Selain keyboardist dan pencipta lagu, Badai pun adalah aranger dan produser. Selain Kerispatih, Badai pun sedang menggarap proyek solonya dan band barunya bernama Brandnewstorm.

 

[spoiler]

Badai Kerispatih (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Badai pernah mengikuti beberapa kursus, termasuk Yamaha Electone pada 1984-1985, Indra Lesmana Jazz Workshop, Jakarta pada 1986-1990, juga Jazz Course with Khrisna Siregar, Chic’s Music Jakarta pada 2002-2003.

 

2. Kevin Vierra

Pria kelahiran 7 April 1990 ini terkenal sebagai pemain keyboard dan penulis lagu di band Vierra. Sejak Vierra muncul di dunia musik Indonesia, semua lagu yang Kevin tulis membuat band Vierra mendapatkan tempat di hati remaja Indonesia. Sampai saat ini, Kevin bersama Vierra telah mengeluarkan tiga album.
Terlahir dari pasangan musisi Addie MS dan Memes membuat seorang Kevin Aprilio menjadi terbiasa dengan atmosfer musik sedari kecil. Sejak masih duduk di bangku sekolah TK Kevin sudah belajar alat musik piano secara formal dan ketika ia menginjak sekolah SMP pemilik nama asli Kevin Aprilio Sumaatmaja ini, mulai belajar menulis lagu sendiri. Hal ini tidak lepas dari cita-citanya untuk menjadi musisi dan komposer, mengikuti jejak sang ayah.

 

[spoiler]

Kevin Vierra (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Ricky FM

Ricky Tjahyadi (lahir di Bandung, Indonesia, 4 November 1974; umur 37 tahun) adalah kibordis dan pianis asal Indonesia. Pada tahun 1994, ia membentuk grup band Five Minutes. Bersama Five Minutes, Ricky telah mengeluarkan 10 album sejak tahun 1995 sampai tahun ini. Selain Five Minutes, Ricky pun menjadi additional keyboardist Ari Lasso dan kadang ikut menulis lagu untuk Ari Lasso dan musisi-musisi lain, seperti Hampa Arti Cinta, Kedamaian Hati, dan Seandainya yang dibawakan oleh Ari Lasso, Aku Patut Membenci Dia (Terre), Biarkan Aku (Titi DJ), Tunggu Aku (Sania), dan masih banyak lagi.
Ricky mengaku bahwa ia mulai mengenal alat musik saat kelas 4 SD dan memang merupakan cita-citanya untuk menjadi musisi. Dan pada tahun 1994, ia bisa merealisasikan cita-cita tersebut ke dalam sebuah festival band di Bandung dengan band Five Minutes formasi pertama dan menjadi juara 1 dari 102 peserta.

 

[spoiler]

Ricky FM (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Andika The Titans

Andika Naliputra Wirahardja (lahir di Bandung, 27 November 1980; umur 31 tahun) adalah mantan pemain keyboard sebuah kelompok musik popular Peterpan. Ia juga termasuk salah seorang pendiri dari band Peterpan tersebut. Pada 8 Oktober 2006 Andika dipecat dari Peterpan. Dan, sejak itu pria yang biasa lebih akrab disebut Andika ini beserta mantan bassis Peterpan Indra membentuk band The Titans bersama rekan mereka Tomtom (mantan drummer T-Five), Onny (mantan gitaris Five Minutes), Imot (mantan programer Rock N Roll Mafia) dan Rizki (mantan vokalis Ize Dreamband). Mulai dari Peter Pan sampai the Titans ini, Andika tidak jarang menulis lagu-lagu hits untuk kedua band tersebut. The Titans sendiri telah mengeluarkan empat album sampai tahun 2012 ini.
Selain sebagai keyboardist band dan penulis lagu, saat ini, Andika pun menjadi manajer boyband bernama Miki Mini.

 

[spoiler]

Andika The Titans (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Indra Q

Indra Q (1 April 1971) dikenal seiring dengan naiknya grup Slank. Karena ia adalah pemain keyboard grup yang bermarkas di Jalan Potlot ini. Namun, sayang di tengah kepopularan band tersebut, Indra keluar dari Slank pada tahun 1996. Dan pada tahun 2000, ia bersama Pay dan Bongky (mantan personil Slank) membentuk band B.I.P.
Indra masuk ke Slank tahun 1989. Berkat bantuan ayahnya sebagai fotografer sampul kaset (Iwan Fals, Jamal Midrad, Hetty Koes Endang, Nia Zulkarnain, Betharia Sonata, dll.) dan kedekatannya dengan Budi Soesatio, demo Slank diterima.
Bakat musik Indra sudah terlihat sejak kecil. Hal ini tak lain karena pengaruh dari keluarga yang gemar mendengarkan musik, di samping ibunya, Titi Qadarsih, yang merupakan seorang penyanyi. Ia pertama kali dibelikan organ pada umur sembilan tahun. Dan mengikuti kursus di Yamaha Musik Indonesia, Marcia Course Center, dan sekolah Farabi. (**)

 

[spoiler]

Indra Q (sumber: blogspot.com.old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: berbagai sumber, uniknya.co, April 2012

 

7 Responses to 5 Pemain Keyboard Sekaligus Penulis Lagu Popular di Indonesia (Bagian II – Habis)

  1. saya ngefans sama meraka

  2. Ikbal ramdhani

    kenapa harus andika sih yg masuk… skill nya pun kalah jauh dibanding 4 keyboardist yg lainnya… yovie widianto lebih layak mas…

    • Ilham Santoso

      1. Menurut penilaian kami, harus diakui juga kehadiran Andika telah memberikan sumbangan besar dalam lagu2 hits dari Peter Pan dan the Titans.

      2. Setelah kami riset, ternyata keyboardist sekaligus penulis lagu popular di tanah air ini masih minim malah bisa dihitung dengan jari.

      3. Kami masukkan juga Yovie Widianto dalam artikel bagian pertama.

      Terima kasih buat komentarnya, mas :D

      • Ikbal ramdhani

        saya sih lebih refer ke Krishna Balagita (ex keyboardistnya ada band) dan lagu2nya juga cukup populer ko. Reputasinya bisa di cek disini mas http://id.wikipedia.org/wiki/Krishna_Balagita
        Ini sih menurut saya yaa.. Mohon maaf jika kurangberkenan…

        • Ilham Santoso

          Awalnya kami pun mau mencantumkan Khrisna dalam daftar ini, namun kami bingung, soalnya di antara Andika dan Khrisna. Dua-duanya sama2 kompeten meskipun Andika lebih muda dalam industri musik Indonesia dibanding Khrisna. Namun, yg jadi pertimbangan berat kami adalah bahwa andika masih eksis sampai sekarang dan faktor lainnya bahwa Peter Pan lebih popular dibanding Ada Band, begitu juga dengan the Titans.
          Ya, itu juga menurut kami sih mas. Dan sebetulnya Khrisna juga layak masuk dalam daftar ini. Dan, memang respon seperti inilah yang kami selalu tunggu. Ada dialog melebar.
          Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih buat komentarnya. Jangan ragu untuk mengomentari artikel2 kami lainnya, Mas. :D Ditunggu feedbacknya.

  3. saya ingin seperti mereka tapi saya cukup jadi fans mereka saja sudah cukup kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com