Polemik di Balik Komposisi “Allegro Molto”

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Satu karya Mozart, yang diyakini ditulis tangan ketika dia berusia sekitar 10 tahun, ditemukan di Austria. Karya yang diperkirakan ditulis pada tahun 1767 atau1768 itu ditemukan di dalam sebuah buku catatan di atas loteng.

Peneliti baru-baru ini berkeyakinan ada bukti kuat bahwa Allegro Molto adalah komposisi karya Mozart. Komposisi itu ditulis dalam sebuah buku catatan atas nama Del Signore Giovane Wolfgango Mozart.

sumber : drs.library.yale.edu

Ahli musik Hildegard Herrmann-Schneider mengatakan hanya Leopold Mozart yang menggunakan nama tersebut ketika menuliskan nama anak lelakinya.

Sejarawan yayasan Salzburg’ Mozarteum meyakini bahwa tulisan itu dimiliki oleh komposer yang sedang berkembang.

Buku catatan berhalaman 160 yang tertanggal tahun 1780 itu juga berisi banyak karya musik yang ditulis oleh ayah Mozart.

Seorang musisi Florian Birsak mencoba memainkan karya Mozart selama empat menit tersebut di rumah masa kecil Mozart dengan piano aslinya.

Dia mengatakan: ”Ini bukan karya orang biasa, sudah ada sentuhan Mozart yang membuatnya menjadi luar biasa di kemudian hari.”

Tahun 2009, peneliti mengungkap dua karya musik yang diyakini ditulis Mozart ketika dia berusia tujuh atau delapan tahun.(**)

Sumber: pikiran-rakyat.com, old.uniknya.com, 24 Maret 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com