5 Atlet Wanita Hebat yang Mampu Mengimbangi Pria

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Wow, dunia yang dulu didominasi pria sekarang mulai diwarnai oleh para wanita, terutama dunia olahraga yang dikenal maskulin. Para atlet wanita yang melakoni olahraga maskulin, seperti balap motor, mobil, dan bahkan mampu mengimbangi kemampuan dan kehebatan para pria, dan ketika dihadapkan dalam satu ajang pertandingan yang sengaja diadakan untuk menentukan siapa yang terbaik, mereka bahkan mengalahkan kaum adam. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 wanita hebat yang mampu mengimbangi kemampuan para pria:

 

1. Stefy Bau, Motocross

 

[spoiler]

Stefy Bau, Motocross (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Crosser berkebangsaan Italia, Stefy Bau, kali pertama mengendarai sepeda pada usia dua tahun—dan dua tahun kemudian,  ia memiliki motor trail berbahan bakar bensin pertamanya. Dari fenomena tersebut rupanya tergambar bahwa suatu saat ia akan menjadi motoris wanita hebat, dan itu terbukti ketika ia menjuarai sebuah kompetisi tingkat junior.

Bau kemudian berpindah kelas menjadi motocrosser pofesional dan pindah ke Amerika Serikat untuk berkompetisi pada tahun 1998. Ia kemudian banyak menjuarai kompetisi motocross khusus wanita selama beberapa tahun, dan akhirnya menjadi wanita pertama yang berhasil menjuarai Kejuaraan Dunia Motocross (World Motocross Championship) pada tahun 2005.

 

2. Manon Rhéaume, IHL Goalie

 

[spoiler]

Manon Rhéaume, IHL Goalie (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Manon adalah seorang atlet hoki es asal Kanada, sebagai penjaga gawang (goaltender) wanita pertama—satu-satunya, yang tampil di sebuah turnamen hoki  tingkat nasional, The National Hockey League (NHL).

Karirnya cemerlang dan menanjak selama hampir dua dekade, dan saat itu pula ia beberapa kali tampil di kancah turnamen tingkat internasional (IHL), bersama Tim Nasional Kanada, dan memenangkan medali emas bagi Tim Hoki Wanita Kanada pada Olimpiade tahun 1998 di Nagano, Jepang.

 

3. Danica Patrick, NASCAR

 

[spoiler]

Danica Patrick, NASCAR (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Semenjak memulai karirnya sebagai pembalap Indycar pada tahun 2005, wajah Danica pun tidak dapat dilupakan sebagai seorang pembalap wanita terbaik. Ia telah banyak meraih penghargaan dan prestasi dalam olahraga balam mobil—salah satunya sebagai pembalap wanita pertama yang memenangkan balap Indycar, yang kemudian ia beralih ke arena NASCAR.

Pada tahun 2010, Danica mengikuti turnamen balap, Nationwide Series, lalu ia berhasil menempati posisi keempat pada kompetisi Las Vegas Motor Speedway beberapa tahun kemudian.

 

4. Carissa Moore, Surfing

 

[spoiler]

Carissa Moore, Surfing (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Peselancar Carissa Moore telah mengikuti berbagai kompetisi selancar sejak berusia 12 tahun dan itulah yang menjadikan dirinya sebagai salah satu peselancar terbaik dunia. Pada tahun 2007, Moore memenangkan  Quicksilver King of the Groms setelah mengalahkan semua peselancar pria dan mendapatkan poin 10 di ajang WQS pria yang diadakan di Meksiko.

Pada tahun 2011, Moore menjadi satu-satunya wanita yang berhasil menyelesaikan rangkaian kompetisi melawan para peselancar pria terbaik dalam ajang Vans Tripple Crown of Surfing.

 

5. Billie Jean King, Tennis

 

[spoiler]

Billie Jean King, Tennis (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tennis legend Billie Jean King is best known for defeating Bobby Riggs in their epic Battle of the Sexes match in 1973. Riggs had made a habit of blasting women’s tennis as inferior and challenged King to a match on several occasions before she accepted.

Petenis legendaris, Billie Jean king, adalah satu-satunya petenis wanita yang berhasil mengalahkan petenis hebat pria, Bobby Riggs dalam sebuah pertandingan tenis  kelas campuran pada tahun 1973. Riggs yang saat itu merupakan petenis handal pria, menantang Billie yang seorang perempuan untuk melakukan sebuah pertandingan. Billie pun menerima tantangan tersebut dan berhasil mengalahkan Riggs, dan berhak menerima sebuah hadiah sejumlah uang sebesar 100.000 dollar AS. (**)

 

Sumber: bleacherreport.net, old.uniknya.com Maret 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com