Obituari 19 April (Charles Darwin)

[UNIKNYA.COM] Mengenang tokoh yang berjasa pada dunia dan wafat tanggal 19 April.

Darwin meninggal di Down, Kent, tanggal 19 April 1882. Diduga bahwa Darwin mengalami penyakit Chagas, ketika digigit oleh seekor serangga Benchuga selama studi-studi ilmiahnya di Amerika Serikat. Hal ini menyebabkan gejala-gejala lain dan menyebabkannya sering pingsan. Hal ini pun telah diperdebatkan bahwa gejala-gejala penyakit Darwin adalah psikosomatik. Kadang-kadang ia mandi dengan es atau menggunakan “rantai listrik.”

 

Charles Darwin (sumber : scientificlib.com)

 

Ia diharapkan agar dikubur di halaman gereja St Mary di Downe, namun atas permintaan para kolega Darwin, William Spottiswoode (Pimpinan Himpunan Kerajaan) ingin memberikan upacara kenegaraan dan menguburkannya di Westminster Abbey, dekat dengan John Herschel dan Isaac Newton. Hanya lima tokoh non-kerajaan yang diberikan gelar kehormatan pemakaman kenegaraan selama abad 19. Darwin dianggap sebagai pahlawan nasional yang telah merubah pemikiran, dan para ilmuwan kini menganggap evolusi adalah nenek moyang yang mengalami perubahan, namun hanya sedikit orang yang sepakat dengan Darwin bahwa “seleksi alam telah menjadi alat perubahan utama namun tidak ekslusif.” (**)

 

Sumber: berbagai sumber, old.uniknya.com, April 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com