5 Raksasa Otomotif Dunia (Bagian III – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Tabel di bawah ini menunjukkan grup produsen-produsen kendaraan bermotor terbesar di dunia, termasuk dengan merek-merek yang mereka miliki. Tabel ini disusun berdasarkan produksi di tahun 2010 yang datanya diambil dari International Organization of Motor Vehicle Manufacturers (OICA). Joint ventura tidak termasuk dalam tabel ini. Produksi joint ventura terdaftar di dalam ranking OICA, tapi dapat menimbulkan kontroversi. Berikut old.uniknya.com lampirkan untuk Anda:

 

1. FIAT

Fiat S.p.A., kadang ditulis secara kapital menjadi FIAT yang merupakan singkatan dari Fabbrica Italiana Automobili Torino, adalah sebuah perusahaan otomotif, mesin, jasa keuangan yang berasal dari Italia, dengan kantor pusat di kota Turin. Fiat didirikan pada tahun 1899 oleh sekelompok investor termasuk Giovanni Agnelli. Fiat juga memproduksi kendaraan tempur serta pesawat terbang. Pada tahun 2009, Fiat (tidak termasuk dengan Chrysler) adalah perusahaan mobil terbesar ke-9 di dunia, serta perusahaan mobil terbesar di Italia.

 

[spoiler]

FIAT(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Fiat memproduksi mobil-mobilnya di seluruh dunia, pabrik mereka yang terbesar di luar Italia berada di Brasil, dimana memang penjualan mereka disitu adalah yang tertinggi.Fiat juga mempunyai pabrik di Argentina dan Polandia. Selain itu, Fiat juga membuat perusahaan joint ventura di Italia, Perancis,Turki, India, Pakistan, China, Serbia, dan Rusia. Selain membawahi divisi mobil Fiat, FIAT Group juga membawahi tim F1 Scuderia Ferrari, klub sepak bola Juventus FC, dan terakhir mereka juga mengakusisi pabrikan mobil Italia lainnya, Maserati.

 

2. DaimlerChrysler

DaimlerChrysler AG adalah sebuah produsen mobil dan truk terkenal yang bermarkas di Stuttgart, Jerman dan Auburn Hills, Michigan, dibentuk pada 1998 dengan pembelian Chrysler Corporation (AS) oleh Daimler-Benz (Jerman). Pembelian in diumumkan sebagai “penggabungan sederajat” pada 7 Mei tetapi terjadi pada 12 November dan tidak diungkapkan sebagai pembelian sampai 2003.

 

[spoiler]

DaimlerChrysler (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Perusahaan ini membuat mobil dan truk dengan merek Mercedes-Benz dan Chrysler. Merek lain yang ditawarkan adalah Smart dan Maybach di pihak Daimler-Benz, Dodge dan Jeep di pihak Chrysler. Perusahaan ini juga memiliki 37% dari perusahaan mobil Jepang Mitsubishi (dikarenakan ia tidak berpartisipasi dalam peningkatan modal baru pada April 2004 menjadi 22%) dan perusahaan mobil Korea Hyundai.

 

3. Chrysler Group

Chrysler Group, LLC adalah sebuah perusahaan mobil Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1925. Bermarkas di Auburn Hills, Michigan. Perusahaan ini umumnya menghasilkan berbagai kendaraan macam sport maupun mewah. Perusahaan ini dimiliki sepenuhnya oleh Cerberus Capital Managementsetelah Daimler AG juga sempat menjadi pemegang saham hingga April 2007. Pada 10 Juni 2009 Chrysler mengumumkan kebangkrutan dan kerjasama dengan Fiat. Pada tanggal 3 Juni 2011, Fiat membeli saham Chrysler yang masih dimiliki Pemerintah Amerika Serikat dengan harga 500 juta dolas AS, sehingga sekarang kepemilikan saham Fiat menjadi 52%.

 

[spoiler]

Chrysler Group (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. BMW

BMW atau  Bayerische Motoren Werke, dalam Bahasa Inggris, Bavarian Motor Works, adalah sebuah perusahaan otomotif Jerman yang memproduksi mobil dan sepeda motor. BMW didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. BMW AG adalah perusahaan induk dari merk mobilMINI dan Rolls-Royce, dan, dulunya Rover. BMW dikenal sebagai salah satu perusahaan mobil mewah dengan performa tinggi, dan juga salah satu perusahaan mobil pertama yang menggunakan teknologi ABS.

 

[spoiler]

BMW (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Mazda Motor Corporation

Mazda Motor Corporation  merupakan perusahaan otomotif Jepang. Perusahaan ini didirikan tahun 1920 dan bermarkas di Fuchu, Distrik Aki, Hiroshima, Jepang. Perusahaan ini mempekerjakan 39.364 pekerjanya pada 31 Maret 2008. Pada tahun 2007, Mazda memproduksi 1,3 juta mobil untuk seluruh dunia. Sebagian besar dari produksi tersebut (hampir 1 juta) diproduksi di pabriknya di Jepang, dengan sisanya di pabriknya yang lain di seluruh dunia. Pada tahun 1979 Mazda mulai beraliansi dengan Ford Motor Company.

 

[spoiler]

Mazda Motor Corporation (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tambahan:

Mitsubishi Motors Corporation

Mitsubishi Motors Corporation adalah salah satu perusahaan Jepang yang memproduksi kendaraan terutama mobil. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 22 April 1970 dan merupakan salah satu perusahaan dibawah benderaMitsubishi Group. Logo Mitsubishi adalah 3 berlian merah dan dibuat oleh pendiri Mitsubishi Motors, Yataro Iwasaki. Markas Mitsubhisi Motors berada diTokyo, Jepang. Pemegang saham terbesar Mitsubhisi Motors sekarang adalah Takashi Nishioka. Pabrik mobil Mitsubishi berada di 6 negara; Jepang,Australia, Belanda, Filipina, Thailand, dan Amerika Serikat. Kini Mitsubishi Motors merupakan perusahaan otomotif Ke-4 di Jepang dan Ke-13 Dunia jika dilihat dari unit Penjualan pada tahun 2007.(**)

 

[spoiler]

Mitsubishi Motors Corporation (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: dari berbagai sumber, old.uniknya.com, April 2012

 

One Response to 5 Raksasa Otomotif Dunia (Bagian III – Habis)

  1. Pingback: 5 Kontraktor Pertahanan Terbesar di Dunia (Bagian II – Habis) | .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com