5 Misteri Abadi Dari Tanah Para Dinasti China

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Perjalanan sejarah yang dimiliki oleh bangsa China selalu menarik untuk dicermati dan dinikmati. Bagaimana tidak, salah satu peradaban tertua, tertinggi, terjadi di daratan China bahkan sebelum era masehi dimulai. Keindahan, kecantikan, serta keteguhan yang terdapat di dalam sejarah dan literasi China membuktikan apa yang terjadi saat itu, namun  tidak semuanya jelas atau terperinci ada beberapa peninggalan bangsa China Kuno yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Berikut old.uniknya.com  merangkum 5 misteri abadi dari negeri para dinasti China:

 

 

1. Kuda yang berkeringat darah

 

 

Kuda yang berkeringat darah (sumber:Berbagai sumber, old.uniknya.com, April 2012)

 

 

Kuda ferghana, juga dikenal sebagai kuda China yang berkeringat darah, namun legenda ini merupakan salah satu cerita tutur yang berasal dari dari luar daratan China. Berdasarkan sebuah penelusuran, legenda ini berasal dari daratan Turkmenistan dan masuk ke daratan China saat Dinasti Han berkuasa (25-220 Masehi) oleh Zhang Qian, seorang yang mengemban tugas diplomasi untuk kekaisaran China saat itu.

Kuda ferghana dalam bahasa China kemudian dikenal dengan sebutan kuda Han Xue,  karena kuda ini mengeluarkan keringat berwarna merah menyerupa darah ketika berlari. Kuda xue berlari begitu kencang dalam waktu lama, bahkan mampu menjelajahi jarak sejauh 4300 Km dengan waktu tempuh 43. Sehingga kuda xue hanya digunakan untuk perjalanan jauh dan medan perjalanan yang berat.

 

Kuda xue adalah sebuah legenda dan akan tetap menjadi misteri. Namun mengenai warna keringatnya yang merah, sebuah penelitian dilakukan oleh ilmuwan Jepang, dan mengatakan bahwa fenomena tersebut diakibatkan oleh parasit yang melukai kulit kuda tersebut setelah menghisap darah. Sehingga ketika kuda itu berlari akan mengeluarkan keringat yang bercampur dengan darah.

 

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com