5 Film yang Diadaptasi dari Buku Memoar (Bagian I)

Oleh : Triasterina Lastanti (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA] Kesuksesan seseorang, dengan proses melewati segala ujian dan tantangannya, bisa menginspirasi banyak orang. Biasanya hal ini menjadi bahan sebuah memoar. Memoar tidak melulu seperti otobiografi yang biasanya banyak didominasi sosok orang yang sudah terkenal, kebanyakan memoar dikemas seperti sebuah cerita yang diceritakan oleh orang pertama tunggal. Untuk inspirasi yang menggugah tersebut beberapa tokoh perfilman menghantarkan inspirasi tersebut pada media layar lebar. Dengan penceritaan yang berbeda, yaitu orang ketiga tunggal, beberapa memoar ini pun meraih kesuksesan dalam dunia perfilman. Untuk menyegarkan ingatan anda, Uniknya.com merangkum film-film adaptasi tersebut sebagai berikut :

 

1 Persepolis (2007)

Memoar bergambar ini menceritakan tentang kehidupan Marjane Satrapi, seorang ilustrator dan penulis cerita anak yang berdarah Iran-Prancis. Pada memoirnya, Marjane menceritakan tentang kehidupannya melewati revolusi Islam di Iran. Bagaimana ia menjalani masa mudanya yang “modern” di lingkungan yang tidak selalu dapat menerima pemikiranmodern tersebut. Memoar bergambar ini berbahasa Prancis dengan gambar yang bernuansa hitam putih tanpa tambahan warna lainnya. Pernah masuk ke dalam 10 buku non fiksi terbaik dalam 1 dekade versi majalah Newsweek. Memoar bergambar ini dipublikasikan pada tahun 2000 dan Marjane menjadikan memoar ini menjadi dua buku.

 

[spoiler]

Persepolis (Sumber:aflavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kemudian pada tahun 2007, Marjane Satrapi dan Vincent Paronnaud mengangkat dan sekaligus menyutradari film ini. Marjane dan Vincent tidak merubah format memoarnya, mereka masih membuat Persepolis menjadi sebuah film animasi, tidak lepas dari format buku. Film ini meraih 19 piala pada 26 nominasi pada berbagai festival film.

 

2 This Boy’s Life (1993)

Film This Boy’s Life menceritakan tentang kehidupan Tobias Wolff di masa dewasanya. Cerita ini menceritakan bagaimana Tobias Wolff menjalani kehidupannya beserta ibunya yang memiliki catatan buruk dengan suatu hubungan. Ibunya, Rosemary, diabaikan oleh ayah Tobias dan kemudian jatuh kembali kepada 3 orang pria yang perangainya hampir sama. Tobias menceritakan bagaimana ia melihat dan menghadapi perlakuan pria-pria ini terhadap ia dan ibunya. Tobias hidup dengan suasana yang tidak jauh dari kekerasan dan umpatan.

 

[spoiler]

This Boy's Life (Sumber:aflavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Memoan ini kemudian difilmkan pada thaun 1993 dengan aktor utama Leonardo DiCaprio. Film ini disutradarai oleh Michael Caton-Jones, dan merupakan film ketiga dari Leonardo DiCaprio. Dalam film ini, akting Leonardo DiCaprio diuji, karena ini pertama kalinya ia memerankan tokoh utama dalam sebuah garapan film layar lebar. Tobias Wolff dalam film ini berperan sebagai penulis naskah dibantu oleh Robert Getchell.

 

3 An Education (2009)

An Education adalah memoar berbentuk artikel dari seorang jurnalis ternama, Lynn Barber. Memoar ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Jenny Mellor yang bercita-cita untuk melanjutkan jenjang pendidikannya di Oxford. Dalam masa ia meniti mimpinya, ia bertemu dengan David Goldman  dan menjalin hubungan. Saat hubungan itu masuk pada hal yang intim, Jenny menolak untuk memberikan keperawanannya kepada David. Sampai pada waktunya Jenny tidak bisa menolak kemudian Jenny menerima lamarannya dan meninggalkan jenjang pendidikannya dan juga mimpi tentang Oxford.

 

[spoiler]

An Education (Sumber:aflavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Cerita ini tidak sampai situ, kekecewaan Jenny muncul ketika ia mengetahui bahwa David sudah berkeluarga, Jenny meninggalkan semua ini dan kemudian mengejar mimpinya kembali untuk melanjutkan pendidikan di kampus impiannya, atas bimbingan gurunya ia pun dapat melanjutkan dan meraih mimpinya tersebut. Kisah ini difilmkan oleh Nick Horby yang berperan sebagai sutradara. Tokoh Jenny diperankan oleh Carey Mulligan. Kesuksesan film ini dibuktikan dengan 3 nominasi Oscar dan 56 nominasi di festival lainnya dan memenangkan 25 nominasi diantara festival-festival tersebut.

 

4 The Diving Bell and The Butterfly (2007)

The Diving Bell and the Butterfly: A Memoir of Life in Death merupakan buku memoar dari seorang jurnalis bernama Jean-Dominique Bauby. Pada 8 Desember 1995, Bauby yang pada waktu itu menjadi pemimpin redaksi Elle, terkena stroke dan mengalami koma. Selama 20 hari ia tidak sadarkan diri. Setelah itu ia hanya bisa menggerakan matanya dan sedikit menggerakan kepalanya, fungsi tubuh yang lainnya dinyatakan lumpuh. Dalam kondisi dimana ia tidak dapat berbicara dan juga menulis, ia meminta bantuan temannya untuk menuliskan memoar ini berbekalkan kedipan mata. Memoar ini dipublikasikan 2 hari sebelum Bauby meninggal dunia pada 8 maret 1997.

 

[spoiler]

The Diving Bell and The Butterfly (Sumber:aflavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pada tahun 2007, Julian Schnabel menyutradari film dari memoar Bauby. Dibintangi oleh aktor Mathieu Amalric sebagai Jean-Dominique Bauby. FIlm ini meraup kesuksesan dengan memenangkan piala di Canes fan Golden Globe dan juga 4 nominasi dalam ajang perfilman bergengsi, Oscar.

 

5 The Motorcyle Diaries (2004)

The Motorcyle Diaries adalah memoar perjalanan dari seorang revolusionari berumur 23 tahun, Ernesto “Che” Guevara. Ia meninggalkan Buenos Aires bersama temannya Alberto Granado untuk menjelajahi Amerika Selatan menggunakan motornya. Dalam memoarnya, Che Guevara menceritakan bagaimana ia menyaksikan ketidakmerataan status sosial dan penghidupan dari para buruh tambang. Perjalanan 8000 kilometer ini membuatnya bertekad untuk memerangi kemiskinan dan ketidakmerataan sosial di Amerika Latin.

[spoiler]

The Motorcyle Diaries (Sumber:aflavorwire.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Walter Salles tertarik dengan memoar ini dan lalu menyutradarai film dengan judul yang sama pada tahun 2004. Aktor yang membintangi Che Guevara adalah aktor asal Mexico, Gael Garcia Bernal. Film ini memenangkan Oscar untuk The Best Original Motion Music dan masuk ke dlam nominasi Oscar dan festival film lainnya.

 

Sumber : berbagai sumber, 2012, old.uniknya.com, Maret 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com