Wow Jackass…Di Indonesia Akan Ada Penguin

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Kebun binatang Yogyakarta, Gembira Loka, akan mendatangkan enam ekor penguin Afrika (Spheniscus demersus). Penguin yang juga dikenal dengan sebutan jackass ini berasal dari Afrika Selatan dan didatangkan dari Kebun Binatang Singapura.

 

Kebun binatang Gembira Loka (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Direktur Kebun Binatang Gembira Loka, Joko Tirtono, mengatakan penguin tersebut adalah jenis penguin sub tropis. Sehingga satwa ini mampu menyesuaikan dengan iklim yang ada di wilayah Indonesia.

“Rancangan kandang sudah kami pelajari dari Singapore Zoo. Memang butuh perlakuan khusus. Untuk hidup, penguin ini butuh suhu 20 derajat sampai 25 derajat celcius,” kata Joko, Jumat (9/3).

Penempatan penguin akan berada di zona taman burung. Joko menyebutkan akhir tahun ini, pengunjung sudah dapat melihat penguin tersebut di Gembira Loka.

Hingga kini, koleksi satwa di Kebun Binatang Gembira Loka sudah mencapai jumlahnya 1400 ekor. Manajer Marketing Kebun Binatang Gembira Loka Josep Kurniawan menambahkan, kehadiran penguin ini akan menambah antusias warga untuk mengunjungi kebun binatang tersebut.

“Akan ada dua ikon satwa baru yang akan menjadi daya tarik wisata yakni penguin jackass dan flamingo. Ini juga sebagai upaya bahwa Gembira Loka bisa secara kontinyu menghadirkan sesuatu yang baru bagi pengunjung,” kata Josep.(**)

 

Sumber: Nationalgeographic.co.id, old.uniknya.com, Maret 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com