5 Tim Aerobatik Terkenal Asia Tenggara (Jenis Propeller)

Oleh Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Aerobatik adalah demonstrasi manuver terbang pesawat yang tidak digunakan dalam penerbangan normal. Karenanya dalam sebuah tim aerobatik, banyak manuver-manuver berbahaya yang dilakukan. Biasanya selain untuk unjuk gigi ketangkasan pilot dan pesawat, atraksi udara ini juga sebagai hiburan diajang-ajang airshow. Karenanya kegiatan ini, seringkali dimasukan ke dalam bentuk salah satu kegiatan olahraga dirgantara. Berikut ini old.uniknya.com, sisipkan 5 tim aerobatik terkenal di Asia Tenggara yang menggunakan pesawat-pesawat bermesin baling-baling:

 

1. Tim Jupiter, Indonesia

Tim aerobatk Jupiter, sesungguhnya nama tim lama yang menjadi tim aerobatik Angkatan Udara Indonesia sejak 1997 silam. Tim ini, dibentuk kembali pada tahun 2008 menggunakan 4 buah Korean Aerospace KT 1 B Woong Bee dari Skuadron Pendidikan 102 di Lanud Adi Sucipto Yogyakarta. Pertunjukkan pertama di depan masyarakat umum dilakukan pada tanggal 4 Juli 2008 di Yogyakarta dan yang kedua di Jakarta pada bulan November 2008.

Awalnya, tim ini hanya menggunakan 4 pesawat model Hawk MK-53. Namun, Jupiter Aerobatik Team sempat vakum sejak tahun 2002 dan mulai muncul kembali ke permukaan tahun 2008 dengan pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korsel yang berjumlah 8 buah.

 

[spoiler]

Tim Jupiter (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Tim Alap-Alap, Brunei

Tim TUDB Formasi Alap-Alap adalah tim aerobatic resmi dari Royal Brunei Air Force yang dibentuk pada 7 Februari 2011. Tim ini menggunakan pesawat terbang PC-Pilatus 7MKII turboprop, pesawat yang dibeli dari Swiss pada tahun 1997 silam.
Saat ini Royal Brunei Air Force (TUDB) memiliki total empat pesawat PC-7MKII. Seluruh pesawat berada di bawah pengelolaan Skuadron 63 TUDB, sayap pelatihan skuadron yang terletak di Rimba Air Force Base. Tim Alap-Alap saat ini terdiri dari 3 Pilot. Satu pilot lokal Royal Brunei Air Force pilot dan 2 Pilot RAF. Semua memiliki kualifikasi instruktur.

 

[spoiler]

Tim Alap-Alap (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]
3. Tim Kris Sakti, Malaysia

Kris Sakti adalah nama tim aerobatic yang baru didirikan Angkatan Udara Malaysia pada tahun 2011, bertepatan dengan hajatan Langkawi Internasional Maritim and Air Show (LIMA). Prioritas pembentukan tim ini, diambil dari beberapa pilot jet tempur Angkatan Udara Malaysia. Pada tanggal 19 November 201, Departemen Pertahanan Malaysia telah mengumumkan pembentukan tim akrobatik, dan tim tersebut akan menjadi inisiatif bersama antara sektor swasta dan pemerintah. Debut pertamanya pada LIMA 2011, mereka terdiri dari empat pesawat 300L Extra.

 

[spoiler]

Tim Kris Sakti (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Tim Roulettes, Australia

Tim Roulettes adalah tim aerobatik dari Royal Australian Air Force. Mereka biasanya melakukan sekitar 150 atraksi terbang dalam setahun, di Australia dan di negara-negara sahabat di sekitar wilayah Asia Tenggara. Roulettes merupakan bagian dari RAAF Central Flying School (CFS) di RAAF Base East Sale, Victoria.CFS membentuk tim aerobatik ini  pertama kali pada tahun 1962, dengan menggunakan jet tempur De Havilland Vampire. Namun kini mereka menggunakan jenis pesawat Macchi MB-326.

 

[spoiler]

Tim Roulettes (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]
5. Tim Red Checkers, New Zeland

Tim ini bagian dari Angkatan Udara Selandia Baru Royal. Menggunakan pesawat terbang Pasifik Aerospace CT-4E Airtrainer. Sebelumnya pesawat yang digunakan adalah CT4B dan Harvard (T-6). Tim ini dikenal karena penampilan cermin terbangnya. Red Checker terdiri dari pilot instruktur terbang senior dari RNZAF Central Flying School dan Pilot Pelatihan Skuadron yang terletak di RNZAF basis Ohakea.(**)

 

[spoiler]

Tim Red Checkers (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com