5 Lokasi Favorit Olahraga Arung Jeram di Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Tak tercatat lagi, betapa banyak lokasi di dunia ini yang menjadi lokasi untuk memuaskan hoby. Tapi bagaimana dengan hoby yang satu ini. Yah, benar, arung jeram. Hoby-nya para petualang ekstrem. Dibutuhkan lokasi yang menarik dengan aliran sungai yang keras dan kontur bebatuan dasar sungai yang menantang. Beberapa diantaranya mungkin berada dalam daftar favorit untuk melakukan arung jeram di benua Amerika.

 

1. Sungai Johnstone  Utara, Australia

Sungai Johnstone adalah sungai di North Queensland, Australia. Sungai ini memiliki dua cabang utama yang disebut Sungai  Johnstone Utara dan Sungai Johnstone Selatan. Sungai ini merupakan tempat luar biasa untuk arung jeram. Sungai ini dikelilingi oleh hutan hujan dan untuk menuju ke lokasinya, peralatan arung jeram harus dibawa dengan bantuan helikopter. Perjalanan mengarungi jeram di Sungai Johnstone Utara, biasanya menghabiskan waktu dari 4 sampai 6 hari, berikut menyaksikan kehidupan liar alam sekitar. Jadi secara keseluruhan sudah pasti tempat yang layak untuk dikunjungi jika Anda bertualang.

 

[spoiler]

Sungai Johnstone Utara, Australia (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Sungai Sun Kosi, Nepal

Sungai Sun Kosi berarti “Sungai Emas” dan mengalir di wilayah Gunung Everest yang berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Kathmandu. Ada angkutan pribadi yang tersedia untuk perjalanan mencapai Sungai Kosi. Perjalanan ini memakan waktu 7 sampai 9 hari lamanya yang akan melewati panorama alam memikat. Nepal memang terkenal sebagai negara yang memiliki panorama alam yang indah. Dan Sungai Kosi inilah, merupakan salah satu dari sepuluh tujuan utama untuk Anda datangi dalam berarung jeram.

 

[spoiler]

Sungai Sun Kosi, Nepal (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Sungai Coruh, Turki

Sungai Çoruh atau Sungai Ch’orokhi  adalah sungai di Pegunungan Mescit di utara-timur Turki, mengalir melalui kota-kota Bayburt, Ispir, Yusufeli, dan Artvin, di sepanjang Patahan Kelkit-Çoruh. Sungai  Coruh adalah salah satu sungai yang mengalir tercepat di dunia. Ini adalah lokasi perjalanan rafting menarik yang memacu adrenalin Anda. Manfaat lainnya jika Anda pergi ke Sungai Coruh di Turki adalah kesempatan untuk melihat beberapa hewan satwa liar yang paling indah. Ini memang tempat yang indah dan tempat kelas atas untuk berarung jeram.

 

[spoiler]

Sungai Coruh, Turki(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Sungai Noce, Italy

Sungai Noce mengalir melalui Sun Valley,  Italia Utara. Sungai Noce sering disebut sebagai Paradise Rafters karena menawarkan pengalaman arung jeram paling mendebarkan dan menarik untuk semua orang yang mencintai olahraga jenis ini. Ini jelas merupakan salah satu di antara sepuluh tempat teratas untuk pergi ber-arung jeram.

 

[spoiler]

Sungai Noce, Italy (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Sungai Zambezi, Zimbabwe/Zambia

Zambezi merupakan sungai terbesar keempat di benua Afrika. Ini adalah sungai yang mengalir cepat yang membentang di bawah Victoria Falls dan menciptakan tempat surgawi untuk kasau. Hal ini memang salah satu tempat paling dramatis untuk arung jeram di dunia.  Zambezi juga merupakan sungai terbesar yang mengalir ke Samudera Hindia dari Afrika.(**)

 

[spoiler]

Sungai Zambezi, Zimbabwe/Zambia (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: top-10-list.org, old.uniknya.com, April 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com