5 Borough-nya Kota New York

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: New York City, salah satu kota terbesar di dunia, terbagi menjadi lima borough. Sebuah borough adalah suatu bentuk pemerintahan khusus yang memimpin lima bagian konstituen tetap dari kota terkonsolidasi. Secara teknis di bawah Hukum Negara Bagian New York, sebuah “borough” adalah suatu penggabungan munisipal yang dibentuk ketika sebuah county bergabung dengan kota dan desa gabungan di dalamnya ini sangat berbeda dari bentuk pemerintahan borough yang diterapkan di wilayah lain di Tri-State Region dan daerah lainnya di Amerika Serikat. Lima borough tersebut antara lain: The Bronx, Brooklyn,Manhattan, Queens, dan Staten Island. Berikut ulasannya:

 

1. Bronx

Bronx adalah borough paling utara dari lima borough di New York City. Borough ini juga, dengan nama Bronx County, merupakan yang terakhir digabung ke negara bagian New York dari 62 county. Terletak di utara Manhattan dan Queens, dan selatan Westchester County, the Bronx merupakan satu-satunya borough yang terletak di daratan Amerika Serikat. Tahun 2010, Biro Sensus memperkirakan jumlah penduduk borough ini pada 1 Juli 2009 mencapai 1.397.287 jiwa menempati wilayah seluas 42 mil² (109 km²). Ini menjadikan Bronx sebagai borough terpadat keempat, terbesar keempat menurut luas daratan, dan tertinggi ketiga menurut kepadatan penduduknya.

 

[spoiler]

Bronx (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Brooklyn

Brooklyn adalah borough terpadat di New York City dengan sekitar 2.5 juta penduduk, dan terbesar kedua menurut luasnya. Brooklyn juga merupakan county paling barat di Long Island. Sejak 1896, Brooklyn memiliki batas yang sama seperti Kings County, yang sekarang menjadi county terpadat di negara bagian New York dan county terpadat kedua di Amerika Serikat, setelah New York County (Manhattan).

 

[spoiler]

Brooklyn (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Brooklyn menjadi kota independen sampai konsolidasinya dengan New York City pada 1898 dan terus mempertahankan budaya yang berbeda, suasana seni independen, dan warisan arsitektur yang unik. Banyak permukiman di Brooklyn adalah enklave etnis tempat kelompok dan budaya etnis tertentu mendominasi.

Motto resmi Brooklyn adalah Een Draght Mackt Maght. Ditulis dalam bahasa Belanda lama, kata-kata ini terinspirasi oleh motto Provinsi Belanda Bersatu dan diterjemahkan sebagai Di Dalam Kesatuan ada Kekuatan. Motto ini muncul pada lambang dan bendera borough yang juga menampilkan seorang wanita berjubah membawa fasces, lambang republikanisme tradisional. Warna resmi Brooklyn adalah biru dan emas.

 

3. Manhattan

Manhattan adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan ujung Sungai Hudson. Pulau ini merupakan salah satu dari lima kota bagian yang membentuk kota New York. Pulau ini beserta pulau-pulau kecil di sekitarnya dan sebagian kecil dari daratan benua Amerika (lihat peta) disebut dengan nama kotamadya New York atau dalam bahasa Inggrisnya New York County. Hingga tahun 2000, penduduk kota ini berjumlah 1.537.195 orang, tetapi kota ini termasuk yang terkecil di Amerika Serikat dengan luas total hanya 87,5 km², di mana 59,5 km² adalah daratan dan 28 km² adalah air. Hal ini menjadikannya kota terpadat di negara bagian New York dan juga di seluruh Amerika Serikat.

 

[spoiler]

Manhattan (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Queens

Queens adalah borough terbesar menurut luas, terbesar kedua menurut jumlah penduduk, dan borough paling timur dari lima borough di New York City. Borough ini berdiri bersama dengan Queens County, sebuah pembagian administratif negara bagian New York di Amerika Serikat. Terletak di daerah barat Long Island, Queens adalah tempat bagi dua dari tiga bandara terbesar di New York City, Bandar Udara Internasional JFK danBandar Udara LaGuardia. Tempat ini juga menjadi basis tim bisbol New York Mets, turnamen tenis US Open, Flushing Meadows Park, Kaufman Astoria Studios, Silvercup Studios, dan Aqueduct Racetrack.

 

[spoiler]

Queens (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Dengan populasi 2.3 juta jiwa, Queens adalah borough terpadat kedua di New York City (setelah Brooklyn) dan county terpadat kesepuluh di Amerika Serikat. Borough ini juga merupakan county terpadat keempat di negara ini (setelah Manhattan, Brooklyn dan the Bronx).Jumlah 2.3 juta jiwa ini adalah populasi bersejarah tertinggi untuk boroughg ini. Karena masing-masing borough merupakan sebuah kota independen, Brooklyn dan Queens menjadi kota terbesar ketiga dan keempat di Amerika Serikat secara berturut-turut setelah Los Angeles dan Chicago.

Queens didirikan tahun 1683 sebagai satu dari 12 county asli New York dan diberi nama sesuaipermaisuri Catherine dari Braganza (1638-1705), putri Portugis yang menikahi Raja Charles II dari Inggris pada 1662.

 

5. Staten Island

Staten Island adalah sebuah borough di New York City, New York, Amerika Serikat, terletak di daerah baratdaya kota. Staten Island terpisah dari New Jersey oleh Arthur Kill dan Kill Van Kull, dan dari seluruh New York oleh New York Bay. Dengan jumlah penduduk 491.730 jiwa, Staten Island adalah borough paling jarang penduduknya dari lima borough New York tetapi terbesar ketiga menurut luasnya yang mencakup 59 mil² (153 km²).

 

[spoiler]

Staten Island (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Borough of Staten Island berdiri bersama Richmond County, county paling selatan di negara bagian New York. Hingga 1975, borough ini secara resmi bernama Borough of Richmond. Staten Island kadang disebut “borough yang terlupakan” oleh penduduk yang merasa diabaikan olehpemerintah kota.

Staten Island secara keseluruhan merupakan borough paling pinggir di New York City. North Shore — khususnya permukiman St. George, Tompkinsville, Clifton, dan Stapleton — merupakan daerah perkotaan di pulau ini; daerah-daerah tersebut berisi distrik resmi St. George Historic District dan St. Paul’s Avenue-Stapleton Heights Historic District, yang memiliki banyak rumah bergaya Victoria. South Shore memiliki permukiman bergaya pinggiran kota dan merupakan tempat bagi F.D.R. Boardwalk sepanjang 2,5 mil yang menjadi jembatan pejalan kaki terpanjang keempat di dunia. Secara historis, bagian tengah dan selatan pulau pernah didominasi oleh peternakan sapi dan unggas, hampir semuanya menghilang pada abad ke-20.(**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, April 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com