5 Peristiwa Nyata yang Awalnya Dianggap “April Mop”

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hal ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Berikut old.uniknya.com sajikan 5 peristiwa nyata yang awalnya dianggap “April Mop” oleh banyak orang:

 

1. 1 April 1946, Gempa bumi Kepulauan Aleut-Hawai

Gempa bumi Kepulauan Aleut 1946 adalah sebuah gempa bumi yang mengguncang daerah dekat Kepulauan Aleut pada 1 April 1946. Gempa ini diikuti oleh gelombang tsunami yang menyebar ke seluruh Pasifik. Gempa ini memiliki magnitudo 7,8 dengan episenternya terletak di 52.8°N, 163.5°W dan kedalaman 25 km. Gempa ini menewaskan 165 orang (159 di Hawaii dan 6 di Alaska) dan mengakibatkan kerusakan senilai $26 juta. Beberapa gelombang muncul dengan tinggi mulai 45 – 130 ft occurred.

Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

 

[spoiler]

1 April 1946, Gempa bumi Kepulauan Aleut-Hawai (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. 1 April 1984, Penyanyi Marvin Gaye ditembak

Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah yang menjadi seorang pembunuh. Marvin Pentz Gay, Jr  lebih dikenal dengan nama panggung Marvin Gaye. Ia adalah seorang musisi, penyanyi dan penulis lagu asal Amerika yang memiliki kemampuan vokal 3 oktaf.

 

[spoiler]

1 April 1984, Penyanyi Marvin Gaye ditembak (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. 1 April 1993, juara NASCAR Alan Kulwicki tewas

Pada 1 April 1993, juara NASCAR Winston Cup Series Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.

 

[spoiler]

1 April 1993, juara NASCAR Alan Kulwicki tewas (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Alan Dennis Kulwicki dijuluki “Special K” dan “Pangeran Polandia”. Ia memulai balapan di trek lokal pendek di Wisconsin sebelum pindah ke regional stock car touring series. Kulwicki pindah ke balapan mobil tingkat tertinggi dan paling mahal di Amerika Serikat yakni NASCAR,tanpa sponsor, anggaran terbatas, dan hanya mobil balap dan truk pickup pinjaman. Meskipun memulai dengan dana terbatas, ia meraih 1986 NASCAR Rookie of the Year award melebihi pembalap lain yang didanai tim hebat.

 

4. 1 April 2003, Leslie Cheung bunuh diri karena depresi berat

Leslie Cheung Kwok-Wing adalah penyanyi, aktor dan musisi papan atas dari Hong Kong. Cheung meninggal pada 1 April 2003. Dia meloncat dari lantai 24 Hotel Mandarin Oriental, yang terletak di distrik Central, Pulau Hong Kong. Awalnya kematiannya banyak diragukan publik Hong Kong. Dia meninggalkan catatan yang menyatakan bahwa dia menderita depresi. Dia berusia 46 tahun. Sebagai salah satu artis terpopuler di Asia, kematian Cheung mengagetkan industri hiburan Asian dan komunitas Cina seluruh dunia.

 

[spoiler]

1 April 2003, Leslie Cheung bunuh diri karena depresi berat (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Banyak rumor tentang penyebab kematiannya tersebar dengan cepat dan segera keluarga Cheung menghimbau mereka agar membiarkan Cheung beristirahat dengan tenang dan tidak membuat sensasi pada orientasi seksual Cheung atau alasan bunuh dirinya. Dini hari setelah kematian Cheung, partnernya, Tong, mengkonfirmasikan bahwa Cheung menderita (clinical) depression dan telah berobat ke psychiatrists selama setahun. Dia juga mengungkapkan bahwa Cheung sudah mencoba bunuh diri pada 2002. Sebulan penuh kematian Cheung mendominasi berita utama koran-koran Hong Kong dan lagu-lagunya secara konstan mengudara.

 

5. 1 April 2004, Peluncuran Gmail oleh Google

Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka. Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004.

 

[spoiler]

1 April 2004, Peluncuran Gmail oleh Google (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.(**)

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, April 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com