5 Film yang Diadaptasi dari Buku Memoar (Bagian II-Habis)

Oleh : Triasterina Lastanti (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA] Kesuksesan seseorang, dengan proses melewati segala ujian dan tantangannya, bisa menginspirasi banyak orang. Biasanya hal ini menjadi bahan sebuah memoar. Memoar tidak melulu seperti otobiografi yang biasanya banyak didominasi sosok orang yang sudah terkenal, kebanyakan memoar dikemas seperti sebuah cerita yang diceritakan oleh orang pertama tunggal. Untuk inspirasi yang menggugah tersebut beberapa tokoh perfilman menghantarkan inspirasi tersebut pada media layar lebar. Dengan penceritaan yang berbeda, yaitu orang ketiga tunggal, beberapa memoar ini pun meraih kesuksesan dalam dunia perfilman. Untuk menyegarkan ingatan anda, Uniknya.com merangkum film-film adaptasi tersebut sebagai berikut :

 

1 October Sky (1999)

October Sky adalah judul memoar yang awalnya berjudul Rocket Boys karya Homer Hickam, Jr. Memoar ini menceritakan tentang impian tinggi seorang anak muda di lingkungan pertambangan. Homer Hickam, Jr. tidak ahli dalam bidang olahraga seperti kakaknya, yang mengantar kakaknya mendapatkan beasiswa perguruan tinggi. Ini cukup membuat ibunya cemas bahawa Homer akan terjebak bekerja di pertambangan batu-bara. Impian Homer cukup besar tapi menggelikan bagi sebagian orang, membangun roket. Ia mempunyai impian tersebut setelah melihat roket Sputnik milik Rusia. Dengan bantuan 5 temannya, akhirnya Homer bisa membuat roket rakitannya yang diberi nama Great Auk, hal ini yang membuat mereka mendapatkan medali emas dari The National Science Fair atas percobaan ini.

 

[spoiler]

October Sky (Sumber: relicstop.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kisah ini lalu diangkat menjadi film layar lebar oleh sutradara Joe Johnston pada tahun 1999. Tokoh Homer Hickam, Jr. diperankan oleh Jake Gyllenhaal. Film ini memenangkan 3 nominasi dari 11 nominasi di berbagai festival film. Tak hanya film, memoar ini pun sempat dijadikan drama teater di panggung Broadway yang meraih kesuksesannya di tahun 2011.

 

2 127 Hours (2010)

Film 127 hours ini diangkat dari memoar milik Aron Ralston yang berjudul Between a Rock and a Hard Place yang diterbitkan pada tahun 2004. Buku ini didominasi oleh cerita bagaimana Aron terperangkat di Blue John Canyon di Utah. Pada memoat ini diceritakan juga tentang masa kecil Aron sampai bagaimana ia meninggalkan karir di dunia engineering dan lebih memilih menjelajahi alam. Ada hal yang mengerikan dalam memoar ini pada saat Aron harus mengamputasi tanganny sendiri dengan alat yang terbatas saat tangan kanannya terjebak dalam bebatuan. Dalam buku ini juga diselipkan beberapa foto yang diambil oleh Aron pada saat ia menjelajahi tebing-tebing maut tersebut.

 

[spoiler]

127 Hours (Sumber: relicstop.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kemudian pada tahun 2010, Danny Boyle menyutradarai 127 hours, versi film dari memoar Aron Ralston. Film ini dibintangi oleh aktor tampan, James Franco. Film ini mendapat 6 nominasi di ajang piala Oscar. Film ini memenangkan 11 nominasi dari 79 nominasi dalam berbagai ajang penghargaan.

 

3 The Pianist (2002)

Pada 23 September 1939, pianis Polandia, Wladyslaw Szpilman memainkan Chopin nocturne di stasiun radio secara langsung, peristiwa tersebut bertepatan dengan meledaknya misil yang diluncurkan oleh pasukan Jerman saat menyerang Warsaw, tempat tinggal Wladyslaw. Jerman menduduki Warsaw dan mulailah pembinasaan Jerman atas penduduk kota tersebut. Wladyslaw dalam memoarnya menceritakan peristiwa mengerikan ini dan juga cerita bagaimana ia bisa menghindari kekejian tersebut dan tetap bisa bertahan hidup. Salah satu keahliannya memainkan piano membuatnya bisa bertahan hidup, walaupun para pasukan Jerman telah menghilangkan nyawa dari keluarga dan orang-orang tercintanya.

 

[spoiler]

The Pianist (Sumber: relicstop.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Di tahun 2002, sutradara Roman Polanski membuat versi film dari memoar ini. Dibintangi oleh seorang aktor watak yang handal, Adrien Brody. Dalam ajang Oscar, film ini memenangkan 3 nominasi yaitu Sutradara Terbaik, Film Adaptasi Terbaik dan Aktor Terbaik. Tak hanya itu, di berbagai penghargaan lainnya, film ini memenangkan 43 nominasi.

 

4 My Week with Marylyn (2011)

Memoar The Prince, the Showgirl and Me adalah memoar yang ditulis oleh Colin Clark saat ia menghabiskan 6 bulan menjadi assisten sutradara dalam film The Prince and The Showgirl. Dalam memoarnya, Colin menceritakan suka dan dukanya saat ia harus mengawasi para pemain film, termasuk Marilyn Monroe yang kadang perangainnya membuat Colin resah. Sikapnya yang kadang berubah saat menghadapi wartawan, keterlambatan dan ketidakmunculannya pada hal-hal yang sangat serius, seperti pada sesi baca dialog dan juga kerapuhannya sebagai seorang bintang besar pun diterangkan oleh Colin dalam memoarnya.

 

[spoiler]

My Week with Marylyn (Sumber: relicstop.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Memoar ini kemudian dijadikan versi layar lebar oleh sutradara Simon Curtis. Aktris Marulyn Monroe diperankan oleh artis cantik Michelle Williams, sedangkan Colin Clark dimainkan oleh Eddie Redmayne. Film ini masuk 2 nominasi Oscar dan memenangkan 14 nominasi dari 32 nominasi di ajang penghargaan film lainnya.

 

5 A Mighty Heart (2007)

Memoar ini dituliskan oleh seorang istri yang ditinggal mati oleh suaminya saat suaminya meliput berita di kawasan perang di Pakistan. Adalah Mariane Pearl yang menuliskan memoar tentang suaminya Danny Pearl berjudul A Mighty Heart : The Brave and Death of My Husband Danny Pearl. Mariane menceritakan kehidupan suaminya sampai dengan akhir kematiannya yang ia kumpulkan dari bukti-bukti dan kesaksian orang-orang terdekat. Danny Pearl adalah jurnalis yang berkerja di The Wall Street Journal sebagai kepala biro di kawasan Asia Selatan. Domisilinya di India, tetapi liputan terakhirnya yang mengantarkan ia pada kematiannya adalah Pakistan, yang menyebabkan ia ditangkap dan dibunuh oleh pasukan Al-Qeda.

 

[spoiler]

A Mighty Heart (Sumber: relicstop.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Michael Winterbottom membuat memoar mengharukan ini menjadi sebuah film layar lebar dengan judul A Might Heart. Tokoh tangguh Marianne Pearl diperankan oleh Angelina Jolie. Film ini memenangkan 2 nominasi dari 15 nominasi di ajang penghargaan film.

 

Sumber : berbagai sumber, 2012, old.uniknya.com, Maret 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com