5 Cara untuk Meningkatkan Energi Tubuh (Bagian II – Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Energi sangat penting. Mencegah penyakit, berpikir jernih, menyelesaikan tugas yang berat, mendapatkan kebahagian, dan seterusnya memerlukan energi. Energi yang kurang merupakan hal yang tidak diinginkan setiap orang. Siapa pun tidak ingin disebut lemah, kecuali jika Anda sedang putus asa. Rasa malas pun berawal dari energi yang kurang. Maka dari itu, old.uniknya.com memberikan tips untuk meningkatkan energi bukan hanya bagi mereka yang sering dilanda rasa malas, namun juga bagi mereka yang gila kerja. Jangan lupa untuk membaca artikel bagian pertama.

1.      Kurangi Gula dan Perbanyak Gandum

 

Jika Anda memakan makanan yang manis, Anda akan mendapatkan pertambahan energi yang singkat, namun ketika gula darah menurun, maka Anda bisa merasa lelah. Anda tidak ingin memiliki kadar gula darah tinggi dan rendah, bukan; kuncinya adalah dengan mempertahankan keseimbangan gula darah sehingga Anda mendapatkan jumlah energi yang konstan. Masukkan gandum ke dalam menu makanan Anda karena gandum membuat pelepasan bahan bakar menjadi lambat dan konstan. Hal ini berarti energinya seimbang dan Anda tidak akan merasa sangat lelah.

[spoiler]

Sumber : honeyizza.wordpress.com

[/spoiler]

2.      Hadapi Mood Marah Anda dan Kurangi Tingkat Stres

 

Amarah yang tidak dilepaskan menguras banyak energi, maka dari itu sangat baik apabila Anda lepaskan amarah apa pun dari pikiran Anda. Bisa dengan cara berolahraga, ngobrol dengan teman lewat telepon, atau mendengarkan musik kesukaan Anda; tak masalah apa pun caranya selama hal itu membantu mengurangi tekanan yang Anda rasakan dan hasilnya bisa meredakan amarah.
Gelisah bisa menguras energi dan membuat Anda lelah secara fisik dan mental, dan istirahat di sepanjang hari pun tidak akan membantu. Nyatanya, mengurangi aktifitas malah akan menambah stres dan membuat Anda marah karena tidak melakukan apa pun. Ini adalah lingkaran jahat; maka dari itu, gunakan cara-cara di atas atau yang lain untuk mengurangi kegelisahan.

[spoiler]

Sumber : riuusa.blogspot.com

[/spoiler]

3.      Tiroid yang Sehat dan Jumlah Darah Merah yang Lengkap

 

Gangguan tiroid biasa terjadi pada wanita dan cenderung terjadi setelah melahirkan. Ada resiko yang lebih besar juga dari gangguan tiroid ketika wanita pada masa premenopausal. Ketika merasa sangat lelah dan lambat, pergola ke dokter dan minta uji darah. Hal ini akan memastikan apakah Anda mengalami gangguan tiroid atau tidak dan dokter akan memberikan resep obatnya. Namun, Anda harus sabar karena butuh waktu untuk mengembalikan tingkat energi. Minta dokter untuk melakukan tes darah agar Anda tahu apakah Anda menderita anemia atau tidak karena hal ini mengurangi jumlah sel darah di dalam tubuh. Hal ini berarti bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan kadar oksigen yang diperlukan untuk mempertahankan energi. Jadi artinya bahwa Anda akan merasa lebih lelah, bahkan bila Anda mendapatkan tidur yang cukup. Jika seorang wanita mengalami menstruasi berat selama tahun-tahun produktifnya, anermia bisa terjadi.

[spoiler]

Ilustrasi Sel Darah Merah (sumber : sain-kifamona.blogspot.com)

[/spoiler]

4.      Ngemil

 

Cemilan yang baik untuk mempertahankan energi adalah yang terdiri dari campuran protein, kadar lemak yang rendah dan serat. Yoghurt, kacang-kacangan, kerupuk gandum dengan mentega kacang adalah beberapa contoh yang dapat menjaga energi tetap mengalir.

[spoiler]

Ilustrasi (sumber : blogspot)

[/spoiler]

5.      Kopi

 

Pilih latte rendah lemak yang akan menjadi minuman berprotein dan memberikan energi lebih. Selain itu, tulang Anda dapat menikmati manfaat kalsiumnya. Makanlah kira-kira satu ons kacang almond dengan minuman bebas lemak dan sehat ini. Dan, kacang almond akan memberikan Anda energi tambahan.

[spoiler]

sumber : infoindonesia.web.id

[/spoiler]

 

Selamat beraktifitas dan berbahagialah dengan hidup yang lebih sehat. (**)

 

Sumber: berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com