5 Moment Fenomenal Dari Pergelaran Musik

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Ada saat saat tertentu dalam sejarah musik ketika kita sangat berharap untuk berada di sana. Peristiwa peristiwa yang kontroversial, tragis maupun indah, membentuk sebuah konser bersejarah yang takan pernah terlupakan. Seperti pada konser bersejarah dari pergelaran musik yang telah kami rangkum berikut ini.

1.  Jhon Cage (Komposer)

August 29, 1952 – Maverick Concert Hall, Woodstock, New York

Diam adalah emas. namun tidak sesederhana itu. Jhon Cage seorang pelopor musik eksperimental terkemuka dan bagian yang paling terkenal sekaligus kontroversial berjudul 4’33. Uniknya sang komposer mendeskripsikan judul tersebut dengan mudah dan sangat simpel. 4’33 yang berarti empat menit tiga puluh tiga detik ini yang berarti gerakan komposisi instrument “diam” atau “keheningan”. Cage menginstruksikan pemain untuk tidak memainkan musik selama durasi tersebut. Tapi ia menunjukan kepada penonton untuk mendengarkan suara insidental atau suara yang timbul terkait dengan lingkungan sekitarnya. Cukup terkenal dan kontroversial sebagai musisi yang menentang definisi musik. Komposisi instrument ini diciptakan sekitar tahun 1947-1948. Bagi Cage “4’33″ menjadi lambang gagasan bahwa setiap suara mungkin merupakan musik.

Karya ini merupakan refleksi yang terinspirasi dari Zen Buddhisme, yang Cage teliti sejak akhir 1940an. Dalam sebuah wawancara pada tahun 1982, Cage menyatakan bahwa 4’33 menurutnya karya yang paling penting.

 

[spoiler]

Jhon Cage (sumber : blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

2. Bob Dylan & Joan Baez

August 28, 1963 – March on Washington “Jobs and Freedom”, Lincoln Memorial, Washington DC

Bob Dylan mempertemukan masa hingga lebih dari 300.000 orang, untuk ikut bergabung pada demonstrasi politik hak-hak sipil. Pawai dimulai di Monumen Washington dan berakhir di Lincoln Memorial. Ada banyak rangkaian speaker dan saat itulah Bob Dylan mulai membawakan beberapa lagu, termasuk “Only a Pawn in Their Game“, dan berduet dengan Joan Baez dengan lagu “When the Ship Comes In“. Demonstrasi ini tidak hanya diramaikan dengan beberapa pertunjukan musik, namun ada yang lebih di tunggu tunggu, yaitu pidato oleh Martin Luther King. Acara demonstrasi ini adalah salah satu yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat untuk memperjuangkan hak asasi manusia. Setahun kemudian, Pada akhirnya peran hak sipil diberlakukan.

 

[spoiler]

Joan Baez & Bob Dylan (sumber : blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

3.  Jimi Hendrix

June 16, 1967 – Monterey Pop Festival, California

Siapa yang tidak kenal dengan sang dewa gitar ini. Musisi legendaris Jimi Hendrix dinobatkan sebagai pemain gitar terhebat sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone. Dalam konsernya di Monterey Pop Festival pada tahun 1967, merupakan konser yang sukses besar dan disajikan dari beberapa campuran aliran musik. Bukan sembarang konser, tetapi festival ini juga merupakan sebuah kampanye. Konser musik untuk memperingati hari perdamaian dan musik dunia, ditengah peperangan yang terjadi dan menjatuhkan banyak korban.

Jimi tidak sendiri, ada juga musisi seperti The Who, Ravi Shankar, Grateful Dead, dan Otis Redding. Saat konser Hendrix membawakan lagu lagu andalannya, “Hey Joe“, “Like a Rolling Stone” dan “Purple Haze“. Dan di lagu terakhir ia membawakan “Wild Thing“, Hendrix melakukan atraksi nya yang luar biasa, aksi membakar gitarnya yang fenomenal. Kesempatan ini ditangkap oleh kamera film, dan foto, menjadi sebuah documentasi paling ikonik. Hendrix berlutut di atas Stratocaster, sambil menuangkan cairan dan membakarnya.

 

[spoiler]

Jimi Hendrix (sumber : blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

4.  Sex Pistols

June 4, 1976 – Lesser Free Trade Hall, Manchester, England

Pertunjukan ini disebut sebagai katalis untuk dunia musik punk lokal yang menyebar ke seluruh Inggris dan dunia. Hanya ada sekitar 40 orang yang menonton pertunjukan ini, tapi beberapa dari mereka yang menonton disana malam itu terinspirasi untuk membentuk band mereka sendiri. The Buzzcocks hadir disana, termasuk Morrissey (The Smith), Mark E. Smith (The Fall), dan personil Joy Division. Sex Pistols yang dibentuk oleh Malcolm McLaren pada tahun 1975, menjadi pemimpin revolusi musik Punk di Inggris. Mengejutkan masyarakat dengan pakaian mereka, memaki, dan musik yang mentah, namun band ini  dianggap salah satu band yang paling berpengaruh dalam sejarah musik populer.  Video dibawah ini diambil dari film “24 hour party people“, yang menggambarkan begitu pentingnya pertunjukan ini dan dari berbagai orang musisi terkenal yang berada disana.

 

[spoiler]

Sex Pistols (sumber : blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

5.   The Doors

March 1, 1969 – Dinner Key Auditorium, Miami

Grup legendaris penuh kontroversi dan karisma Jim Morrison menjadi daya tarik tersendiri. Karya karya fenomenal nya, seperti “Light My Fire“, “Roadhouse Blues“, “Love Me Two Times” dsb. Jim yang memiliki kemampuan indah dalam menulis lirik, dan suara vocal nya yang berat, aksi panggung nya pun sering menimbulkan kontroversi. Salah satunya ketika The Doors tampil di Dinner Key Auditorium, Miami, pada tahun 1969.

 

[spoiler]

The Doors (sumber : blogspot.com)

[/spoiler]

 

Jim, kala itu sudah diluar kontrol akibat minuman keras, dan obat-obatan. Diduga oleh beberapa saksi mata bahwa Jim menunjukan bagian tubuh vulgarnya pada para penonton saat konser tersebut. Namun sayang tidak ada fotografi untuk mendukung moment penting ini. Surat perintah penangkapan dikeluarkan beberapa hari kemudian, dan ia didakwa dengan paparan tidak senonoh di depan umum. Lalu Morrison terbukti bersalah dan kembali ke pengadilan pada bulan Oktober 1970 untuk dihukum selama 60 hari tahanan karena tindakannya itu.  Akibatnya, banyak konser The Doors di Eropa dijadwalkan batal karena insiden ini.

 

Pembelaannnya sempat mengajukan banding. Sebelum masalah ini selesai, Morrison meninggal di Paris pada Juli 1971. Apakah kejadian tersebut benar benar terjadi atau tidak, sudah  jelas bahwa Jim merasa frustasi pada status simbol seksnya. Konser Miami ini adalah titik terendah dalam karir singkatnya, namun menjadi moment bersejarah yang takan terlupakan. (**)

 

[spoiler]

[/spoiler]

 

Sumber : toptenz.net & berbagai sumber, old.uniknya.com, April 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com